Terbit: 24 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Sebagian besar wanita memang cenderung pasif dalam berhubungan seks. Mereka hanya merespons rangsangan kalau diberikan oleh pasangan saja. Selain itu, seiring dengan bertambahnya usia atau saat sudah memiliki anak yang besar, wanita menganggap kalau aktivitas itu tidak diperlukan lagi.

Mengapa Wanita Menopause Tidak Tertarik untuk Bercinta Lagi?

Lebih lanjut, wanita yang mulai memasuki masa menopause justru tidak tertarik sama sekali untuk berhubungan badan. Menurut mereka, berhubungan badan hanya untuk yang masih subur dan gairah seksualnya besar.

Menopause dan gairah seksual wanita
Saat memasuki masa menopause, wanita tidak akan menstruasi. Kerja hormon di dalam tubuhnya juga berubah sehingga mereka kerap tidak merasakan hasrat untuk bercinta dengan pasangan. Menurunnya gairah ini membuat wanita mulai menghindari berhubungan seks dengan suami atau kalau pun masih bisa kuantitasnya akan menurun.

Alasan wanita menopause tidak tertarik bercinta
Alasan wanita untuk tidak berhubungan badan saat menopause tidak hanya perkara gairah saja. Wanita sebenarnya masih bisa menikmati seks dengan baik kalau dirangsang dengan baik dan pasangan bisa melakukannya dengan benar. Sayangnya wanita selalu ketakutan pada dua hal saat akan berhubungan seks dengan suaminya.

Berdasarkan penelitian dari International Urogynecology Association. Didapatkan dua ketakutan yang membuat wanita tidak nyaman dan memutuskan tidak melakukan seks lagi. Ketakutan pertama adalah rasa sakit. Wanita yang menopause memang tidak menghasilkan banyak cairan pelumas pada rongga vagina. Meski demikian, keadaan ini bisa diminimalkan dengan menggunakan cairan pelumas yang banyak beredar di pasaran.

Kedua wanita takut tidak bisa menahan kencing dan akhirnya buang air kecil saat penis masih melakukan penetrasi. Rasa ingin buang air kecil ini kadang membuat mereka khawatir dan tidak ingin mengecewakan pasangan kalau sampai urine keluar dengan banyak.

Sebenarnya wanita masih bisa menikmati aktivitas seksualnya meski sudah menopause. Jadi, jangan terlalu takut untuk bercinta asal caranya benar.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi