Terbit: 1 December 2022
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Tompel adalah salah satu bentuk tahi lalat yang merupakan tanda lahir. Kondisi ini ditandai dengan adanya penumpukan sel pigmen atau melanosit pada kulit di bagian tubuh tertentu. Jika muncul di area mudah terlihat, tanda lahir ini bisa mengganggu rasa percaya diri. Lantas, bagaimana cara menghilangkannya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Beragam Cara Menghilangkan Tompel (Alami dan Medis)

Cara Menghilangkan Tompel secara Alami dan Medis

Tompel di bagian tubuh yang tertutup mungkin tidak akan mengganggu kepercayaan diri seseorang, tapi berbeda cerita jika memiliki tompel di wajah. Sebagai solusinya, ada berbagai cara alami dan medis yang bisa Anda coba, di antaranya:

1. Minyak Zaitun

Selain mampu untuk menjaga kelembapan kulit dan mengatasi jerawat, Anda juga bisa mencoba minyak zaitun sebagai salah satu alternatif untuk menghilangkan tompel di wajah.

Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun pada tompel sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari, lalu bilas dengan air bersih setelah didiamkan selama kurang lebih 10 menit.

Jika tidak merasa risih, Anda juga bisa membiarkan minyak zaitun menyerap dengan sendirinya ke dalam kulit.

2. Lemon

Bahan alami yang umum untuk menghilangkan tompel adalah air lemon. Perasan air lemon secara historis telah digunakan untuk memudarkan bintik-bintik dan mencerahkan rambut.

Oleskanlah beberapa tetes air lemon pada tompel, biarkan setidaknya selama 20 menit, bersihkan dengan air hangat lalu keringkan kulit dengan handuk bersih.

Anda bisa mengulangi langkah ini setidaknya tiga kali sehari sampai tompel memudar secara bertahap.

3. Cuka Apel

Cuka apel dikenal memiliki banyak khasiat bagi kulit dan juga rambut. Namun, cuka apel juga bisa menjadi salah satu pilihan cara menghilangkan tompel.

Cara menggunakannya dengan mengoleskannya secara langsung pada tompel memakai kapas atau cotton bud. Anda bisa melakukan cara yang satu ini setiap malam sebelum tidur.

Cara lainnya adalah dengan mencampurkan cuka apel dengan air hangat. Kemudian kompres tompel di wajah selama 30 menit menggunakan campuran tersebut. Lakukan cara ini setiap hari hingga warna tompel memudar.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Tahi Lalat Paling Aman (Medis dan Alami)

4. Jus Nanas

Buah nanas kaya akan vitamin C yang bagus untuk menurunkan pigmentasi kulit dan membantu regenerasi kulit.

Cara menggunakannya, buatlah jus nanas tanpa gula kemudian balurkan pada tompel sambil digosok perlahan seperti menggunakan scrub. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

5. Obat Kortikosteroid

Jika obat topikal dan oral tidak efektif, obat kortikosteroid dapat digunakan untuk menghilangkan tompel. Obat kortikosteroid bisa diminum atau disuntikkan langsung ke tompel seperti haemangioma.

Kortikosteroid akan membantu menghentikan pertumbuhan tompel atau membantu mengempiskannya.

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin akan meresepkan beta-blocker, obat yang biasanya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi (hipertensi).

Beta-blocker mengecilkan pembuluh darah dan mengurangi aliran darah ke bagian tubuh tertentu; membuat tanda lahir tertentu seperti hemangioma bayi menjadi tersamarkan.

Baca Juga: Apakah Tahi Lalat Merah Berbahaya? Cek Penjelasannya!

6. Terapi Laser

Laser adalah prosedur untuk menghilangkan tompel yang sangat populer, terutama untuk port-wine stain (jenis tanda lahir berpigmen).

Laser lampu kuning (flashlamp) akan memompa laser pewarna; umumnya digunakan untuk mengobati dan menghilangkan tanda lahir pada anak-anak.

7. Operasi

Cara menghilangkan tompel permanen bisa dilakukan dengan tindakan operasi dan ini sering kali merupakan pilihan terakhir ketika tidak ada pilihan lain yang berhasil. Operasi sebagian besar dilakukan untuk sampel besar atau yang ditemukan di organ dalam.

Perawatannya bisa bervariasi tergantung pada ukuran, jenis, lokasi tompel, dan faktor-faktor tertentu lainnya.

Jadi, jika ingin menghilangkan tompel dengan aman, penting untuk berkonsultasi dengan dokter yang berpengalaman untuk merekomendasikan perawatan yang sesuai.

Nah, itu dia berbagai cara menghilangkan tompel yang mungkin bisa Anda coba. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2021. How To Remove Your Birthmarks The Natural Way. https://www.sknclinics.co.uk/blog/how-to-remove-your-birthmarks-the-natural-way. (Diakses pada 30 November 2022)
  2. Anonim. 3 Most Effective Treatment to Remove Birthmarks!. https://www.lybrate.com/topic/3-most-effective-treatment-to-remove-birthmarks/c76ad49f0d8b275e759455c7f7d557ac. (Diakses pada 30 November 2022)
  3. Gallagher, Grace. 2021. How to Remove a Birthmark. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/birthmark-removal#procedures. (Diakses pada 30 November 2022)
  4. Rima. 2017. 7 Home Remedies to Remove Birthmarks. https://makeupandbeauty.com/home-remedies-remove-birthmarks/. (Diakses pada 30 November 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi