Terbit: 2 December 2022
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Berbicara mengenai obat herbal, ada banyak sekali jenis tanaman yang memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Salah satu tanaman obat yang yang tidak boleh dilewatkan adalah daun gambir. Apa saja manfaat gambir untuk kesehatan? Temukan jawabannya melalui ulasan berikut ini.

7 Manfaat Tumbuhan Gambir untuk Kesehatan

Khasiat Tanaman Gambir untuk Kesehatan

Gambir adalah tanaman yang memiliki nama latin Uncaria Gambir. Tumbuhan ini termasuk jenis obat herbal tradisional yang banyak tumbuh di wilayah Sumatera.

Gambir diperkaya oleh sejumlah zat atau senyawa kimia bersifat antioksidan dan antibakteri yang efektif untuk mengobati berbagai macam penyakit sekaligus menjaga kesehatan tubuh. Dua zat utama yang menghasilkan manfaat gambir untuk kesehatan yaitu katekin dan tanin.

Berikut ini adalah beberapa manfaat tanaman gambir, di antaranya:

1. Mengobati Diare

Penelitian membuktikan bahwa daun dan ranting gambir mengandung beberapa bahan yang bersifat antibakteri. Oleh karena itu, tanaman ini memiliki kemampuan untuk melawan bakteri, terutama bakteri penyebab diare pada usus besar.

Agar memperoleh manfaat ini, daun dan ranting tanaman dikeringkan terlebih dahulu. Setelah kering, gambir kemudian ditumbuh untuk dijadikan teh.

2. Melawan Radikal Bebas

Manfaat gambir lainnya adalah membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh. Seperti yang diketahui, penumpukan radikal bebas dapat memicu penyakit kronis, seperti kanker.

Nah, daun gambir mengandung zat kimia yang disebut katekin. Zat ini merupakan antioksidan alami yang dapat melawan radikal bebas. Selain itu, katekin juga dipercaya sebagai komponen alami untuk melawan berbagai jenis penyakit.

Baca Juga6 Obat Herbal untuk Membantu Meredakan Glaukoma

3. Mengobati Luka bakar

Kulit yang terkena luka bakar bisa menghitam, bahkan tak jarang memicu rasa nyeri yang mengganggu. Salah satu bahan alami untuk mempercepat proses penyembuhan luka bakar adalah gambir.

Manfaat gambir yang satu ini bisa diperoleh dengan menghaluskan tanaman, lalu tempelkan pada area luka bakar. Sensasi dingin yang ditimbulkan bisa membantu mempercepat pemulihan, sekaligus mengurangi bekas luka yang akan terbentuk.

4. Mencegah Penuaan Dini pada Kulit

Penuaan pada kulit bisa terjadi karena berbagai faktor, seperti lingkungan, genetik, asupan nutrisi, dan lain sebagainya. Namun, faktor yang berpengaruh besar terhadap masalah kulit ini adalah paparan sinar matahari.

Jika mengalami masalah penuaan dini, kulit Anda akan tampak kusam dan muncul flek hitam. Tak jarang, masalah kulit keriput pun menghinggapi.

Masker gambir diketahui bisa menjadi obat tradisional untuk mencegah masalah penuaan dini pada kulit. Tak hanya mencegah, kabarnya herbal ini juga bisa membantu menghilangkan tanda-tanda penuaan pada kulit.

5. Mengatasi Mag

Salah satu manfaat gambir lainnya bisa didapatkan oleh penderita mag. Penyakit yang menyerang lambung ini menimbulkan gejala nyeri pada perut, terutama setelah mengonsumsi makanan. 

Sari gambir bisa menjadi obat alami mag. Sebelumnya, Anda harus menghaluskan gambir yang sudah kering. Kemudian, sari tanaman yang sudah ada dicampur dengan sedikit air dan madu. Konsumsilah selama dua kali dalam seminggu.

6. Mengatasi Jerawat

Punya masalah kulit berjerawat? Kabar baiknya, gambir bisa menjadi obat alami untuk mengatasi kondisi ini.

Ekstraksi gambir yang telah dipadatkan bisa diolah menjadi masker untuk wajah. Manfaat gambir untuk jerawat diperoleh dari kandungan antioksidan di dalamnya.

Antioksidan pada tanaman ini disebut-sebut bisa menyembuhkan jerawat, sekaligus mencegah bekas jerawat timbul.

Baca JugaMenilik Beragam Manfaat Tanaman Alfalfa bagi Kesehatan

7. Mengatasi Komedo

Selain mengobati jerawat, gambir juga bermanfaat untuk mengatasi komedo. Ini merupakan salah satu masalah kulit yang terjadi ketika pori-pori tersumbat.

Komedo menyebabkan benjolan kecil berwarna putih atau hitam yang biasanya berada pada permukaan kulit, terutama di bagian hidung.

Menurut penelitian selama 56 hari, penggunaan masker gambir peel off pada orang yang mengalami masalah komedo, menunjukkan perubahan walaupun hanya sedikit. Terkait manfaat yang satu ini, masih diperlukan penelitian lain yang mendukung.

Itu dia beberapa khasiat gambir untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Meskipun hanya sedikit, tetap waspadai efek samping yang dapat muncul.

Waspadai juga reaksi alergi yang bisa terjadi. Jika ingin menggunakan tanaman ini sebagai pengobatan, ada baiknya untuk berkonsultasi lebih dulu dengan dokter. Semoga bermanfaat!

 

  1. Anonim. 10 Benefits Gambir (Uncaria Gambir Roxb.) For Treatment. https://www.kayawell.com/Food/10-Benefits-Gambir-(Uncaria-gambir-Roxb)-for-Treatment-diarrhea-mouth-ulcers. (Diakses pada 1 Desember 2022).
  2. Anonim. Aging Changes in Skin. https://medlineplus.gov/ency/article/004014.htm. (Diakses pada 1 Desember 2022).
  3. Oswari, Liniyati, dkk. 2019. Gambir Extract (Uncaria Gambir) Decreases Inflammatory Response and Increases Gastric Mucosal Integrity in Wistar Rats – Model Gastritis. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6953953/. (Diakses pada 1 Desember 2022).
  4. Rahmiati, dkk. 2019. The Use of Peel Off Gambier Masks and Their Effect on Blackheads Skincare. http://repository.unp.ac.id/33939/1/Rahmiati_Rosalina_The_Use_Peel_Off_Gambier_Masks_And_Their_Effect_on_Blackheads_Skin_Care.pdf. (Diakses pada 1 Desember 2022).

DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi