Terbit: 5 October 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Salmon adalah salah satu jenis ikan yang sering dikonsumsi karena rasanya yang enak dan menyehatkan. Di tahun 2017, salmon menjadi spesies sari laut dengan nilai paling tinggi. Salmon banyak disajikan mentah atau yang disebut dengan sashimi ala makanan Jepang. Ketahui manfaat ikan salmon mentah atau sashimi untuk kesehatan berikut ini:

10 Manfaat Salmon Sashimi untuk Kesehatan

Manfaat Salmon Sashimi untuk Kesehatan

Memakan ikan mentah sudah menjadi kebiasaan di banyak negara dan budaya. Bukan hanya mereka yang tinggal di pedesaan, tetapi juga masyarakat yang tinggal di area perkotaan. Ini manfaat sashimi salmon mentah untuk kesehatan:

1. Membantu menurunkan berat badan

Salmon memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, sehingga dapat menahan rasa lapar berlebihan. Protein yang ada pada salmon mentah adalah protein berkualitas tinggi yang bisa digunakan tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan yang rusak. Salmon mentah menjadi pilihan tepat untuk Anda yang sedang berdiet dan membangun massa otot.

2. Mengurangi risiko depresi dan kecemasan

Salah satu kandungan utama dalam ikan salmon adalah asam lemak Omega 3. Menurut penelitian, Omega 3 dapat mencegah depresi dan kecemasan. Ketika otak menerima nutrisi yang cukup, maka tubuh akan bisa melawan berbagai macam zat atau stimulus yang memicu depresi dan kecemasan.

3. Mencegah kerusakan sel

Salmon mentah mengandung antioksidan dari mineral selenium yang bisa membantu mencegah kerusakan sel tubuh dan memperbaiki jaringan di dalamnya. Sel tubuh yang sehat mampu melawan radikal bebas  yang masuk ke dalam tubuh, sehingga membantu tubuh tetap sehat dan bugar.

4. Mengurangi risiko kanker

Bukan rahasia bahwa ikan salmon sangat kaya kandungan vitamin dan mineral. Di antaranya adalah staxanthin, kolin, niacin, vitamin B6, vitamin D, selenium, CoQ10, dan asam lemak tak jenuh ganda omega-3. Semua kandungan tersebut dapat menurunkan risiko kanker prostat dan kanker payudara.

Baca Juga: 10 Jenis Ikan Laut dan Manfaatnya untuk Kesehatan

5. Mengurangi konsumsi bahan kimia

Penyajian salmon mentah tidak boleh dilakukan sembarangan. Sashimi salmon disajikan segar tanpa melalui proses pengolahan apapun. Dengan mengkonsumsi salmon mentah, maka sama dengan mengurangi paparan bahan kimia dari proses memasak ikan tersebut.

Ketika Anda makan di luar, potensi untuk mengkonsumsi bahan kimia sangat besar. Salmon mentah tidak memerlukan komposisi bahan apapun untuk disajikan, sehingga jauh lebih sehat.

6. Sumber vitamin D

Vitamin D dalam ikan salmon sangat melimpah. Manfaat vitamin D adalah menjaga level kalsium dan fosfor pada tulang tetap seimbang. Mencukupi kebutuhan vitamin D sangat baik untuk kekuatan tulang dan gigi.

7. Kaya asam lemak Omega 3

Lemak Omega 3 dikenal sebagai lemak baik karena dapat memberikan manfaat kesehatan yang melimpah. Salah satu sumber asam lemak omega 3 terbaik adalah salmon mentah. Asam lemak Omega 3 dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan cara mengurangi peradangan pada sendi dan pembuluh darah. 

8. Meningkatkan kinerja otak

Salmon mentah mengandung DHA tinggi yang merupakan asam lemak utama dalam sistem saraf pusat. DHA membantu perkembangan otak dan fungsi otak, yang tidak hanya dibutuhkan oleh bayi saja tetap juga orang dewasa. Mengkonsumsi ikan salmon sangat baik untuk meningkatkan kinerja otak dan menjaga kesehatan otak.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Sushi? Begini Penjelasan Lengkapnya

9. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengkonsumsi lemak ikan atau minyak ikan telah terbukti mampu menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Tidak terkecuali dengan minyak ikan salmon. Di dalam ikan salmon terdapat kandungan minyak yang menyehatkan jantung dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ikan salmon juga membantu melancarkan sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh.

10. Sumber vitamin B

Kandungan vitamin lain yang sangat banyak di dalam ikan salmon adalah vitamin B. Vitamin B sangat penting untuk membuat tubuh tetap semangat, meningkatkan daya ingat, dan membuat suasana hati tetap positif. Khususnya bagi kaum pria, vitamin B dapat meningkatkan kadar hormon testosteron.

Pada setiap 350 gram ikan salmon mentah, kandungan vitamin B di dalamnya adalah sebagai berikut:

  • Vitamin B1: 18%
  • Vitamin B2: 29%
  • Vitamin B3: 50%
  • Vitamin B5: 19%
  • Vitamin B6: 47%
  • Vitamin B9: 7%
  • Vitamin B12: 51%

Itulah beberapa manfaat salmon sashimi. Mengandung beberapa nutrisi dan kandungan bergizi tinggi. Namun, harus diperhatikan kualitas ikan salmon dan membatasi asupannya. Berdasarkan American Heart Association, direkomendasikan untuk membatasi makan makanan laut 12 ons (340 gram) dalam seminggu, untuk jenis ikan dengan kadar merkuri rendah.

Baca Juga: Mudah, Ini 5 Metode Masak Ikan Salmon yang Paling Sehat!

Cara Menilai Kualitas Salmon Segar yang Baik

Saat Anda mengkonsumsi ikan salmon, pastikan ikan tersebut segar dan baru ditangkap. Ini dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui kesegaran salmon mentah:

  • Dekatkan daging salmon ke hidung, lalu hirup baunya. Jika bau ikan salmon tidak amis atau asin, maka salmon tersebut sudah tidak lagi segar.
  • Sashimi salmon yang segar terlihat berkilauan.
  • Warna daging salmon cerah dan segar, tidak pucat.
  • Tusuk sedikit daging salmon, jika bisa kembali ke bentuk semula, maka daging tersebut segar.

Itu dia berbagai manfaat sashimi salmon untuk kesehatan. Agar Anda bisa mendapatkan manfaat terbaiknya, pilih salmon berkualitas tinggi yang tidak ditangkap menggunakan bahan kimia.

 

  1. Brickell, Susan. 2020. How Often Is Too Often to Eat Sushi or Other Raw Fish?. https://www.health.com/nutrition/too-much-raw-fish#:~:text. (Diakses pada 5 Oktober 2021).
  2. BluGlacier. 2021. 6 Salmon Sashimi Health Benefits. https://bluglacier.com/salmon-sashimi-health-benefits/. (Diakses pada 4 Oktober 2021).
  3. BluGlacier. 2021. Health Benefits of Eating Raw Salmon. https://bluglacier.com/health-benefits-of-eating-raw-salmon/. (Diakses pada 4 Oktober 2021).
  4. Joseph, Michael. 2019. What Is Sashimi and Is It Healthy? https://www.nutritionadvance.com/what-is-sashimi/. (Diakses pada 4 Oktober 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi