Terbit: 12 February 2022 | Diperbarui: 9 February 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Buah dan sayur warna ungu tampak indah dipandang mata. Selain warnanya yang menarik, ternyata kandungan nutrisinya pun tidak main-main. Berikut adalah jenis sayuran dan buah-buahan warna ungu lengkap dengan manfaatnya bagi kesehatan!

20 Sayur dan Buah Warna Ungu serta Manfaatnya bagi Kesehatan

Nutrisi Sayur dan Buah Warna Ungu

Sayur dan buah warna ungu kaya akan antosianin, yaitu zat yang memberikan warna mencolok sekaligus menyumbangkan antioksidan serta fitonutrien. Bahan makanan berwarna ungu juga rendah lemak dan mengandung gula alami yang mudah diserap tubuh.

Manfaatnya sungguh beragam, mulai dari menu diet sehat, mencegah kanker, hingga melawan tanda penuaan dini pada kulit. Buah yang warna ungu juga melawan katarak, penyakit jantung, menjaga kesehatan sistem saraf, melawan radiasi, menetralkan stres, serta mencegah infeksi patogen.

Jenis Sayur Warna Ungu Beserta Manfaatnya

Suka makan buah dan sayur warna ungu? Berikut ini adalah daftar 11 jenis sayuran berwarna ungu beserta manfaatnya bagi tubuh!

1. Kol ungu

Kol ungu lazim dijadikan salad. Sayuran cantik ini mengandung antosianin, vitamin A, C, serta serat. Membantu melawan peradangan dan meningkatkan imunitas tubuh.

2. Terong ungu

Terong ungu adalah sayur warna ungu ternyata ampuh menurunkan kadar kolesterol, melawan infeksi, dan menjaga berat badan. Namun, jangan menggorengnya karena terong akan menyerap banyak minyak. Sebaiknya terong dilalap atau dijadikan rebusan.

3. Kentang ungu

Kentang ungu mengandung antioksidan empat kali lebih banyak daripada kentang biasa. Sebaiknya cuci bersih dan makan bersama kulitnya karena antosianin paling banyak berada di bagian kulit.

Kentang ungu bersifat antikanker, makanan yang aman bagi penderita diabetes, serta menu diet yang sehat.

4. Wortel ungu

Wortel ungu mengandung polifenol, antioksidan, cinnamic acid, serta chlorogenic acid. Sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah diabetes, serta melawan obesitas.

5. Jagung ungu

Jagung ungu sedang naik daun belakangan ini. Bermanfaat untuk kesehatan jantung, pencernaan, antikanker, dan aman bagi penderita diabetes.

6. Bunga kol ungu

Kaya akan asam folat, serat, vitamin A, vitamin C, kalsium, potasium, dan selenium. Setengah cangkir bunga kol ungu sudah memenuhi kebutuhan vitamin C harian tubuh untuk memperkuat imunitas.

7. Asparagus ungu

Asparagus dikenal sebagai makanan untuk memperlancar aliran darah, antikanker, dan baik untuk kesehatan jantung. Selain digunakan dalam salad dan tumisan, tumbuhan ini juga cantik sebagai penghias ruangan.

8. Bit

Bit yang cantik digunakan sebagai pengganti gula bagi penderita diabetes. Selain itu, buah bit juga baik untuk imunitas, pencernaan, diet sehat, dan menormalkan tekanan darah.

9. Kale ungu

Mengandung quercetin, kaempferol, p-coumaric acid, vitamin A, C dan B. Selain baik untuk meningkatkan imunitas, kale ungu juga melawan peradangan dan infeksi.

10. Ubi ungu

Ubi ungu banyak terdapat di Indonesia. Sayur warna ungu ini kaya akan serat dan karbohidrat, rendah gula, dan aman bagi penderita diabetes. Ubi ungu juga mengandung zat antikanker.

11. Angkak

Angkak sebenarnya bukan sayuran, tetapi di beberapa menu Tiongkok, angkak dijadikan campuran dalam sup sayur atau ayam. Beras merah angkak ampuh melawan DBD, antikanker, dan memperbaiki sel tubuh yang rusak.

9 Buah Warna Ungu Beserta Manfaatnya

Selain sayuran, buah-buahan warna ungu juga tidak kalah bergizi. Berikut adalah 9 di antaranya:

1. Blackberry

Mengandung polifenol, antioksidan, vitamin C, asam folat, magnesium, potasium, mangan, dan berbagai zat penting lain. Blackberry adalah superfood untuk menjaga kesehatan jantung, mata, dan antikanker.

2. Blueberry

Tidak jauh berbeda dengan blackberry, blueberry juga superfood dengan kandungan polifenol dan antioksidan tinggi. Selain aman bagi penderita diabetes, juga dapat mengatasi peradangan, meningkatkan antibodi, dan mempercepat perbaikan sel.

3. Buah naga

Buah lembut ini sangat baik untuk pencernaan karena seratnya yang tinggi. Juga kaya vitamin C, vitamin A, dan aneka mineral. Buah naga adalah antikanker dan pencegah inflamasi yang ampuh.

4. Anggur merah

Anggur merah kaya vitamin C dan A. Resveratrol adalah zat alaminya yang melawan penyakit jantung dan mencegah inflamasi di dalam tubuh.

5. Acai beri

Selain sangat ampuh melawan kanker, menguatkan imunitas dan menutrisi otak, acai beri juga dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

6. Plum

Buah imut ini sekilas mirip dengan blueberry. Plum kaya vitamin C dan serat. Menjaga kesehatan pencernaan, memperbaiki sel, dan mengobati sariawan.

7. Blackcurrant

Blackcurrant termasuk jenis berry yang tumbuh di Eropa dan Asia. Kaya vitamin C dan polifenol serta sangat baik untuk kesehatan jantung, pencernaan, dan antikanker.

8. Markisa ungu

Lazimnya markisa berwarna kuning, tetapi ada juga jenis markisa ungu. Buah ini kaya antioksidan dan fitonutrien seperti vitamin A dan C.

9. Manggis

Buah berdaging putih bersih ini kaya vitamin C, vitamin B, asam folat, serta antioksidan. Zat xanthone yang dikandung kulit manggis adalah antikanker yang kuat. Manggis juga melawan inflamasi dan memperlancar pencernaan.

Nah, dari 20 jenis sayur dan buah warna ungu di atas, yang mana favorit Anda? Jangan lupa untuk menyantap makanan dengan menu seimbang dan beragam agar nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga lengkap.

 

  1. Bronkleton, Emily. 2021. What are the health benefits of purple foods? https://www.medicalnewstoday.com/articles/purple-foods. (Diakses pada 02 Februari 2022).
  2. GarradCole, Holly. 2020. 36 Purple Fruits and Vegetables You Should Be Eating. https://www.finedininglovers.com/article/purple-fruits-and-vegetables. (Diakses pada 02 Februari 2022).
  3. Kubala, Jillian. 2019. 16 Delicious and Nutritious Purple Foods. https://www.healthline.com/nutrition/purple-foods. (Diakses pada 02 Februari 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi