Terbit: 5 September 2022 | Diperbarui: 6 September 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Kacang fava atau yang lebih dikenal sebagai broad beans adalah salah satu jenis tumbuhan polong. Selain rasanya yang banyak disukai, kacang ini juga menyimpan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Simak berbagai khasiatnya bagi kesehatan dalam ulasan berikut!

Sejumlah Manfaat Kacang Fava untuk Kesehatan

Kandungan Kacang Fava

Perlu diketahui, dalam 170 gram kacang fava yang telah dimasak, terkandung beberapa nutrisi berikut:

  • Kalori: 187 kalori.
  • Karbohidrat: 33 gram.
  • Protein: 13 gram.
  • Serat: 9 gram.
  • Folat: 40% dari nilai harian (DV).
  • Magnesium: 18% dari nilai harian.
  • Lemak: kurang dari 1 gram.
  • Mangan: 36% dari nilai harian.
  • Tembaga: 22% dari nilai harian.
  • Fosfor: 21% dari nilai harian.
  • Kalium: 13% dari nilai harian.
  • Tiamin (vitamin B1) dan Zinc: 11% dari nilai harian.
  • Zat besi: 14% dari nilai harian.

Berbagai Manfaat Kacang Fava bagi Kesehatan

Kacang fava mengandung  beragam nutrisi penting yang dapat mendukung kesehatan. Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Membantu Menangani Gejala Penyakit Parkinson

Penyakit parkinson adalah penyakit yang menyebabkan kematian pada sel-sel otak. Sel-sel ini penting untuk memproduksi dopamin.

Kacang fava mengandung levodopa (L-dopa), senyawa yang akan diubah oleh tubuh menjadi neurotransmitter dopamin. Oleh sebab itu, konsumsi kacang fava dianggap dapat membantu mengatasi gejala penyakit Parkinson.

Sejumlah penelitian telah menemukan khasiat kacang fava yang satu ini. Misalnya, sebuah studi kecil yang dilakukan pada 11 orang yang menderita Parkinson.

Studi tersebut menemukan bahwa konsumsi 250 gram atau setara dengan 1,5 cangkir kacang fava setelah 12 jam tanpa obat; dapat berdampak positif pada kadar dopamin.

Kacang ini bertindak sebagai obat L-dopa. Dengan demikian, konsumsi kacang ini diketahui baik untuk kadar dopamin darah dan fungsi motorik penderita.

Namun, penelitian lain mengenai manfaat kacang fava yang satu ini masih perlu dilakukan.

Baca Juga8 Manfaat Kacang Bogor bagi Kesehatan dan Kandungan Nutrsinya

2. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Kacang fava memiliki sejumlah kandungan yang bertindak sebagai antioksidan. Seperti yang Anda tahu, antioksidan penting untuk sistem imun tubuh karena dapat membantu melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel dan sejumlah penyakit.

Oleh karena itu, konsumsi kacang fava secara rutin dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Menurut sebuah penelitian, kacang fava mengandung senyawa yang dapat meningkatkan glutathione, antioksidan kuat yang berperan untuk memperlambat penuaan sel. Meski begitu, klaim ini membutuhkan penelitian lebih lanjut. 

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Salah satu manfaat kacang fava untuk kesehatan adalah kemampuannya untuk menjaga kesehatan tulang.

Kacang ini tinggi akan mangan dan tembaga, dua kandungan yang dapat membantu mencegah pengeroposan tulang. Klaim ini berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tikus. 

Menurut penelitian tersebut, mangan dan tembaga dapat membantu mencegah pengeroposan tulang sekaligus meningkatkan kepadatan tulang.

Kendati demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat khasiatnya pada manusia.

4. Menurunkan Risiko Cacat Lahir

Manfaat kacang fava dapat dirasakan oleh ibu hamil. Konsumsi kacang ini diketahui dapat menurunkan risiko kejadian cacat lahir.

Kandungan yang memberikan manfaat ini adalah asam folat. Salah satu jenis vitamin B ini baik untuk perkembangan sel-sel janin di dalam kandungan. Oleh karena itu, ibu hamil membutuhkan fola; baik dari makanan maupun suplemen.

Kacang fava bisa menjadi pilihan makanan untuk memenuhi kebutuhan asam folat harian Bumil.

Kekurangan asam folat berhubungan dengan peningkatan risiko cacat tabung saraf dan masalah pada perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi.

5. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang melakukan diet sehat untuk menurunkan berat badan, pertimbangkan untuk menambah kacang fava ke dalam menu harian Anda.

Pasalnya, dalam 170 gram kacang ini, terkandung sebanyak 187 kalori. Perlu Anda ketahui, diet tinggi serat dan protein dapat membuat kenyang lebih lama, sehingga keinginan untuk lebih banyak makan dapat dihindari.

Dengan begitu, konsumsi kacang fava dapat membantu menurunkan berat badan karena mencegah asupan kalori berlebih ke dalam tubuh.

6. Menangani Gejala Anemia

Manfaat kacang fava berikutnya dapat membantu mengurangi gejala anemia. Khasiat ini berasal dari kandungan zat besi yang banyak terdapat di dalam kacang.

Perlu Anda ketahui, zat besi penting untuk memproduksi hemoglobin. Hemoglobin sendiri merupakan protein yang membantu sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Penderita anemia tidak memiliki hemoglobin yang cukup sehingga tidak dapat membawa oksigen yang cukup ke seluruh jaringan tubuh. Gejalanya dapat berupa sesak napas, pusing atau sakit kepala ringan, detak jantung tidak teratur, kulit pucat, dan nyeri dada.

Konsumsi makanan tinggi zat besi seperti kacang fava dapat membantu tubuh memproduksi hemoglobin yang cukup. Dengan begitu, gejala anemia bisa berkurang.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan serat yang terdapat pada kacang ini dapat memperlancar pergerakan usus sehingga dapat melunakkan tinja. Selain itu, serat baik dalam kacang juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh.

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga10 Manfaat Kacang Brazil bagi Kesehatan Tubuh

8. Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol berhubungan dengan berbagai risiko masalah kesehatan yang serius, seperti serangan jantung dan stroke.

Kacang fava mengandung magnesium dan potasium yang diketahui baik untuk membantu Anda terhindar dari masalah tekanan darah tinggi.

Dua kandungan tersebut baik untuk pembuluh darah lebih relaks, sehingga menurunkan tekanan darah tinggi.

9. Menjaga Kesehatan Otot Tubuh

Protein adalah salah satu nutrisi penting untuk membantu Anda kenyang lebih lama. Tak hanya itu, senyawa tersebut juga dapat membantu pertumbuhan dan kesehatan otot tubuh.

Satu cangkir kacang fava yang sudah dimasak dapat memenuhi sepertiga kebutuhan protein harian Anda.

Itu dia beberapa manfaat kacang fava untuk kesehatan yang penting untuk Anda tahui. Agar mendapatkan manfaatnya dengan maksimal, konsumsilah kacang fava secukupnya. Jangan lupa kombinasikan dengan makanan bergizi sehat dan seimbang lainnya. Semoga bermanfaat!

 

  1. Anonim. What is High Cholesterol?. https://www.nhs.uk/conditions/high-cholesterol/. (Diakses pada 5 September 2022).
  2. Anonim. 2022. Anemia. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/anemia/symptoms-causes/syc-20351360. (Diakses pada 5 September 2022).
  3. Brennan, Dan. 2021. Health Benefits of Fava Beans. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-of-fava-beans. (Diakses pada 5 September 2022).
  4. Rabey JM, dkk. Broad bean (Vicia Faba) Consumption and Parkinson’s Disease. Adv Neurol. 1993;60:681-4. PMID: 8420210. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/8420210/. (Diakses pada 5 September 2022).
  5. Streit, Lizzie. 2018. 10 Impressive Health Benefits of Fava Beans. https://www.healthline.com/nutrition/fava-beans. (Diakses pada 5 September 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi