Terbit: 9 September 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Kimchi menjadi makanan khas Korea yang banyak disukai. Tak cuma rasanya yang khas, makanan ini juga menyimpan segudang kebaikan untuk kesehatan. Ketahui sederet manfaat kimchi melalui ulasan berikut.

Tak Disangka, Ini 11 Manfaat Kimchi untuk Kesehatan

Manfaat Makan Kimchi untuk Kesehatan

Budaya K-pop semakin mendunia. Kini, semakin banyak anak muda di Indonesia yang menggemari berbagai budaya dari Korea Selatan, termasuk makanannya.

Salah satu makanan khas dari Negeri Ginseng yang memiliki rasa yang unik adalah kimchi. Tak disangka, makanan dengan rasa khas asam ini ternyata tinggi manfaat kesehatan, lho.

Berikut ini adalah sejumlah manfaat rutin makan kimchi yang bisa Anda dapatkan:

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Bahan utama dari kimchi adalah sayuran. Seperti yang diketahui, sayuran adalah makanan yang baik bagi kesehatan pencernaan. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat di dalamnya yang tinggi.

Selain itu, di dalam kimchi juga ada kandungan lain yang baik bagi kesehatan perut, yakni probiotik. Kandungan ini dikenal sebagai bakteri baik yang akan membuat fungsi pencernaan dan kesehatan organ-organ dalam semakin meningkat.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Semakin sehat kondisi pencernaan, maka semakin kuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan probiotik di dalam kimchi.

Penting Anda ketahui, bakteri baik yang dihasilkan dari proses fermentasi kimchi bisa membuat sistem imun tubuh berfungsi dengan jauh lebih baik.

Selain itu, kimchi memiliki kandungan antioksidan seperti fenol atau flavonoid, yang bisa memberikan perlindungan bagi tubuh dari paparan radikal bebas dan kerusakan oksidatif.

Manfaat kimchi untuk imunitas juga diperoleh dari kandungan vitamin C di dalamnya.

Baca JugaSejumlah Potensi Manfaat Jamur Salju untuk Kesehatan

3. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang rutin makan kimchi cenderung memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang jarang atau tidak pernah mengonsumsinya.

Penyebabnya diduga karena adanya kandungan allicin dan selenium di dalam makanan ini. Sebagai informasi, kandungan ini bisa ditemukan di dalam bawang putih, salah satu bahan lainnya yang bisa ditemukan di dalam kimchi.

Selenium bisa melindungi dinding pembuluh darah arteri dari menumpuknya plak penyebab masalah aterosklerosis. Hal ini juga menurunkan risiko terkena kolesterol tinggi.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengingat kimchi bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, rutin mengonsumsinya tentu bisa memberikan manfaat bagi kesehatan jantung.

Manfaat kimchi bagi kesehatan jantung berasal dari kandungan antioksidan tinggi di dalamnya. Kandungan ini bisa menjaga kondisi jantung dan pembuluh darah, sekaligus menurunkan risiko terkena masalah kardiovaskular.

Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa kimchi memiliki kandungan yang bersifat antiinflamasi. Penting diketahui, inflamasi atau peradangan dapat menjadi pemicu penyakit jantung.

5. Menunjang Kesehatan Otak

Tak hanya baik bagi jantung, manfaat makan kimchi juga dapat dirasakan oleh otak Anda. Hal ini berkat kandungan antioksidan di dalamnya.

Antioksidan tinggi di dalam otak bisa membantu menyehatkan sekaligus membuat fungsinya semakin meningkat. Anda pun akan lebih baik dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Bahkan, penelitian tahun 2018 menemukan bahwa konsumsi kimchi bisa membantu mengurangi gejala penyakit Alzheimer. Khasiat ini hadir berkat kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang kaya akan senyawa bioaktif di dalamnya.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Rutin makan kimchi bisa membantu menurunkan berat badan. Manfaat kimchi ini hadir berkat tingginya kandungan serat dan bakteri sehat berjenis lactobacillus di dalamnya,

Dua kandungan tersebut  yang bisa membuat fungsi pencernaan meningkat, mengendalikan nafsu makan, dan menjaga kadar gula darah.

Dengan demikian, Anda tidak akan mudah lapar atau tertarik mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

7. Menurunkan Risiko Kanker

Kimchi memiliki kandungan antioksidan, vitamin A, dan vitamin C yang sangat tinggi. Berbagai kandungan ini mampu melawan paparan buruk radikal bebas, salah satu pencetus kanker.

Bahkan, bagi seseorang yang sudah terkena kanker, rutin mengonsumsinya disebut-sebut bisa membantu proses perawatan penyakit ini.

Selain itu, kandungan tinggi beta karoten dan sejumlah antioksidan penting di dalamnya dapat membantu menurunkan sejumlah risiko penyakit, seperti stroke, diabetes, dan penyakit jantung.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A di dalam kimchi sangatlah tinggi. Ini berarti, rutin mengonsumsinya bisa membantu menjaga kondisi penglihatan agar tetap prima.

Sebagai catatan, vitamin A dapat membantu mendukung fungsi membran konjungtiva dan kornea.

9. Mencegah Infeksi Jamur

Probiotik yang terkandung di dalam kimchi dapat membantu mencegah infeksi jamur.

Menurut penelitian pada tabung reaksi, strain di dalam kimchi dapat membantu melawan Candida. Penelitian tersebut menemukan bahwa strain dari kimchi menunjukkan aktivitas antimikroba terhadap jamur ini.

Kendati begitu, masih diperlukan penelitian lain guna mendukung khasiat kimchi yang satu ini.

Baca Juga12 Jenis Bakteri Baik (Probiotik) untuk Pencegahan dan Pengobatan Penyakit

10. Mengurangi Peradangan

Manfaat makan kimchi selanjutnya adalah membantu melawan peradangan pada tubuh. Khasiat ini hadir berkat kandungan probiotik dan senyawa aktif di dalamnya.

Berbagai penelitian terhadap tikus telah menunjukkan aktivitas antiinflamasi ini. Sayangnya, penelitian terhadap manusia masih kurang sehingga masih dibutuhkan penelitian lain.

11. Memperlambat Penuaan

Peradangan kronis tidak hanya berkaitan dengan berbagai penyakit, melainkan juga dapat mempercepat proses penuaan.

Manfaat kimchi dapat membantu memperlambat proses penuaan akibat inflamasi. Pasalnya, makanan ini memiliki kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, pencetus inflamasi.

Namun demikian, khasiat kimchi sebagai anti-aging ini masih membutuhkan penelitian lain yang mendukung.

Itu dia beberapa manfaat kimchi untuk kesehatan. Anda bisa mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup untuk memperoleh sejumlah manfaat tersebut.

Jangan lupa, kombinasikan dengan konsumsi makanan bergizi sehat lainnya untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Semoga bermanfaat!

 

  1. Anonim. 2020. Vitamin A Beneficial for Eyes, Just Not for Preventing Myopia. aoa.org/news/clinical-eye-care/health-and-wellness/vitamin-a-good-for-the-eyes? (Diakses 8 September 2022).
  2. Miller, Korin. 2019. 7 Health Benefits of Kimchi, According To Nutritionists. womenshealthmag.com/food/a29892608/health-benefits-of-kimchi/ (Diakses pada 20 Desember 2019).
  3. Nazario, Brunilda. 2020. Health Benefits of Kimchi. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-kimchi. (Diakses 8 September 2022).
  4. Snyder, Cecilia. 2021. 9 Surprising Benefits of Kimchi. https://www.healthline.com/nutrition/8-fermented-foods. (Diakses 8 September 2022).
  5. Woo, Minji, dkk. 2018. Bioactive Compounds in Kimchi Improve the Cognitive and Memory Functions Impaired by Amyloid Beta. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6213637/. (Diakses 8 September 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi