Terbit: 5 September 2023
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Terung belanda atau sering disebut terong belanda adalah buah dengan rasa asam yang menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja khasiat buah yang berasal dari keluarga terung-terungan ini? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

13 Manfaat Terong Belanda, Baik untuk Pencernaan hingga Jantung

Kandungan Gizi Terong Belanda

Manfaat yang didapatkan dari mengonsumsi buah ini karena kandungan nutrisi di dalamnya. Berikut kandungan gizi dalam 100 gram buah terong belanda, antara lain:

  • Energi: 48 kkal.
  • Karbohidrat: 11,3 gram.
  • Protein: 1,5 gram.
  • Lemak: 0,3 gram.
  • Vitamin B: 0,04 mg.
  • Vitamin C: 17 mg.
  • Kalsium: 13 mg.
  • Zat besi: 1 mg.
  • Fosfor: 24 mg.
  • Potasium: 320 mg.

Ragam Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan

Meski memiliki ukuran yang kecil, terong belanda tidak bisa dipandang sebelah mata. Buah ini memiliki banyak khasiat. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Terong belanda adalah buah yang tinggi serat dan telah terbukti membantu mengatasi masalah pencernaan. Serat adalah jenis karbohidrat penting yang dapat membantu sistem pencernaan bekerja dengan lebih baik.

Faktanya, secangkir buah terong belanda memiliki sekitar 13 gram serat; yang mana lebih dari setengah asupan harian yang direkomendasikan. Mengonsumsi makanan kaya serat dapat membantu mengurangi kembung dan sembelit, dua masalah umum yang terkait dengan usus.

2. Mengatasi Beberapa Penyakit Ringan

Kandungan vitamin C dan vitamin lainnya serta kalsium di dalam buah terong belanda membuatnya memiliki manfaat untuk mengatasi beberapa penyakit ringan.

Beberapa penyakit ringan tersebut seperti bisul, sakit tenggorokan, dan sakit maag. Bahkan beberapa orang ada yang menggunakan buah ini untuk mengobati radang amandel.

3. Menurunkan Kolesterol

Salah satu cara alami yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh adalah dengan konsumsi terong belanda.

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah ini dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL). Selain itu, terong belanda juga bisa untuk meningkatkan kadar kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL).

Saat kolesterol jahat dalam tubuh menurun dan terjadi peningkatan kolesterol baik, maka pembuluh darah akan menjadi lebih sehat sehingga aliran darah tidak memiliki masalah.

Baca Juga: Manfaat Mentimun untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Buah terong belanda bermanfaat bagi Anda penderita hipertensi karena dapat membantu menurunkan tekanan darah. Perlu diketahui, dalam kondisi normal tekanan darah orang dewasa adalah tekanan sistoliknya 120 dan diastoliknya 80 mmHG.

Tekanan tinggi yang terjadi terus-menerus dapat mengganggu kesehatan jantung, pembuluh darah, dan ginjal.

5. Mencegah Anemia

Tidak hanya tekanan darah tinggi saja yang bisa diobati dengan mengonsumsi buah terong belanda, anemia pun bisa dicegah dengan mengonsumsi buah terong belanda. Kandungan berbagai vitamin, mineral zat besi, dan serat pada buah ini bermanfaat untuk menambah darah sehingga anemia bisa dicegah.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Konsumsi buah terong belanda dipercaya membantu mencegahnya datangnya kanker. Seseorang yang rutin mengonsumsi buah ini bisa meningkatkan kandungan likopen di dalam tubuh, sehingga mampu menangkal radikal bebas yang merupakan pemicu kanker.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah terong belanda dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin B kompleks yang kaya di dalamnya yang bisa memperbaiki metabolisme tubuh.

Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya dapat menjadi antioksidan untuk menangkal radikal bebas sekaligus meningkatkan imunitas tubuh.

8. Mengendalikan Gula Darah

Bagi penderita diabetes, mengendalikan kadar gula darah normal adalah sesuatu yang penting untuk mencegah terjadinya komplikasi.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menstabilkan kadar gula di dalam darah adalah dengan konsumsi terong belanda. Selain itu, buah ini juga aman untuk diabtesi karena memiliki kadar glikemik yang rendah.

9. Menjaga Kesehatan Rambut

Selain menyehatkan kulit, mengonsumsi terong belanda juga bagus untuk kesehatan rambut. Kandungan asam linoleat dalam buah ini dapat membantu mencegah kerontokan rambut, mendorong pertumbuhan rambut lebih panjang, mengatasi psoriasis dan eksim, dan mengatasi ketombe. 

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan beberapa vitamin di dalamnya dapat mendukung kulit menjadi lebih sehat dan berseri. Selain itu, kandungan flavonoid, fenol, dan anthocyanin bisa mencegah stres pada kulit dan mengatasi penuaan dini.

11. Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi terong belanda baik dalam keadaan utuh, jus, maupun dicampurkan ke dalam salad, cocok untuk  Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan. Sifat asam pada buah ini dapat membantu mengurangi lemak di tubuh

12. Mencegah Penyakit Alzheimer dan Parkinson

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada buah ini dipercaya bisa mencegah penyakit Alzheimer dan Parkinson. Meski menyimpan banyak nutrisi penting, klaim buah ini dapat mencegah dua kondisi tersebut masih memerlukan studi lanjutan.

13. Menjaga Kesehatan Jantung

Khasiat buah terong belanda bisa menjaga jantung agar selalu sehat dan memiliki fungsi yang normal. Kandungan mineral seperti kalium di dalam terong belanda bisa menyeimbangkan kadar natrium yang cukup tinggi di jantung sehingga jantung tetap terpelihara kesehatannya dengan baik.

Baca Juga: 10 Manfaat Terong untuk Kesehatan dan Cara Konsumsi yang Aman

Tips Sehat Mengonsumsi Terong Belanda

Sebagian besar orang makan terong belanda dengan membelahnya menjadi dua dua bagian dan mengerok daging dan bijinya dengan sendok. Anda bisa dapat menggunakannya sebagai campuran yang sehat untuk salad dan smoothie.

Terong belanda juga bisa digunakan sebagai campuran untuk membuat sup. Selain itu, buah ini bisa dikonsumsi sebagai hidangan sarapan jika ditaburi sedikit gula. Beberapa orang juga makan buah ini dengan es krim, pai, sandwich, dan puding.

Meski terdapat penelitian yang menemukan bahwa terdapat partisipan yang mengalami gatal-gatal selama 12-24 jam setelah mengonsumsi terong belanda, tidak ada efek samping lain yang diketahui pada buah ini.

Terpenting, jika Anda mengalami gejala alergi, hentikan konsumsinya dan dapatkan pertolongan medis jika perlu. Konsumsi terong belanda secukupnya dan jangan terlalu banyak. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat.

 

  1. Axe, Josh. 2018. What Is a Tamarillo? Top 5 Tamarillo Fruit Benefits for the Heart, Eyes & More. https://draxe.com/nutrition/tamarillo/ (Diakses pada 20 Maret 2023)
  2. Choudhary, Tanya. 2023. 9 Amazing Health Benefits Of Tamarillo. https://www.stylecraze.com/articles/health-benefits-of-tamarillo/ (Diakses pada 20 Maret 2023)
  3. Joanna. 2022. Tamarillo. https://healthiersteps.com/tamarillo/. (Diakses pada 20 Maret 2023)


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi