Terbit: 19 March 2022 | Diperbarui: 23 September 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Makan di pagi hari sering disebut sebagai aktivitas penting yang harus dilakukan agar Anda siap menghadapi padatnya aktivitas sepanjang hari. Tidak hanya penting bagi orang dewasa, sarapan juga penting bagi anak. Lantas, apa saja menu sarapan sehat untuk anak yang lezat dan mudah dibuat? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

9 Menu Sarapan Sehat untuk Anak yang Mudah Dibuat dan Enak

Menu Sarapan Berbahan Gandum Utuh

Mengingat sarapan adalah sesuatu yang penting bagi si Kecil, ini dia beberapa menu sarapan pagi yang sehat dan bergizi untuk anak yang berasal dari gandum.

1. Overnight oats

Menu sarapan lezat yang satu ini tidak hanya akan disukai anak, tapi juga orang dewasa. Untuk menyantap overnight oats di pagi hari, pastikan Anda menyiapkannya di malam hari sebelum tidur ya.

Cara membuatnya sangat mudah, cukup campurkan 25 gram rolled oat dengan 120 ml susu ke dalam toples. Tambahkan topping sehat seperti kacang, parutan kelapa, hingga buah kering. Tutup toples  hingga rapat, lalu diamkan di dalam kulkas selama semalam. Overnight oats akan siap disantap keesokan paginya.

2. Oatmeal panggang

Kreasi menu sarapan pagi yang sehat dan bergizi untuk anak dari gandum berikutnya adalah oatmeal panggang. Menu ini sangat cocok untuk disantap bersama anggota keluarga lainnya. Cara membuatnya, ambil mangkuk, lalu masukkan:

  • 200 gram rolled oat.
  • 700 ml susu.
  • 2 telur.
  • 10 ml vanilla essence
  • Brown sugar secukupnya
  • Buah-buahan (bisa kering atau segar)

Aduk semua bahan di atas sampai rata, lalu tuangkan ke dalam loyang panggang. Masukkan ke dalam oven dan panggang dengan suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 45 menit.

3. Pancake coklat

Bosan dengan pancake yang biasa-biasa saja? Tambahkan sedikit bubuk protein coklat ke dalam adonan pancake yang Anda buat! Jika adonan jadi terlalu kental, tambahkan air hingga mendapatkan tekstur yang pas. Selain itu, Anda juga bisa melakukan modifikasi lain ke dalam resep pancake Anda dengan menambahkan chia seed, pumpkin seed, yoghurt kental, dan lain sebagainya sesuai selera.

Baca Juga: 10 Bahaya Tidak Sarapan yang Perlu Diketahui

Menu Sarapan Sehat untuk Anak Berbahan Telur

Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan sarapan, telur bisa jadi solusi yang enak dan cepat. Telur dikenal kaya akan kandungan protein yang sangat dibutuhkan anak. Kuning telur adalah sumber antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata dan otak.

4. Muffin telur dan sayur

Anak-anak biasanya susah makan sayur. Dengan resep muffin ini, Anda bisa menyelipkan sayuran bergizi ke dalamnya. Tapi, siapkan malam harinya agar tinggal siap santap di pagi hari.

Untuk membuat muffin lezat dan bergizi, Anda tinggal mencampurkan telur, garam, dan merica ke dalam mangkuk, lalu masukkan sayuran cincang ke dalamnya. Tuangkan adonan telur ke dalam panggangan muffin yang sudah diolesi mentega, lalu masukkan ke dalam oven dan panggang di suhu 200 derajat celcius selama 12 sampai 15 menit hingga matang.

5. Telur dadar ham dan keju

Telur dadar adalah makanan praktis dan enak yang pasti disukai anak. Nah, Anda bisa memodifikasi resep telur dadar untuk membuatnya semakin lezat.

Kocok lepas telur ayam (sesuaikan jumlahnya dengan porsi yang diinginkan), bumbui dengan garam dan merica. Tuangkan ke atas wajan yang sudah dipanaskan. Lalu taburkan ham cincang dan parutan keju, masak dengan api sedang sampai telur matang. Tanpa perlu dibalik, angkat telur dadar, potong dan sajikan untuk si Kecil.

Baca Juga: 10 Menu Makan Malam Sehat yang Enak dan Penambah Energi

Smoothie Sehat untuk Sarapan

Agar anak tidak bosan dan selalu bersemangat untuk sarapan, Anda perlu memberikan variasi menu. Tidak ada salahnya menjadikan smoothie sebagai menu sarapan sehat untuk anak.

6. Smoothie pisang, coklat, dan selai kacang

Smoothie lezat satu ini sangat mudah dibuat. Masukkan pisang beku, selai kacang, 1 sendok makan bubuk coklat tanpa gula, dan susu ke dalam blender. Haluskan sampai tercampur dengan sempurna.

7. Greek yogurt smoothie bowl

Smoothie bowl bisa jadi menu sarapan yang menyegarkan. Selain rasanya yang enak, tidak perlu lama dan praktis untuk membuatnya. Cukup tuangkan greek yogurt yang kental ke dalam mangkuk, lalu beri topping buah-buahan, biji-bijian, atau granola sesuai selera.

Menu Sarapan dengan Buah dan Sayur

Makan makanan berat di pagi hari justru bisa menyebabkan kantuk saat beraktivitas. Oleh karena itu, cobalah menu bergizi dengan buah dan sayur berikut ini sebelum si Kecil berangkat sekolah.

8. Orak arik tahu dan sayur

Orak arik tahu bisa jadi pilihan menu sarapan yang sehat jika Anda ingin mencari variasi telur sebagai sumber protein bagi anak. 

Untuk membuatnya, tumis bawang bombay yang sudah diiris sampai harum, lalu masukkan tahu yang sudah dipotong dadu serta sayuran yang disukai dan masak sampai matang. Beberapa pilihan sayuran yang cocok untuk menu ini adalah bayam, tomat, jamur, paprika merah, tomat, dan kemangi.

9. Roti panggang alpukat, timun, dan tomat

Menu yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi karena sangat populer. Siapkan selembar roti gandum utuh, lalu oleskan alpukat yang sudah dihaluskan sampai rata. Letakkan timun dan tomat di atasnya, lalu panggang sebentar di atas teflon tanpa dibalik.

Menyajikan menu sarapan sehat untuk anak bisa jadi tantangan tersendiri karena anak cenderung malas makan di pagi hari. Oleh karena itu, Anda harus memvariasikan menu sarapannya agar ia lebih tertarik untuk menyantapnya. Selamat mencoba!

 

  1. Billis, Stacia. 2021. 9 healthy breakfast ideas kids can make themselves. https://coolmomeats.com/2021/08/22/9-healthy-breakfast-ideas-kids-can-make-themselves/. (Diakses pada 16 Maret 2022).
  2. Danahy, Anne. 2019. 25 Healthy Breakfast Ideas for Kids. https://www.healthline.com/nutrition/healthy-breakfast-for-kids. (Diakses pada 16 Maret 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi