Terbit: 18 August 2022 | Diperbarui: 22 August 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Sesuai namanya, kacang bogor adalah jenis kacang tanah yang biasa dijajakan di kota Bogor. Sepeti kacang lainnya, manfaat kacang bogor juga sangat bagus untuk kesehatan. Khasiat apa saja yang didapatkan tubuh? Selengkapnya simak dalam penjelasan berikut ini.

8 Manfaat Kacang Bogor bagi Kesehatan dan Kandungan Nutrsinya

Kandungan Kacang Bogor

Kacang bogor atau bambara groundnut (Vigna subterranea (L.) Verdc) adalah kacang tanah yang sangat bergizi dan mengenyangkan. Kacang asal Afrika ini mengandung nutrisi dan mineral penting yang sebanding dengan jumlah yang ditemukan dalam produk susu.

Berikut ini kandungan nutrisi dalam 100 gram kacang bogor, di antaranya:

  • Kadar air: 1,5 – 2,16 gram (g).
  • Energi: 412 kilokalori (kkal).
  • Lemak: 6 – 6,5 g.
  • Protein: 20 g.
  • Karbohidrat: 65 g.
  • Serat Makanan: 6 g.
  • Kalsium: 14 – 18 miligram (mg).
  • Besi: 0,15 mg.
  • Kalium: 58 – 81 mg.
  • Fosfor: 165 – 187 mg.
  • Magnesium: 50 – 69 mg.
  • Natrium: 19 – 26 mg.

Kacang ini juga mengandung nutrisi lainnya antara lain vitamin C, selenium, zinc, dan tembaga.

Baca Juga: 10 Manfaat Kacang Brazil bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kacang Bogor untuk Kesehatan

Kacang bogor sangat padat nutrisi dan sarat dengan banyak vitamin dan mineral. Ini menjadikannya sebagai makanan super yang sangat bagus untuk kesehatan.

Berikut ini adalah khasiat kacang bogor bagi tubuh, di antaranya:

1. Mengendalikan diabetes

Bambara groundnut mengandung profil asam amino esensial tinggi yang sebanding dengan kedelai, sehingga sering dijadikan sebagai makanan super yang membantu mengendalikan kadar glukosa darah.

Sebuah penelitian di tahun 2008 menunjukkan bahwa, respons glukosa darah berkurang secara signifikan bila dibandingkan dengan diet roti untuk diabetes dan non-diabetes. Hasil lebih lanjut menunjukkan bahwa respons glukosa darah lebih baik daripada kue kacang.

2. Menyehatkan tulang

Kacang bogor mengandung kalsium dan fosfor yang penting untuk kesehatan tulang, terutama pada lansia. Kalsium berperan penting melindungi tubuh dari osteoporosis, radang sendi, dan penyakit tulang lainnya.

Kacang ini juga mengandung lisin, asam amino yang biasa ditemukan dalam kacang-kacangan dan makanan berprotein. Asam amino membantu tubuh menyerap lebih banyak kalsium dan mengurangi hilangnya kalsium bersama urine; sehingga melindungi kesehatan tulang.

Baca Juga: 14 Manfaat Kacang Kenari bagi Kesehatan

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kacang bogor mengandung vitamin C dan zat besi, yakni antioksidan yang mengurangi timbulnya penyakit jantung, meningkatkan kekebalan, dan membantu mencegah kanker. Antioksidan adalah senyawa yang dikenal melindungi tubuh dari zat-zat berbahaya.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kacang ini kaya akan serat yang membuat buang air besar (BAB) menjadi teratur hingga mencegah sembelit. Jenis serat ini mendorong pergerakan makanan yang dikonsumsi melalui sistem pencernaan dan meningkatkan jumlah tinja, sehingga dapat bermanfaat bagi seseorang yang mengalami sembelit atau BAB tidak teratur.

5. Mencegah kekurangan gizi selama kehamilan

Kacang bogor mengandung protein berkualitas yang menyediakan lebih banyak metionin (asam amino esensial), daripada kacang-kacangan biji-bijian lainnya. Hal itulah yang membuatnya sering digunakan untuk membantu mencegah kekurangan gizi (malnutrisi) selama masa kehamilan.

Kandungan protein yang tinggi dapat mencegah anak dari kwashiorkor (kekurangan protein), rakitis (pelunakan dan melemahnya tulang), dan mencegah anemia pada kehamilan.

Anemia adalah suatu kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh. Mengalami anemia dapat membuat penderitanya merasa lelah, lemah, dan sakit kepala.

6. Mencegah anemia

Anemia adalah suatu kondisi di mana tubuh kekurangan hemoglobin untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh. Mengalami anemia dapat membuat penderitanya pucat, merasa lelah, lemah, dan sakit kepala/pusing.

Kacang bogor mengandung zat besi dan nutrisi penting lainnya yang dapat membantu meningkatkan jumlah darah dalam tubuh dan membantu mengurangi efek dari berbagai kondisi kesehatan seperti anemia.

7. Mengatasi gangguan menstruasi

Salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk membantu mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur, dismenore, dan polimenore adalah kacang bogor. Menstruasi biasanya terjadi setiap 28 hari, tetapi siklus menstruasi yang normal dapat berkisar dari 21 hari hingga 35 hari.

Baca Juga: Manfaat Kacang Tanah untuk Ibu Hamil, Enak dan Kaya Nutrisi!

8. Mencegah kanker

Kacang bogor memiliki konsentrasi serat larut, antioksidan, dan asam amino esensial yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan lainnya.

Serat larut adalah mikronutrien yang diyakini dapat mengurangi risiko kanker usus besar dan penyakit kardiovaskular.

Nah, itulah khasiat kacang bogor yang penting untuk Anda tahui. Dikarenakan tidak ada dosis terapi yang pasti, konsumsilah kacang ini sebagai makanan sehat, bukan sebagai obat. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. The Traditional Uses and Benefits of Bambara Bean. https://www.healthbenefitstimes.com/the-traditional-uses-and-benefits-of-bambara-bean/. (Diakses pada 18 Agustus 2022)
  2. Obidike, Jennifer. 2021. 6 Proven Reasons why your Diet needs Bambara Nut (Okpa). https://www.healthfulwonders.com/6-proven-reasons-why-your-diet-needs-bambara-nut-okpa/. (Diakses pada 18 Agustus 2022)
  3. Odiraa. 2020. Bambara Groundnut Health Benefits and Side Effects. https://9jafoods.com/bambara-groundnut-health-benefits-and-side-effects/. (Diakses pada 18 Agustus 2022)
  4. Tan, Xin L. 2020. Bambara Groundnut: An Underutilized Leguminous Crop for Global Food Security and Nutrition. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7758284/. (Diakses pada 18 Agustus 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi