Terbit: 7 December 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Pisang adalah salah satu buah yang mengandung banyak kalium atau sering juga disebut potasium. Mineral tersebut dipercaya memberikan banyak manfaat pada penderita penyakit jantung. Benarkah khasiatnya tersebut? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Rutin Makan Pisang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Makan Pisang untuk Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makanan dengan kandungan kalium tinggi seperti buah pisang bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung dengan signifikan.

Hal tersebut disebabkan oleh kemampuan kalium dalam menurunkan risiko terkena penyempitan aorta, penebalan dinding jantung, dan pelemahan otot jantung.

Risiko terkena gagal jantung, serangan jantung, dan stroke juga bisa diturunkan dengan signifikan.

Kalium adalah mineral makanan yang diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh. Nutrisi ini memainkan peran penting dalam menahan tekanan darah, dan bekerja berlawanan dengan natrium.

Pisang adalah sumber kalium yang bagus karena buah dengan ukuran sedang (126 gram) menyediakan 10% dari kebutuhan gizi harian. Diet kaya kalium bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Kaya Nutrisi, Ini 10 Manfaat Pisang Ambon bagi Kesehatan

Terlebih lagi, pisang mengandung 8% kebutuhan gizi harian untuk magnesium, mineral lain yang penting untuk kesehatan jantung.

Kekurangan magnesium dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan tingginya kadar lemak dalam darah. Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan cukup mineral dari makanan atau suplemen.

Kandungan lain yang bisa ditemukan di dalam pisang adalah serat, folat, antioksidan, vitamin B, dan vitamin C. Semua nutrisi ini dapat mendukung kesehatan jantung, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan mencegah peradangan dan berbagai penyakit kronis lainnya seperti kanker.

Baca Juga: 12 Jenis Penyakit Jantung dan Gejalanya yang Perlu Diwaspadai

Batasan Makan Pisang

Meskipun manfaat pisang bagus untuk kesehatan jantung, ada batasan makan pisang yang sebaiknya dipatuhi demi mencegah munculnya masalah kesehatan.

Hanya saja, beberapa pakar kesehatan sebenarnya belum bisa benar-benar memastikan seberapa batasan maksimalnya.

Meskipun begitu, dua buah pisang dianggap sudah cukup untuk dikonsumsi dalam sehari. Jika Anda mengonsumsinya lebih dari tujuh buah dalam sehari, dikhawatirkan akan membuat asupan kalium lebih banyak dari 3500 miligram.

Terlalu banyak asupan kalium kemungkinan menyebabkan efek samping, antara lain:

  • Jantung yang berdebar-debar.
  • Mudah mengantuk.
  • Gangguan keseimbangan hormon dan gula darah.
  • Hyperkalemia atau kadar kalium yang berlebihan di dalam tubuh.

 

  1. Anonim. 2022. Study reveals, eating bananas prevents heart diseases. https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/health-news/study-reveals-eating-bananas-prevents-heart-diseases/articleshow/93071881.cms. (Diakses pada 6 Desember 2022)
  2. Bjarnadottir, Adda dan SaVanna S. 2021. 11 Evidence-Based Health Benefits of Bananas. https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-benefits-of-bananas. (Diakses pada 6 Desember 2022)
  3. Hansen, Jeff. 2017. A need for bananas? Dietary potassium regulates calcification of arteries. uab.edu/news/research/item/8773-a-need-for-bananas-dietary-potassium-regulates-calcification-of-arteries. (Diakses pada 6 Desember 2022).
  4. Pietrangelo, Jim. 2017. Want to Lower Your Risk of Heart Disease? Eat More Bananas. https://www.healthline.com/health-news/lower-risk-of-heart-disease-eat-more-bananas. (Diakses pada 6 Desember 2022)
  5. Ware, Megan. 2020. Benefits and health risks of bananas. https://www.medicalnewstoday.com/articles/271157. (Diakses pada 6 Desember 2022)


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi