Terbit: 27 July 2022
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Kacang edamame adalah salah satu kudapan wajib masyarakat Jepang. Tidak hanya sebatas makanan kecil, ternyata manfaat edamame untuk kesehatan sangat besar, lho. Apa saja khasiatnya bagi kesehatan? Simak informasi lengkapnya dalam ulasan berikut ini!

Sering Dijadikan Camilan, Ini 10 Manfaat Edamame bagi Tubuh

Manfaat Edamame untuk Kesehatan

Edamame adalah salah satu jenis kacang kedelai. Meskipun lebih dikenal sebagai kacang kedelai Jepang, kacang ini berasal dari Tiongkok.

Selain mudah ditemukan, kacang edamame atau kedelai Jepang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, mengonsumsinya secara rutin dapat membantu tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang baik.

Berikut ini manfaat edamame yang sebaiknya Anda ketahui:

1. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Kacang edamame memiliki kandungan zat senyawa isoflavon. Zat ini menyerupai hormon seks estrogen. Sebagai catatan, hormon ini diketahui baik untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, khususnya kanker payudara.

Terkait dengan manfaat edamame yang satu ini, sudah banyak penelitian yang menemukain kaitan antara konsumsi jenis kedelai dengan penurunan risiko terjadinya kanker payudara. Kendati demikian, penelitian lebih mendalam mengenai khasiat ini masih perlu dilakukan.

Di sisi lain, manfaat kacang edamame juga bisa dirasakan secara khusus bagi pria. Sejumlah studi mengungkapkan jika produk kedelai berhubungan dengan menurunnya risiko kejadian kanker prostat.

Namun, sama dengan khasiat edamame untuk menurunkan risiko kanker payudara, manfaat ini juga masih perlu penelitian lain yang mendukung.

Baca Juga14 Manfaat Kacang Kenari bagi Kesehatan

2. Membantu Menjaga Kepadatan Tulang

Edamame mengandung sejumlah nutrisi yang penting bagi tulang, seperti zat besi, asam folat, dan magnesium. Berkat kandungan tersebut, manfaat edamame untuk kesehatan tulang sudah tidak diragukan lagi.

Selain itu, edamame juga dapat mencegah osteoporosis. Menurut beberapa penelitian, konsumsi protein dari kedelai secara teratur atau konsumsi suplemen kedelai dapat membantu menurunkan risiko osteoporosis, baik pada wanita menopause dan pasca-menopause.

Khasiat tersebut hadir berkat kandungan isoflavon di dalam edamame. Kendati demikian, sampai saat ini masih belum diketahui sejauh mana kacang ini bisa menunjang kesehatan tulang.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah salah satu jenis penyakit yang wajib diwaspadai karena serangannya yang bisa terjadi tiba-tiba.

Guna mencegah agar jantung Anda tetap sehat dan berfungsi dengan baik, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi kacang edamame.

Manfaat edamame untuk mengurangi risiko penyakit jantung hadir berkat kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6.

Di samping itu, adanya kandungan antioksidan dengan konsentrasi tinggi juga mampu mengurai lemak menumpuk penyebab terjadinya serangan jantung. Hal ini sudah diakui pula oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA).

4. Membantu Menurunkan Gula Darah

Hipertensi atau darah tinggi juga bisa dicegah jika Anda secara rutin mengonsumsi kedelai edamame. Sama seperti poin sebelumnya, manfaatnya untuk kesehatan juga dihasilkan dari kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya.

Jadi, Anda yang memiliki hipertensi, alangkah baiknya jika memasukkan kacang kedelai edamame ke dalam daftar menu sehat sehari-hari, ya!

Baca JugaManfaat Kacang Tanah untuk Ibu Hamil, Enak dan Kaya Nutrisi!

5. Sumber Protein Nabati

Jika dibandingkan dengan jenis kacang kedelai lainnya, kacang edamame memiliki kandungan protein yang paling tinggi, yakni 36% lebih banyak dari jenis kedelai lain. Makanan yang mengandung protein tentu saja memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, bukan?

Selain itu, manfaat kacang edamame ini hadir berkat kandungan lemak yang rendah sehingga aman dari risiko meningkatnya kadar kolesterol.

6. Menurunkan Kolesterol

Manfaat edamame untuk tubuh salah satunya dapat membantu mengurangi jumlah kolesterol. Sebagai catatan, sejumlah studi telah menemukan bahwa tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Edamame mengandung tinggi protein, antioksidan, dan serat. Ketiganya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Studi yang dirilis oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health mengungkapkan, bahwasanya konsumsi 47-gram protein kacang kedelai edamame mampu menurunkan kadar kolesterol sebesar 9,3 persen dan LDL atau kolesterol jahat sebanyak 12,9 persen.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ketika berbicara mengenai cara meningkatkan daya tahan tubuh, maka tubuh memerlukan asupan vitamin B dan vitamin C yang cukup. Nah, Anda bisa menemukan kedua vitamin tersebut di dalam kandungan kacang edamame.

8. Menjaga Kulit Tetap Awet Muda

Ternyata, manfaat kacang edamame untuk kulit juga ada, lho! Anda yang ingin kulitnya tetap lembap, kenyal, dan tidak keriput, tentunya wajib mengonsumsi edamame secara rutin.

Mengapa bisa demikian? Hal ini karena kacang edamame diperkaya dengan vitamin A dan E yang memang sangat baik untuk merawat kesehatan kulit dan mencegah kulit terkena breakout. Jika mengalami breakout, kulit akan mengalami rasa gatal dan kulit mengelupas.

Selain untuk kulit, vitamin E pada edamame juga berfungsi untuk menyuburkan rambut serta menghambat pemutihan rambut.

9. Menangkal Radikal Bebas

‘Kecil-kecil cabe rawit’. Ungkapan tersebut agaknya pas untuk menggambarkan besarnya manfaat edamame bagi kesehatan tubuh. Bagaimana tidak? serangan radikal bebas sekalipun bahkan bisa dicegah dengan kacang kedelai Jepang ini.

Dilansir Organic Facts, kandungan vitamin C pada edamame disebut-sebut berperan aktif dalam melindungi tubuh, utamanya kulit, dari dampak buruk radikal bebas.

Baca Juga13 Manfaat Kacang Pecan, Baik untuk Otak hingga Tulang

10. Menurunkan Berat Badan

Kacang edamame memiliki kandungan protein tinggi dan lemak jenuh yang rendah. Selain itu, tingkat kalorinya juga rendah serta kandungan karbohidratnya cukup kompleks. Hal ini menghasilkan manfaat edamame untuk diet.

Menurut penelitian yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition, orang yang diet tinggi protein dan rendah lemak dapat merasakan sedikit rasa lapar di antara waktu makan. Diet ini pun berhasil membantu menurunkan berat badan secara signifikan.

Anda yang kini tengah berjuang menurunkan berat badan bisa mencoba untuk mengonsumsi edamame secara rutin mulai saat ini.

Itu dia sejumlah manfaat edamame untuk kesehatan. Anda bisa mengolahnya dengan cara direbus untuk mendapatkan berbagai manfaatnya.

Namun, belum ada hitungan pasti soal berapa banyak konsumsi kacang edamame yang dianjurkan untuk memperoleh khasiat tersebut. Jadi, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter gizi.

Jangan lupa untuk tetap mengimbangi konsumsi edamame dengan asupan gizi lainnya. Barengi pula dengan olahraga teratur. Semoga bermanfaat!

 

  1. Kerns, Michelle. The Health Benefits of Edamame. https://www.livestrong.com/article/13726919-edamame-nutrition/. (Diakses pada 26 Juli 2022).
  2. Kubala, Jillian. 2022. 8 Surprising Health Benefits of Edamame. https://www.healthline.com/nutrition/edamame-benefits#. (Diakses pada 26 Juli 2022).
  3. Nagdeve, Meenakshi. 2020. 8 Surprising Benefits Of Edamame. https://www.organicfacts.net/health-benefits/edamame.html. (Diakses pada 26 Juli 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi