Terbit: 7 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Meski populer karena aroma khasnya yang menyegarkan, ternyata minyak peppermint juga menyimpan khasiat untuk tubuh. Apa saja manfaat kesehatan dari minyak peppermint? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Ragam Manfaat Minyak Peppermint untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Manfaat Minyak Peppermint untuk Kesehatan

Minyak peppermint adalah jenis minyak esensial yang diekstraksi dari daun tanaman peppermint. Tanaman telah digunakan untuk berbagai macam tujuan, termasuk pengobatan dan kecantikan.

Berikut ini beragam manfaat kesehatan minyak peppermint, di antaranya:

1. Mengatasi Sindrom Iritasi Usus Besar

Tanaman peppermint dapat membantu meredakan kembung dan jenis ketidaknyamanan perut lainnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan mentol di dalamnya memiliki efek relaksasi pada perut.

Minyak peppermint sering digunakan untuk mengobati masalah perut termasuk sindrom iritasi usus besar atau irritable bowel syndrome (IBS), kembung, dan gangguan pencernaan.

2. Meredakan Mual

Sebuah uji klinis acak di tahun 2020 menemukan bahwa, menghirup uap minyak peppermint melalui nebulizer mampu mengurangi frekuensi, durasi, dan tingkat keparahan mual serta muntah pada pasien yang pulih dari operasi jantung.

Sementara penelitian mengungkapkan, menghirup minyak peppermint tidak memiliki efek signifikan pada mual dan muntah pada ibu hamil yang mengalami morning sickness.

3. Mengobati Gastrointestinal

Minyak peppermint yang dicampur dengan minyak jintan ternyata efektif mengobati dispepsia fungsional, suatu kondisi di mana area saluran pencernaan menjadi kembung dan terasa nyeri.

Khasiat minyak peppermint juga bisa membantu mengurangi durasi, frekuensi, dan tingkat keparahan sakit perut pada anak-anak. Namun, khasiat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut tentang keamanan dan dosisnya.

4. Meredakan Pilek

Minyak peppermint memiliki efektivitas yang setara dengan obat bebas dan obat gosok. Hal ini karena kandungan bahan pembersih, bersama dengan sifat antiseptik dan antibakteri yang melawan bakteri dan virus penyebab pilek.

Sementara kandungan lainnya seperti sifat antiinflamasi mampu meredakan ketidaknyamanan karena sakit tenggorokan.

5. Meredakan Sakit Kepala dan Nyeri Otot 

Manfaat minyak peppermint berikutnya adalah kemampuannya memberikan efek mendinginkan, menenangkan otot dari dalam. Minyak ini mengandung banyak bahan analgesik dan penghilang rasa sakit yang memberikan kenyamanan dengan cepat. 

Aroma mint yang menyegarkan dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah secara alami, meredakan ketegangan penyebab sakit kepala dan migrain.

Baca Juga: 10 Manfaat Teh Peppermint, Atasi Hidung Tersumbat hingga Sakit Kepala

6. Mengatasi Iritasi, Ruam, Alergi, dan Peradangan di Kulit 

Efek mendinginkan dan menenangkan dari minyak peppermint memberikan manfaat untuk mengurangi iritasi, ruam alergi, dan peradangan pada kulit.

Dalam kasus ekstrem seperti psoriasis (kondisi ketika kulit kering, bersisik, dan gatal), mengoleskan minyak peppermint dapat meredakannya.

Menurut beberapa penelitian, gatal yang parah atau pruritus kronis juga dapat diobati dengan minyak peppermint.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem imun tubuh merupakan benteng pertahanan tubuh untuk melawan berbagai penyakit. Namun, seiring waktu sistem imun dapat melemah karena faktor eksternal dan internal. Menggunakan minyak peppermint dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh.

Beberapa sifat terapeutik minyak ini menghilangkan tekanan dari sistem kekebalan tubuh, sehingga memperkuatnya dalam jangka panjang. 

Minyak peppermint juga mengandung antioksidan tingkat tinggi, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

8. Pembersih Wajah

Minyak peppermint bisa dicampur dengan bahan-bahan lain untuk dijadikan sebagai pembersih wajah. Terdapat dua resep yang bisa Anda coba.

Resep pertama adalah masukkan sabun pembersih muka pada air panas. Lalu masukkan gliserin, perasan lemon, dan minyak peppermint setelah dingin. Masukkan campuran tersebut ke dalam botol, dan Anda bisa mulai coba menggunakannya untuk membersihkan wajah.

Resep pembersih wajah kedua dari minyak peppermint bisa digunakan untuk mengatasi kulit yang berjerawat. Anda harus mencampurkan minyak zaitun, tea tree oil, minyak peppermint, minyak lavender, gliserin, dan sabun khusus untuk jerawat.

9. Eksfoliasi Wajah 

Minyak peppermint juga bisa menjadi bahan campuran membuat eksfoliasi untuk kukit wajah. Caranya, cukup siapkan 4-5 sendok makan (sdm) gula putih organik, 2 sdm minyak zaitun, 1 sendok teh (sdt) minyak biji rami, 3-4 tetes minyak peppermint.

Campur semua bahan tersebut hingga merata, lalu gunakan sebagai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

10. Obat Kumur

Khasiat minyak peppermint bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mulut. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa membuat sendiri obat kumur dengan campuran minyak peppermint.

Kandungan antibakteri dan antijamur pada minyak ini ampuh untuk mengurangi bau mulut yang kurang sedap.

Untuk membuat obat kumur sendiri, campurkan 2 tetes minyak peppermint dengan 2 sendok teh baking soda, 2 tetes tea tree oil , dan tambahkan air secukupnya. Gunakan campuran ini sebagai obat kumur dan jangan sampai tertelan.

Baca Juga: 13 Manfaat Daun Mint, Meredakan Asma Hingga Depresi

Efek Samping Minyak Peppermint

Bagi kebanyakan orang dewasa, sedikit dosis minyak peppermint yang terkandung dalam suplemen makanan dan produk perawatan kulit tergolong aman. Namun, untuk ibu hamil dan menyusui harus menghindari penggunaan produk tersebut karena belum diketahui keamanannya.

Minyak ini tidak untuk dikonsumsi secara oral. Jika minyak ini tertelan, ada beberapa kemungkinan terjadi efek samping, meliputi:

  • Heartburn.
  • Mual.
  • Muntah
  • Sakit perut.

Apabila digunakan pada kulit,  kemungkinan menimbulkan efek samping berikut:

  • Iritasi pada kulit.
  • Reaksi alergi seperti kemerahan, sakit kepala, dan sariawan.

Jika Anda mengalami salah satu dari efek samping tersebut, hentikan penggunaannya dan segera temui dokter.

Nah, itulah berbagai manfaat kesehatan dari minyak peppermint yang sangat bagus untuk kesehatan dan kecantikan. Namun, hati-hati dengan kemungkinan efek samping yang ditimbulkan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat! 

 

  1. Anonim. Peppermint Essential Oil: Uses for Skin,
    Hair and Aromatherapy. https://gyalabs.com/pages/guide-peppermint-essential-oil-uses-benefits-skin-hair (Diakses pada 6 Oktober 2022)
  2. Ansorge, Rick. 2022. Peppermint Oil. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/peppermint-oil-uses-benefits-effects (Diakses pada 6 Oktober 2022)
  3. Tadimalla, Ravi T. 2022. Benefits Of Peppermint Oil For Skin, Hair, Health & How To Use. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-peppermint-oil-for-skin-hair-and-health/. (Diakses pada 6 Oktober 2022)
  4. Seladi-Schulman, Jill. 2022. Peppermint Oil Uses and Benefits. https://www.healthline.com/health/benefits-of-peppermint-oil. (Diakses pada 6 Oktober 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi