Terbit: 29 July 2022 | Diperbarui: 4 August 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Selama kehamilan, terjadi berbagai perubahan pada ibu hamil. Hal ini tak jarang memengaruhi gairah seksual wanita. Apakah gairah seksual yang meningkat saat hamil wajar terjadi? Simak dalam ulasan berikut!

Gairah Seksual Wanita Meningkat Saat Hamil, Normalkah?

Penyebab Gairah Seksual Meningkat saat Hamil

Selama kehamilan berlangsung, sebagian wanita bisa mengalami gairah seks yang meningkat dan orgasme yang lebih intens.

Kondisi ini bisa berbanding terbalik pada sebagian wanita lainnya. Artinya, tidak semua wanita mengalami peningkatan gairah seksual saat hamil.

Gejala morning sickness, seperti mual, stres, dan rasa lelah justru mengakibatkan penurunan libido wanita di trimester pertama kehamilan.

Lantas, apakah gairah seksual yang meningkat saat hamil merupakan kondisi yang wajar terjadi?

Faktanya, peningkatan libido pada wanita hamil dapat terjadi akibat perubahan hormon selama kehamilan. Melansir Medical News Today, tingkat estrogen dan progesteron saat hamil bisa meningkat.

Kondisi ini menyebabkan terjadinya peningkatan aliran darah pada area sensitif wanita. Akhirnya, Bumil dapat mengalami hasrat seksual yang lebih meningkat dari biasanya.

Secara umum, berikut ini adalah beberapa hal yang melatarbelakangi peningkatan libido pada ibu hamil:

  • Memasuki trimester dua, rasa khawatir pada Bumil berkurang karena trimester satu sudah lewat. Pada fase ini, wanita hamil akan mulai nyaman dengan kehamilannya.
  • Meningkatnya hormon libido. Ini dipicu adanya human Chorionic Gonadotropin (hCG), hormon yang diproduksi oleh plasenta. Dengan adanya hormon ini, bayi sudah kuat karena telah terbentuk plasenta dimana bayi mengambil makanan dari plasenta.
  • Hormon estrogen dan progesteron meningkat sehingga menyebabkan peningkatan aliran darah pada area sensitif wanita, misalnya payudara dan alat kelamin.
  • Adanya perasaan aman lantaran ibu telah beberapa kali bertemu dokter. Rasa aman juga bisa dirasakan jika dokter berulang kali mengatakan bahwa kandungan ibu aman sehingga tidak masalah untuk melakukan hubungan seksual.

Baca JugaBerhubungan Seks Saat Hamil? Ini Aturan yang Perlu Diperhatikan!

Libido Menurun saat Hamil, Apakah Wajar?

Perubahan hormonal tidak akan menyebabkan kondisi serupa pada setiap wanita. Artinya, tidak semua wanita mengalami peningkatan gairah seks. Ada juga sebagian wanita hamil mengalami penurunan libido.

Hormon yang melonjak pada awal kehamilan menyebabkan sejumlah gejala pada Bumil. Kondisi ini memicu ketidaknyamanan, bahkan mengakibatkan stres pada ibu hamil. Akibatnya gairah seks pada trimester pertama akan menurun.

Namun, pada umumnya wanita mengalami gairah seksual yang meningkat saat hamil di trimester kedua. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ketika memasuki trimester dua, Bumil sudah mulai merasa nyaman dengan kehamilannya. Gejala mual dan muntah yang kerap kali menyambangi pun sudah mulai berkurang.

Amankah Masturbasi atau Berhubungan Seks saat Hamil?

Meningkatnya gairah seks wanita saat hamil tentu memicu berbagai pertanyaan, misalnya saja mengenai tingkat keamanan orgasme, baik lewat berhubungan seks ataupun masturbasi.

Terkait hal ini, pada umumnya seks sangat aman dilakukan ketika hamil. Namun, jika masih menyimpan kekhawatiran, Anda sebaiknya berkonsultasi kepada dokter kandungan terkait posisi seks yang aman saat hamil.

Dokter atau tenaga medis mungkin akan melarang Anda melakukan aktivitas seksual jika menemui sejumlah kondisi berikut:

  • Ada risiko keguguran.
  • Perdarahan pada vagina.
  • Air ketuban bocor.
  • Plasenta previa.
  • Ada tanda-tanda persalinan prematur.

Baca Juga8 Posisi Hubungan Intim saat Hamil Muda (Aman dan Nyaman)

Nah, kini Anda sudah mengetahui hal-hal yang menjadi penyebab gairah seksual meningkat saat hamil. Ingatlah bahwa kondisi ini wajar terjadi, jadi Anda tidak perlu khawatir jika mengalaminya.

Jika Anda dan pasangan masih waswas soal berhubungan intim saat hamil, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Brown, Lola Augustine. 2017. Why Pregnancy Sends Your Sex-Drive Into Overdrive. https://www.todaysparent.com/pregnancy/pregnancy-sex-drive/. (Diakses pada 29 Juli 2022).
  2. Eske, Jamie. 2019. How Does Sex Drive Change During Pregnancy? https://www.medicalnewstoday.com/articles/324556. (Diakses pada 29 Juli 2022).

DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi