Terbit: 11 December 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Pada umumnya, minuman menyegarkan dengan rasa yang kuat mengandung gula yang tinggi. Tentu, minuman jenis ini adalah sesuatu yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Lantas, minuman enak apa saja yang boleh dikonsumsi? Simak daftar lengkapnya di bawah ini.

Minuman yang Aman untuk Penderita Diabetes, Lezat dan Menyegarkan

Minuman yang Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes

Menurut American Diabetes Association, penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi minuman nol kalori atau rendah kalori untuk mengontrol kadar gula darah.

Berikut ini adalah berbagai minuman lezat yang aman dikonsumsi penderita diabetes, di antaranya:

1. Es Teh Tanpa Gula

Jika sebelumnya Anda sering mengonsumsi teh dengan tambahan gula, cobalah untuk mengonsumsinya tanpa gula. Apabila Anda tidak terbiasa dengan rasa yang tawar, cobalah minum dengan suhu yang dingin. Pilihlah jenis teh herbal atau teh rasa buah.

2. Air Seltzer

Air seltzer adalah alternatif minuman bersoda bebas gula yang bisa Anda konsumsi. Selain itu, air ini bebas kalori dan karbohidrat.

Minuman ini memiliki rasa dan variasi yang berbeda-beda. Anda juga bisa menambahkan beberapa buah segar atau rempah-rempah agar minuman semakin lezat.

3. Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman lezat yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Minuman ini diketahui rendah karbohidrat dan kalori.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa teh hijau dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan menurunkan tekanan darah.

Teh hijau kaya antioksidan yang membantu menetralisir efek peradangan, sehingga melindungi tubuh dari penyakit jantung koroner dan menurunkan risiko diabetes tipe 2.

4. Teh Chamomile

Teh chamomile mengandung banyak antioksidan dan nol kalori, hal ini menjadikannya salah satu minuman lezat yang boleh dikonsumsi penderita diabetes. Minuman ini dipercaya membantu mengontrol glikemik pada penderita diabetes tipe-2.

Selain itu, mengonsumsinya secara teratur dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah, mencegah kerusakan saraf, peredaran darah, penyakit ginjal, dan kebutaan.

5. Air Kelapa

Air kelapa mengandung banyak vitamin, mineral, asam amino, dan nutrisi lainnya. Secangkir air kelapa memiliki kandungan:

  • 0,1 miligram (mg) riboflavin.
  • 5,8 mg vitamin C.
  • 57,6 mg kalsium.
  • 60 mg magnesium.
  • 600 mg potasium.
  • 252 mg sodium.
  • 0,3 mg mangan.

Air kelapa memiliki kemampuan yang kuat dalam menjaga kadar gula darah, sehingga membuatnya menjadi minuman  sehat untuk penderita diabetes.

Baca Juga: 11 Makanan untuk Penderita Diabetes yang Enak dan Menyehatkan

6. Jus Buah dan Sayuran

Jus sayuran dan buah bebas gula bagus bagi penderita diabetes. Jika Anda mengonsumsi jus sebagai bagian dari makanan, pastikan Anda memilih jus yang tepat.

Cobalah berbagai jenis jus sayuran seperti campuran sayuran berdaun hijau. Misalnya jus seledri, jus wortel, jus tomat, dan jus lobak. Jus buah yang bisa Anda masukkan bisa terbuat dari segenggam buah beri, apel, dan buah lainnya.

7. Jus Mentimun

Mentimun mengandung tinggi kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, asam amino, vitamin B1, vitamin C, dan vitamin B2. Manfaat minum jus mentimun dapat membantu mengurangi kadar gula darah.

Mentimun juga memiliki kemampuan untuk mengurangi panas, menghilangkan peradangan, mengurangi pembengkakan, dan mengobati radang sendi.

8. Susu Rendah Lemak

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa produk susu rendah lemak terkait dengan kematian akibat diabetes dan menurunkan tekanan darah.

Manfaat susu juga dapat membantu penurunan berat badan pada penderita diabetes tipe 2 dan membantu dalam mempertahankan fungsi penting tubuh.

Susu juga mengurangi tekanan darah tinggi pada penderita diabetes; yang juga merupakan alasan lain sebagai minuman yang sehat.

9. Susu Nabati

Susu nabati bisa menjadi alternatif susu sapi, termasuk susu almond, oat, beras, kedelai, atau santan rendah karbohidrat.

Jenis susu ini juga terkadang diperkaya dengan nutrisi penting seperti kalsium dan vitamin D, dua nutrisi yang berperan penting dalam menyehatkan tulang.

Susu kedelai dan beras mengandung karbohidrat, dan banyak susu kacang mengandung sedikit protein. Jadi, periksalah kemasannya dengan hati-hati untuk memilih produk yang tepat untuk Anda.

Baca Juga: 6 Jenis Susu untuk Diabetes dan Cara Memilihnya

10. Kopi Tanpa Gula

Menurut sebuah penelitian di tahun 2006, mengonsumsi kopi dalam jumlah sedang tanpa kafein atau berkafein dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 pada wanita muda dan setengah baya. Namun, mengonsumsi kopi berlebihan bisa menaikkan kadar gula darah.

Kopi mengandung senyawa yang disebut asam klorogenat, yang membantu menunda penyerapan glukosa ke dalam aliran darah. Minuman ini juga tidak memiliki karbohidrat dan kalori, sehingga membuatnya menjadi salah satu minuman untuk penderita diabetes.

Ingat, dianjurkan minum kopi tanpa tambahan gula agar tetap menyehatkan.

11. Limun Tanpa Gula

Limun yang dijual di pasaran biasanya dengan tambahan gula. Sebagai solusinya, Anda dapat dengan mudah membuat limun bebas gula sendiri di rumah.

Cara membuatnya cukup mudah, langkah pertama campurkan air soda dengan sedikit air lemon segar. Kemudian lengkapi dengan es dan pemanis bebas gula pilihan Anda, seperti stevia, xylitol, dan eritritol.

12. Air Putih

Air putih adalah pilihan minuman terbaik bagi penderita diabetes. Penderita diabetes harus minum banyak air karena dapat membantu tubuh menyingkirkan kelebihan glukosa melalui urine.

Meski kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi air putih 8 sampai 10 gelas per hari

Nah, itulah berbagai pilihan minuman yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Chertoff, Jane. 2019. Drink This! Diabetes-Friendly Drinks for Any Occasion. https://greatist.com/health/drinks-for-diabetics. (Diakses pada 9 Desember 2022)
  2. Ginta, Daniela. 2021. What Can You Drink If You Have Diabetes?. https://www.healthline.com/health/diabetes/drinks-for-diabetics. (Diakses pada 9 Desember 2022)
  3. Hugues, Stacey. 2022. The Best Drinks for Diabetes. https://www.verywellhealth.com/what-to-drink-when-you-have-diabetes-1087162. (Diakses pada 9 Desember 2022)


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi