Terbit: 10 Desember 2021 | Diperbarui: 17 Desember 2021
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Vitamin C adalah nutrisi yang mudah larut dalam air untuk memenuhi berbagai fungsi vital tubuh, termasuk meningkatkan sistem imun tubuh. Tahukah Anda berapa kebutuhan vitamin C per hari? Cek di sini!

Ini Kebutuhan Vitamin C Per Hari dari Bayi hingga Lansia

Berapa Kebutuhan Vitamin C Per Hari?

Kebutuhan vitamin C setiap orang berbeda, tergantung pada usia, jenis kelamin, tinggi serta berat badan, dan kondisi tubuh yang memengaruhinya.

Berikut ini angka kecukupan vitamin C yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang mengacu pada Permenkes RI Nomor 28 Tahun 2019:

1. Dosis Vitamin C untuk Anak

Anak-anak masih dalam proses pertumbuhan dan sistem imun di dalam tubuhnya pun masih berkembang sehingga membutuhkan asupan vitamin C yang cukup.

Ini rekomendasi dosis vitamin C untuk anak:

Usia Bayi/Anak Vitamin C (mg)
0-15 bulan 40
6-11 bulan 50
1-3 tahun 40
4-6 tahun 45
7-9 tahun 45

 

Berikut ini manfaat vitamin C bagi tubuh anak:

  • Mencegah kerusakan sel-sel tubuh.
  • Mendukung pertumbuhan tulang dan gigi.
  • Meningkatkan sistem imun dan mencegah penyakit.
  • Menjaga kesehatan sistem saraf.

Bayi usia 0-6 bulan mendapatkan asupan vitamin C dari ASI ibu atau susu formula. Setelah usia 6 bulan mendapatkan asupan vitamin dan nutrisi dari MPASI dan makanan pokok lainnya.

2. Kebutuhan Vitamin C Per Hari untuk Dewasa

Berikut ini dosis vitamin C per hari untuk remaja dan dewasa dibedakan dari jenis kelamin dan usia:

Kebutuhan Vitamin C Per Hari untuk Dewasa (mg)
Usia (Tahun) Perempuan  Laki-Laki 
10-12 50 50
13-15 65 75
16-18 75 90
19-29 75 90
30-49 75 90

 

Fungsi vitamin C sangat penting untuk pembentukan kolagen, antioksidan, penyembuhan luka, meningkatkan sistem imun tubuh, serta mendukung berbagai fungsi tubuh lainnya.

Baca Juga: 14 Gejala Kekurangan Vitamin C pada Tubuh (Mudah Dikenali)

3. Kebutuhan Vitamin C untuk Orang Tua

Berapa kebutuhan vitamin C per hari untuk orang tua?

Kebutuhan Vitamin C Per Hari untuk Orang Tua (mg)
Usia (Tahun) Perempuan  Laki-Laki 
50-64 75 90
65-80 65 90
80+ 75 90

 

Orang tua atau menuju lansia membutuhkan asupan vitamin C yang memadai untuk memperkuat sistem imun, mencegah risiko penyakit serius terkait usia, dan memastikan tubuh tetap prima. Tentu saja harus diimbangi dengan asupan vitamin dan nutrisi lainnya.

4. Dosis Vitamin C Per Hari untuk Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan tambahan 10 mg vitamin C dari kebutuhan harian. Berikut kebutuhan vitamin C harian untuk ibu hamil atau menyusui:

Usia Kehamilan Vitamin C (mg)
Trimester 1 +10
Trimester 2 +10
Trimester 3 +10

 

Wanita hamil harus memenuhi kebutuhan vitamin, nutrisi, dan mineral yang cukup demi mengoptimalkan perkembangan janin agar lahir sehat dan sempurna.

Salah satunya kebutuhan vitamin C yang penting untuk membantu penyerapan zat besi, menurunkan risiko diabetes gestasional, preeklampsia, dan mendukung pertumbuhan bayi.

5. Dosis Vitamin C untuk Orang Sakit

Fungsi vitamin C untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dan menjaga kekuatan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C yang cukup dapat membantu mempercepat penyembuhan pada orang sakit.

Tidak ada panduan tentang berapa dosis vitamin C untuk orang sakit. Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin C 500 mg atau vitamin C 1000 mg bila sedang sakit atau dalam proses penyembuhan, sesuai dengan saran dokter.

Baca Juga: Vitamin C 1000 Mg: Manfaat, Bahaya, Rekomendasi Harian, dll

Berapa Batasan Dosis Vitamin C Per Hari?

Vitamin C larut di dalam air di dalam tubuh manusia. Bila kebutuhan vitamin C di dalam tubuh sudah terpenuhi baik dari makanan atau suplemen, maka sisa kadar vitamin C dosis tinggi itu akan dibuang oleh tubuh.

Berikut ini batas toleransi dosis vitamin C yang bisa diserap oleh tubuh dilansir dari WebMD:

Kategori (Anak & Dewasa) Tingkat Asupan Atas (UL) Vitamin C yang Dapat Ditoleransi
1-3 tahun 400 mg/hari
4-8 tahun 650 mg/hari
9-13 tahun 1.200 mg/hari
14-18 tahun 1.800 mg/hari
19 tahun ke atas 2.000 mg/hari

 

Ya, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap sisa-sisa vitamin C bila melebihi batas toleransi. Jadi sebanyak apapun dosis yang dikonsumsi, akan tetap dikeluarkan lagi sisanya.

Fungsi vitamin C sangat penting untuk memelihara kesehatan sehari-hari. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan tubuh cepat lelah, nyeri otot atau sendi, kulit kering, rambut rapuh, berat badan turun, dan mudah terpapar infeksi.

Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian dari makanan sehari-hari termasuk buah-buahan sitrus, bayam, brokoli, paprika, kentang, dan lainnya.

promo suplemen nat-c farmaku

Bila perlu, konsumsi suplemen vitamin C tambahan untuk menjaga sistem imun terutama di musim sakit. Nat C 1000 mg adalah suplemen yang mengandung rosehip dan acerola—sumber alami vitamin C.

Berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pembentukan kolagen dan antioksidan, menangkal radikal bebas, menjaga kesehatan kulit, kuku, dan rambut, serta mengoptimalkan fungsi jaringan dan sel-sel tubuh secara keseluruhan.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga. Beli produk Nat-c di apotek online Farmaku.com dan nikmati diskon setiap hari.

 

  1. Permenkes Nomor 28 Tahun. 2019. Angka Kecukupan Gizi Masyarakat file:///C:/Users/Dokter%20Sehat/Downloads/Permenkes%20Nomor%2028%20Tahun%202019.pdf. (Diakses pada 9 Desember 2021).
  2. Snyder, Cecilia, MS, RD. 2019. How Much Vitamin C Should You Take?. https://www.healthline.com/nutrition/how-much-vitamin-c-should-i-take-daily. (Diakses pada 9 Desember 2021).
  3. WebMD Medical Reference. 2021. Vitamin C (Ascorbic Acid). https://www.webmd.com/diet/supplement-guide-vitamin-c#1. (Diakses pada 9 Desember 2021).
  4. WebMD Medical Reference. 2021. Vitamin C for the Common Cold. https://www.webmd.com/cold-and-flu/cold-guide/vitamin-c-for-common-cold#1. (Diakses pada 9 Desember 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi