Terbit: 30 August 2022 | Diperbarui: 31 August 2022
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Setelah berolahraga atau bekerja, tubuh kehilangan banyak stamina yang membuat tubuh letih dan lesu. Guna mengembalikan stamina, ada banyak makanan penambah stamina yang dapat Anda konsumsi. Lantas, apa saja makanan tersebut? Yuk, simak dalam penjelasan di bawah ini?

20 Makanan Penambah Stamina agar Tubuh Tidak Cepat Lelah

Beragam Makanan Penambah Stamina Tubuh

Untuk menambah stamina tubuh, ada berbagai macam makanan bergizi yang bisa Anda konsumsi sehari-hari. Makanan ini mengandung zat penting yang memang merupakan sumber energi terbaik bagi tubuh, dan juga membantu penyerapan zat gizi.

Berikut ini makanan penambah stamina yang bisa Anda konsumsi, di antaranya:

1. Telur ayam

Telur ayam adalah makanan yang wajib Anda konsumsi bila ingin tubuh tetap berstamina sepanjang hari. Telur ayam (terutama telur ayam kampung) diperkaya dengan protein yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh.

Oleh karena itu, jadikan telur ayam sebagai menu harian Anda guna menjaga stamina, tentunya selama konsumsi masih berada dalam batas kewajaran dan tidak berlebihan.

2. Pisang

Buah berkulit kuning ini memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, tak terkecuali untuk meningkatkan stamina tubuh. Pisang merupakan makanan yang mengandung sejumlah zat penambah stamina dan energi, seperti karbohidrat kompleks, serat, potassium, dan vitamin C.

Zat-zat tersebut efektif mengembalikan stamina setelah beraktivitas berat maupun penyakit yang menguras tenaga. Jadi, saat tubuh Anda terasa lemas dan lesu, cobalah untuk makan beberapa buah pisang dan rasakan efek positifnya.

3. Jeruk

Buah jeruk juga menjadi salah satu makanan penambah stamina yang sangat mudah ditemukan.

Saat Anda terserang penyakit seperti flu, mengonsumsi jeruk disarankan guna menjaga agar tubuh tidak kehilangan stamina dan energi selama masa penyembuhan. Manfaat jeruk untuk menambah stamina dikarenakan memiliki kandungan vitamin C dan serat.

4. Apel

Apel sarat dengan sejumlah nutrisi, seperti kalori, karbohidrat, serat, zat besi, vitamin, dan mineral yang memberi energi bagi tubuh. Quercetin adalah polifenol yang ditemukan dalam apel dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, melawan peradangan, dan membuat tubuh tetap energik lebih lama.

Buah apel juga tinggi kandungan serat larut yang dapat membantu meningkatkan rasa kenyang, yang membuat Anda merasa kenyang dan berenergi lebih lama.

5. Bayam

Bayam adalah sayuran yang mengandung magnesium dan zat besi sehingga tak salah jika memasukkannya ke dalam daftar makanan untuk meningkatkan stamina. Sebagaimana diketahui, zat besi memiliki fungsi untuk memproduksi hemoglobin.

Hemoglobin bertugas menyalurkan oksigen dan nutrisi ke seluruh area tubuh, sehingga tubuh senantiasa mendapat asupan oksigen dan nutrisi yang ideal. Tubuh pun tidak akan mudah lelah dan lesu.

Baca Juga: 9 Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Berhubungan Intim

6. Daging

Zat besi juga bisa ditemui pada daging-dagingan, seperti daging ayam dan daging sapi. Daging ayam adalah sumber protein tanpa lemak yang sangat bagus. Ayam utuh tanpa kulit memiliki 19 gram protein dan 110 kkal energi.

Makan makanan berprotein tinggi memberikan rasa kenyang, yang membantu mengurangi asupan kalori dan karbohidrat. Ini membantu membangun daya tahan, energi, dan stamina.

Agar tidak cepat lelah, alangkah baiknya Anda rutin mengonsumsi daging sebagai makanan penambah stamina, sehingga Anda bisa beraktivitas dengan baik.

7. Ikan

Makanan untuk menambah stamina selanjutnya adalah ikan, terutama ikan tuna. Ikan mengandung 50 gram protein per 100 gram-nya. Itu artinya, setengah dari total kandungan nutrisi ikan adalah protein, jumlah yang sangat tinggi dan tentunya efektif untuk meningkatkan stamina tubuh.

Sehabis berolahraga atau saat sedang sakit, selain istirahat yang cukup, makan ikan juga akan mempercepat proses peningkatan stamina dan energi tubuh Anda.

8. Beras merah

Alih-alih beras putih, Anda bisa menggantinya dengan beras merah. Jenis beras ini memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang lebih banyak daripada beras putih sehingga mengonsumsinya bisa lebih menambah stamina tubuh.

Selain itu, makanan penambah stamina dan energi yang satu ini juga diperkaya dengan nutrisi lainnya seperti serat, dan sifatnya yang lebih muda dicerna ketimbang nasi putih.

9. Roti gandum

Roti gandum juga diperkaya dengan karbohidrat kompleks yang efektif meningkatkan stamina tubuh. Anda bisa mengonsumsi roti di pagi hari saat sarapan, atau sore hari saat tubuh sedang lemas-lemasnya setelah bekerja. Agar tidak cepat lelah, Anda bisa mengoleskan selai kacang yang juga sebagai makanan penambah stamina.

Selai kacang mengandung lemak dan protein yang bisa menghasilkan energi bagi tubuh. Tak hanya itu, mengonsumsi selai kacang juga dipercaya dapat merawat kesehatan jantung, lho.

10. Air Mineral

Tubuh yang tidak berstamina juga bisa diakibatkan oleh kurangnya asupan cairan sehingga menimbulkan dehidrasi. Oleh sebab itu, perbanyaklah minum air mineral guna menambah stamina tubuh, sekaligus membuang racun-racun berbahaya di dalam tubuh.

Baca Juga: 14 Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

11. Oatmeal

Makanan peningkat stamina tubuh yang satu ini diperkaya dengan kandungan karbohidrat kompleks. Itulah sebabnya mengonsumsi oatmeal menimbulkan efek kenyang yang lebih lama, sehingga cadangan energi di dalam tubuh tidak cepat habis.

Oatmeal bisa Anda konsumsi dengan mencampurkannya dengan buah-buahan seperti strawberry dan pisang agar semakin menyehatkan, pun nikmat.

12. Kacang Kedelai

Mengonsumsi kacang kedelai secara rutin juga bisa menjaga stamina tubuh Anda. Hal ini karena bahan pembuat tempe dan tahu ini mengandung protein, vitamin, dan mineral. Nah, mulai dari sekarang jangan segan untuk rutin mengonsumsi kacang kedelai, ya.

13. Anggur

Buah anggur, terutama anggur merah diperkaya oleh zat yang mampu menambah energi tubuh. Zat itu adalah resveratrol. Tak hanya itu, anggur juga mengandung karbohidrat kompleks sebagai sumber energi utama bagi tubuh.

14. Kopi

Hampir semua orang setuju jika kopi adalah solusi untuk menambah stamina. Itu sebabnya banyak orang kerap mengonsumsi minuman penambah stamina satu ini di sela-sela aktivitas.

Kopi memang efektif dalam menghasilkan energi, sehingga ketika mengonsumsinya, Anda dengan segera bisa kembali bugar dan fokus.

Namun perlu diingat, sebaiknya konsumsi kopi sewajarnya saja karena kafein yang terkandung dalam kopi apabila dikonsumsi secara berlebihan justru dapat menimbulkan penyakit, terutama berkaitan dengan lambung.

15. Almond

Almond adalah jenis kacang-kacangan yang biasa Anda temui di makanan ringan seperti cokelat kemasan. Kacang almond juga merupakan makanan penambah stamina karena mengandung asam lemak omega-3.

Selain itu, manfaat lainnya adalah meminimalisir risiko penyakit jantung, meningkatkan fungsi otak, dan memperkuat tulang.

Baca Juga: 9 Makanan Sehat untuk Lansia, Lebih Bergizi dan Enak

16. Dark chocolate

Dibandingkan dengan cokelat biasa atau susu, dark chocolate mengandung lebih banyak kakao dan kafein. Dengan demikian, makanan ini dikenal mampu membantu meningkatkan energi mental dan mengurangi kecemasan.

Kandungan antioksidan yang ada dalam dark chocolate membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan suplai oksigen ke otot dan otak.

17. Ubi jalar

Makan ubi jalar dapat membantu tubuh mendapatkan cadangan energi yang stabil. Hal ini karena ubi jalar dicerna lebih lama karena mengandung karbohidrat kompleks dan serat.

Sebanyak 100 gram ubi jalar mengandung 86 kkal energi, 20 gram karbohidrat, 2 gram protein, 3 gram serat, lebih dari 400% asupan referensi diet (Dietary Reference Intake/DRI) untuk vitamin A, dan 28% RDI untuk mangan.

Mangan sendiri dapat membantu tubuh memecah nutrisi untuk menghasilkan energi dalam tubuh.

18. Jagung

Jagung adalah makanan berkalori rendah dan berenergi tinggi yang sangat bagus dan dapat dinikmati dengan mudah. Ini berkat kandungan glikogen, yaitu zat energi siap pakai saat makanan ini masuk ke dalam tubuh.

Oleh karena itu, makan jagung dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan meningkatkan energi.

19. Alpukat

Buah alpukat kaya akan serat dan lemak sehat. Sekitar 84 persen lemak sehat ini berasal dari asam lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal. Lemak ini membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dan meningkatkan kadar darah yang optimal.

Kedua jenis lemak tersebut juga digunakan sebagai sumber energi. Buah ini juga merupakan sumber vitamin B yang bagus untuk fungsi mitokondria di mana energi dihasilkan.

20. Yoghurt

Karbohidrat terkandung dalam yoghurt terutama dalam bentuk gula sederhana seperti galaktosa dan laktosa. Ketika kandungan ini dipecah, hal tersebut dapat menyediakan energi siap pakai.

Yoghurt memiliki protein yang membantu memperlambat pencernaan karbohidrat sehingga memperlambat pelepasan gula. Yoghurt juga mengandung vitamin B12 dan B2 yang baik, ini terlibat dalam fungsi seluler dan membantu pembentukan adenosin trifosfat (ATP), yang merupakan bahan bakar untuk sel.

Nah, itu dia informasi mengenai berbagai macam makanan penambah energi dan stamina yang bisa Anda coba. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2020. 10 Best Foods to Boost Your Stamina Instantly!. https://www.fitbase.com/blog/10-best-foods-to-boost-your-stamina-instantly/. (Diakses pada 30 Agustus 2022)
  2. Gupta, Shreya. 2021. Eat these 6 foods on an empty stomach for better stamina and more energy. https://www.healthshots.com/healthy-eating/superfoods/eat-these-6-foods-on-an-empty-stomach-for-better-stamina-and-more-energy/. (Diakses pada 30 Agustus 2022)
  3. Sadhukhan, Priyanka. 2022. How To Increase Stamina Naturally Through Food. https://www.stylecraze.com/articles/best-foods-to-increase-your-stamina/. (Diakses pada 30 Agustus 2022)
  4. Tian C. 2019. Foods to Increase Stamina – Keep Yourself Energised All Day Long. https://parenting.firstcry.com/articles/foods-to-increase-stamina-keeping-yourself-energized-for-the-daily-activities/. (Diakses pada 30 Agustus 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi