Terbit: 26 December 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Susu adalah minuman dengan kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Di sisi lain, susu memiliki karbohidrat, gula, dan lemak yang membuat seseorang dengan diabetes harus membatasi konsumsinya. Lantas, bolehkah penderita diabetes minum susu? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Penderita Diabetes Minum Susu, Bolehkah? Cek Jawabannya di Sini

Bolehkah Penderita Diabetes Minum Susu?

Pada dasarnya, penderita diabetes atau diabetesi; baik baik tipe 1 maupun tipe 2 boleh mengonsumsi susu. Namun, konsumsi susu tidak dianjurkan jika Anda memiliki aleri terhadap produk susu atau alasan medis yang diberikan oleh dokter.

Sementara sebuah penelitian mengungkapkan, asupan produk susu tinggi lemak dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Selain kandungan lemaknya yang bermanfaat, indeks glikemik (IG) susu berkisar antara 30-40. Itu artinya IG susu rendah dan aman untuk penderita diabetes.

Meskipun susu aman untuk diabetesi, tetapi belum tentu aman bagi semua orang dengan penyakit ini. Alasannya karena setiap penderita memiliki kebutuhan dan respons unik tersendiri terhadap minuman dan makanan.

Oleh sebab itu, konsultasikan dengan dokter untuk memastikan kondisi diabetes Anda dan keamanan terhadap makanan dan minuman tertentu.

Baca Juga: Diet untuk Diabetes: Makan Kenyang, Gula Darah Terkendali

Jenis Susu yang Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes

Walaupun memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, tetapi tidak semua jenis susu baik untuk penderita diabetes. Oleh karena itu, ada beberapa pilihan susu yang aman untuk diabetes.

Berikut ini beberapa tips memilih susu untuk penderita diabetes, di antaranya:

1. Susu Rendah Gula

Minum susu dengan kandungan gula yang tinggi terlalu sering dapat memperparah kondisi karena dapat meningkatkan kadar gula darah dan resistensi insulin. Oleh sebab itu, pilihlah susu yang rendah gula. Jenis susu yang sedikit gula termasuk susu almond, susu unta, atau susu kedelai.

2. Susu Rendah Lemak

Sapi yang makan rumput secara langsung di padang rumput diketahui menghasilkan susu rendah lemak. Susu kambing juga rendah lemak, yakni memiliki 11 gram karbohidrat dan 8 gram protein per cangkirnya.

3. Susu yang Mengandung Asam Lemak

Susu sapi organik adalah salah satu susu dengan kandungan asam lemak yang bagus, karena diberi pakan ternak atau rumput yang terbebas dari pupuk kimia dan pestisida. Susu untuk diabetes ini juga terbebas dari hormon pertumbuhan dan antibiotik.

4. Susu Tinggi Protein

Kandungan protein dalam susu telah terbukti membantu mengontrol kadar gula dalam darah setelah makan. Dengan begitu, susu tinggi kandungan protein bermanfaat bagi penderita diabetes. Jenis susu dengan kandungan protein yang tinggi berasal dari nabati, termasuk almond, kedelai, oat, quinoa, dan macadamia.

5. Susu Fermentasi

Jenis susu fermentasi dianggap bagus bagi penderita diabetes. Bakteri probiotik dalam produk susu fermentasi seperti yogurt, telah terbukti meningkatkan profil lipid darah dan status antioksidan pada penderita diabetes tipe 2.

Baca Juga: Manfaat Minum Susu sebelum Berolahraga Ternyata Baik untuk Tubuh

Porsi Susu untuk Penderita Diabetes

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American College of Nutrition menyarankan penderita diabetes untuk mengonsumsi antara 2-3 sajian produk susu setiap hari.

Selain susu cair, yoghurt tanpa gula, hingga mousse juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Hanya saja, sebelum mengonsumsinya diabetesi sebaiknya meminta saran terlebih dahulu pada dokter untuk memastikan bahwa makanan tersebut aman untuk dikonsumsi.

Pastikan pula untuk mengonsumsi susu tanpa tambahan gula. Selain itu, penderita diabetes juga bisa memilih susu yang memang diperuntukkan khusus untuk diabetes.

Meski dapat dikonsumsi kapanpun, ada waktu-waktu tertentu dalam sehari beberapa orang mungkin lebih resisten terhadap insulin, dan oleh karenanya mungkin memilih untuk membatasi asupan karbohidrat.

 

  1. Nall, Rachel. 2018. What is the best milk for people with diabetes?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/311107. (Diakses pada 23 Desember 2022)
  2. Phipps, Mary E. Milk and Diabetes: All Your Questions Answered. https://www.milkandhoneynutrition.com/milk-and-diabetes-all-your-questions-answered/. (Diakses pada 23 Desember 2022)
  3. Whelan, Corey. 2022. What Are the Best Milk Options for People with Diabetes?. https://www.healthline.com/health/diabetes/best-milk-for-diabetics. (Diakses pada 23 Desember 2022)


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi