Terbit: 5 August 2022
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Roti gandum adalah salah satu dari jenis roti tawar yang disebut-sebut memiliki banyak manfaat karena lebih sehat. Apa saja manfaatnya? Yuk, simak selengkapnya dalam ulasan berikut berikut ini!

11 Manfaat Roti Gandum, Bantu Diet hingga Cegah Kanker

Kandungan Gizi Roti Gandum

Sebelum mengetahui berbagai manfaat roti gandum, ketahui lebih dulu kandungan gizi dalam dalam satu porsi atau 1 potong gizi roti gandum.

Berikut ini adalah kandungan gizi di dalamya, antara lain:

  • Kalori: 67 kkal.
  • Lemak: 1,07 gram (g).
  • Lemak Jenuh: 0,233 g.
  • Lemak tak jenuh ganda: 0,237 g.
  • Lemak tak jenuh tunggal: 0,447 g.
  • Kolesterol: 0 mg.
  • Protein: 2,37 g.
  • Karbohidrat: 12,26 g.
  • Serat: 1,1 g.
  • Gula: 1,43 g.
  • Sodium: 138 mg.
  • Kalium: 53 mg.

Manfaat Roti Gandum untuk Kesehatan

Selain rasanya, banyak orang menyukai roti gandum karena kandungan gizi di dalamnya cenderung lebih besar dibandingkan dengan jenis roti tawar lainnya. Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Membantu memenuhi nutrisi harian

Roti gandum yang kaya nutrisi dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Roti jenis cocok dikonsumsi oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga ibu hamil.

2. Kalori lebih rendah

Kandungan nutrisi roti gandum memang lebih tinggi, tapi kalorinya justru lebih rendah. Roti gandum dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, namun dengan asupan kalori yang tidak terlalu tinggi.

Manfaat roti gandum yang satu ini membuatnya menjadi salah satu pilihan untuk menu menurunkan berat badan.

3. Mencegah obesitas

Obesitas sering kali dikaitkan dengan risiko berbagai macam penyakit serius seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, dan banyak penyakit lainnya.

Manfaat roti gandum tidak hanya dapat menjadi salah satu menu untuk menurunkan berat badan, tapi juga dapat berguna untuk menjaga berat tubuh tetap ideal. Ya, salah satu cara untuk menjaga berat tubuh ideal adalah dengan cara menjaga asupan makanan.

Roti yang terbuat dari gandum, terutama gandum utuh, diklaim akan diproses lebih lama dalam sistem pencernaan dibandingkan dengan roti tawar lainnya. Hal ini yang membuat roti gandum sangat direkomendasikan untuk seseorang yang sedang ingin menurunkan berat badan.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia dan salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan memperhatikan apa yang dikonsumsi.

Roti gandum adalah salah satu makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi gandum utuh dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 22%.

5. Menurunkan risiko stroke

Menurunkan risiko stroke juga disebut-sebut sebagai salah satu manfaat roti tawar gandum.

Selain kaya akan kandungan nutrisi, perlu diketahui bahwa produk roti gandum umumnya memiliki kandungan kolesterol yang sangat rendah atau bahkan tidak mengandung kolesterol sama sekali.

Sebaliknya, roti gandum justru memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang merupakan lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kolesterol LDL yang menumpuk dapat membentuk plak yang menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah dan memicu penyakit kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung.

6. Menurunkan risiko diabetes

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa roti gandum juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain untuk membantu memenuhi nutrisi, manfaat roti gandum untuk ibu hamil lainnya adalah menurunkan risiko diabetes gestasional.

Diabetes dan gangguan lainnya seperti darah tinggi risikonya dapat meningkat selama masa kehamilan.

Konsumsi roti gandum yang kaya serat bisa menurunkan risiko obesitas. Selain itu, sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa konsumsi gandum utuh dapat menurunkan kadar gula darah puasa dan meningkatkan sensitivitas insulin.

7. Mengurangi peradangan kronis

Peradangan adalah sumber dari berbagai penyakit kronis. Beberapa bukti menunjukkan bahwa biji-bijian mampu membantu mengurangi peradangan.

Dalam sebuah penelitian, wanita yang makan banyak biji-bijian memiliki kemungkinan paling kecil untuk meninggal karena kondisi kronis terkait peradangan.

Baca Juga: Alasan Roti Gandum Baik untuk Diet Anda

8. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Roti gandum memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, hal ini tentunya sangat baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Asupan serat yang cukup akan menghindari Anda dari sembelit atau susah buang air besar.

Selain itu, serat dalam gandum juga dapat bekerja sebagai prebiotik dan menunjang bakteri baik yang ada dalam pencernaan. Bakteri baik ini sangat penting keberadaannya untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan bekerja dengan baik.

Manfaat roti gandum untuk asam lambung juga direkomendasikan karena dapat membantu meringankan gejala.

9. Mengurangi risiko kanker

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa biji-bijian termasuk gandum utuh memberikan manfaat antikanker terkuat. Ini termasuk melawan kanker kolorektal, salah satu jenis kanker yang paling umum.

Manfaat gandum ini terkait dengan serat yang dapat membantu menurunkan risiko kanker. Seratnya juga berperan sebagai prebiotik.

Kandungan lain dari gandum, termasuk asam fitat, asam fenolik, dan saponin, dapat memperlambat perkembangan kanker.

10. Menurunkan risiko kematian dini

Ketika risiko penyakit kronis berkurang, risiko kematian dini juga turun. Faktanya, satu penelitian menunjukkan bahwa asupan biji-bijian secara khusus dapat menurunkan risiko kematian karena penyakit jantung dan serta penyebab lainnya.

Penelitian ini menggunakan data dari dua studi, dengan menyesuaikan faktor-faktor lain yang mungkin memengaruhi tingkat kematian, seperti merokok, berat badan, dan pola makan secara keseluruhan.

Meskipun roti gandum baik dikonsumsi untuk kesehatan, Anda tetap harus memperhatikan cara penyajiannya. Apabila diolah dengan cara yang salah, tentunya manfaat roti gandum juga dapat berkurang. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2021. Roti Gandum. https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/roti-gandum. (Diakses pada 4 Agustus 2022)
  2. Garone, Sarah. 2020. Whole Wheat Bread Nutrition Facts and Health Benefits. https://www.verywellfit.com/whole-wheat-bread-nutrition-facts-and-health-benefits-5069803. (Diakses pada 4 Agustus 2022)
  3. Kerri-Ann. 2019. 9 Health Benefits of Eating Whole Grains. https://www.healthline.com/nutrition/9-benefits-of-whole-grains. (Diakses pada 4 Agustus 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi