Terbit: 23 November 2022
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Minyak argan mungkin tidak sepopuler minyak esensial lainnya. Namun jangan salah, minyak yang berasal dari Timur Tengah ini memiliki segudang manfaat sehat bagi tubuh. Apa saja manfaat argan oil yang bisa Anda dapatkan? Simak penjelasannya dalam ulasan berikut!

10 Manfaat Argan Oil untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat Minyak Argan untuk Kesehatan

Argan oil dihasilkan dari ekstraksi biji pohon argan. Pohon ini banyak tumbuh di wilayah Maroko. Konon, minyak ini dipercaya menjadi rahasia kecantikan kulit dan rambut orang di Timur Tengah.

Oleh sebab itu, tumbuhan ini kerap kali dijuluki sebagai “emas cair”, mengingat khasiatnya yang begitu besar bagi tubuh, khususnya kulit.

Manfaat tersebut kemungkinan besar berasal dari berbagai kandungan nutrisi dan vitamin yang banyak terkandung di dalamnya.

Berikut ini adalah sederet manfaat minyak argan yang sayang untuk Anda lewatkan, di antaranya:

1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Salah satu manfaat argan oil yang penting diketahui adalah kemampuannya menjaga kesehatan jantung. Khasiat ini berasal dari kandungan asam oleat yang tinggi. Asam oleat merupakan asam lemak tak jenuh tunggal (omega-9).

Bersama-sama dengan antioksidan di dalamnya, minyak ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Meskipun demikian, penelitian lain masih diperlukan guna mendukung manfaat yang satu ini.

2. Mengatasi Stres Oksidatif

Minyak argan mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif. Keduanya merupakan pencetus berbagai masalah kesehatan.

Stres oksidatif merupakan cikal bakal penyakit kronis dan penyakit degeneratif, seperti kanker, penyakit jantung, Parkinson, dan Alzheimer.

Tidak jauh berbeda, peradangan kronis juga ikut berkontribusi terhadap berbagai masalah kesehatan, seperti asma, rheumatoid arthritis, diabetes tipe 2, Alzheimer, kanker, dan penyakit jantung.

Nah, minyak argan mengandung vitamin E atau tokoferol yang tinggi. Ini merupakan vitamin larut dalam lemak yang bertindak sebagai antioksidan. Dengan adanya vitamin ini, efek merusak dari radikal bebas dapat berkurang.

Sebagai catatan, radikal bebas yang menumpuk di dalam tubuh bisa memicu stres oksidatif.

Baca JugaRagam Manfaat Minyak Peppermint untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

3. Menurunkan Risiko Kanker

Tak salah rasanya jika menyebut minyak argan sebagai “minyak ajaib”. Sebab faktanya, tidak hanya untuk kecantikan, manfaat minyak argan bahkan bisa mencegah penyakit kanker.

Minyak ini dapat memperlambat pertumbuhan dan reproduksi sel kanker tertentu. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian pada tabung reaksi. Menurut penelitian ini, ekstraksi minyak argan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat sebesar 50 persen.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat argan oil untuk mengobati kanker pada manusia.

4. Menyamarkan Stretch Mark

Argan oil sering kali digunakan sebagai perawatan untuk menyamarkan stretch mark. Bahkan, sejumlah penelitian sudah membuktikan khasiat yang satu ini.

Minyak argan diketahui dapat meningkatkan elastisitas kulit sehingga dapat mengurangi dan mencegah stretch mark.

Kendati demikian, penelitian lain yang mendukung manfaat argan oil ini masih perlu dilakukan.

5. Melembapkan Kulit Wajah

Manfaat argan oil yang satu ini hadir berkat kandungan asam oleat dan linoleat di dalamnya. Keduanya merupakan nutrisi penting yang dapat menjaga kesehatan kulit Anda.

Menurut sejumlah penelitian, asam lemak dalam minyak ini dapat menjaga kesehatan kulit sekaligus membantu menjaga kelembapannya.

6. Mengurangi Tanda Penuaan pada Kulit

Siapa yang tidak ingin memiliki wajah awet muda? Hal ini ternyata bisa Anda wujudkan dengan argan oil.

Minyak ini sudah menjadi kandungan produk skincare yang populer. Hal ini tidak lepas dari kemampuannya dalam menurunkan tanda penuaan pada kulit.

Menurut beberapa penelitian, minyak argan efektif dalam menguragi tanda-tanda penuaan, baik dikonsumsi maupun dioleskan langsung pada kulit.

7. Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu. Selain menimbulkan nyeri, kemunculannya juga bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri Anda.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Minyak argan dipercaya bisa menjadi obat alami jerawat yang ampuh, lho.

Khasiat minyak argan yang satu ini diperoleh dari senyawa antioksidan dan kadar asam linoleate yang tinggi di dalamnya.

Asam linoleat terbukti efektif mengatasi peradangan pada kulit wajah yang memicu timbulnya jerawat. Zat ini juga sekaligus berperan memperbaiki sel kulit yang mengalami kerusakan.

Kendati begitu, tidak ada penelitian yang mengungkapkan manfaat argan oil untuk mengobati jerawat. Sampai saat ini, khasiat yang ditemukan hanya sebatas pada efeknya dalam mengurangi kemerahan dan menenagkan iritasi pada kulit akibat jerawat.

8. Mempercepat Penyembuhan Luka

Antioksidan di dalam argan oil lagi-lagi memegang peran penting dalam proses penyembuhan luka. Tak hanya kandungan ini, vitamin E di dalamnya juga mendatangkan manfaat serupa.

Kombinasi antioksidan dengan vitamin E di dalam minyak argan ternyata bisa membantu menyembuhkan luka dengan cepat.

Menurut sebuah penelitian pada hewan, mengoleskan minyak argan secara teratur pada luka dapat membuat luka lebih cepat sembuh. Penelitian lebih lanjut pada manusia masih perlu dilakukan.

Namun, penelitian pada manusia masih perlu dilakukan.

9. Menenangkan Dermatitis Atopik

Manfaat argan oil untuk kulit tidak cukup sampai di situ. Faktanya, minyak ini juga dapat membantu menenangkan dermatitis atopik.

Dermatitis atopik atau eksim adalah kondisi kulit kering, gatal, dan meradang. Ini adalah masalah pada kulit yang sering sekali terjadi pada anak-anak. Namun, tidak menutup kemungkinan dermatitis atopik juga bisa menimpa orang dewasa.

Menurut penelitian, mengoleskan minyak argan pada area yang terkena eksim bisa mengurangi gejala yang timbul. Khasiat ini berasal dari vitamin E dan sifat peradangan alami pada minyak ini.

Baca Juga10 Manfaat Minyak Mawar bagi Kesehatan

10. Menjaga Kesehatan Rambut

Tidak hanya untuk kulit, manfaat argan oil juga bisa dirasakan rambut Anda. Minyak ini diketahui dapat melembapkan rambut dan kulit kepala sekaligus melindungi rambut dari kerusakan.

Argan oil bekerja dengan mengurangi kerusakan pada rambut sehingga kesehatan rambut Anda tetap terjaga.

Nah, itu dia informasi mengenai manfaat minyak argan bagi rambut, kulit, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bila masih ragu terkait penggunaan minyak ini, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dahulu kepada dokter. Semoga bermanfaat!

 

  1. Anonim. 2021. Inflammation. https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/21660-inflammation. (Diakses pada 23 November 2022).
  2. Hill, Ansley. 2018. 12 Benefits and Uses of Argan Oil. https://www.healthline.com/nutrition/argan-oil. (Diakses pada 23 November 2022).
  3. Leonard, Jayne. 2018. What Essential Oils are Good for Preventing Stretch Marks? https://www.medicalnewstoday.com/articles/321595. (Diakses pada 23 November 2022).
  4. Mayo Clinic Staff. 2022. Atopic Dermatitis (Eczema). https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/atopic-dermatitis-eczema/symptoms-causes/syc-20353273. (Diakses pada 23 November 2022).
  5. Pham-Huy, Lien Ai., dkk. 2008. Free Radicals, Antioxidants in Disease and Health. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3614697/. (Diakses pada 23 November 2022).
  6. Pizzino, Gabriele., dkk. 2017. Oxidative Stress: Harms and Benefits for Human Health. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5551541/. (Diakses pada 23 November 2022).
  7. Santos-Longhurst, Andrienne. 2019. Does Argan Oil Help Protect Against Hair Loss? https://www.healthline.com/health/argan-oil-for-hair-growth. (Diakses pada 23 November 2022).
  8. WebMD Editorial Contributors. 2022. Argan Oil: Health Benefits, Nutrition, and Uses. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-argan-oil. (Diakses pada 23 November 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi