Terbit: 9 Maret 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Makanan Malaysia memang tidak seterkenal makanan Thailand, India, atau Cina. Namun faktanya, kuliner dari Negeri Jiran ini tak kalah lezat. Berbekal paduan kuliner dari beragam budaya, Malaysia memiliki banyak makanan yang kaya rasa. Apa saja makanan khas Malaysia yang enak dan sehat? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

15 Makanan Khas Malaysia, Sehat dan Menggugah Selera

Makanan Sehat Khas Malaysia

Jika berkesempatan mengunjungi Malaysia, jangan sia-siakan kesempatan untuk mencoba kulinernya. Berikut ini adalah pilihan makanan khas Malaysia yang bisa Anda coba, di antaranya:

1. Mee goreng mamak

Mee goreng mamak adalah kuliner khas masyarakat India muslim di Malaysia. Terdiri dari mi kuning yang digoreng dan diberi campuran daging atau ayam, udang, kecap, telur dan sayuran. Agar rasanya lebih menantang, cabai dan merica juga ditambahkan. Menu ini mirip dengan mi goreng di Indonesia.

2. Apam balik

Di Medan, Sumatera Utara, menu ini memiliki nama yang mirip yaitu apem balik. Sementara mayoritas masyarakat Indonesia mengenalnya dengan nama Martabak Manis. Isinya beragam dan sangat memanjakan para penggemar makanan manis. Bukan hanya enak, makanan ini juga bikin ketagihan!

3. Nasi kerabu

Jika di Indonesia ada nasi kuning, Malaysia memiliki nasi kerabu yang berwarna biru. Nasi kerabu merupakan makanan sehat khas Malaysia, tepatnya dari Negeri Kelantan.

Warna birunya berasal dari sari bunga telang, bunga cantik berwarna biru keunguan. Nasi ini dimakan dengan lauk beragam. Namun hampir selalu menyertakan kelapa parut goreng, sambal pedas, saus ikan yang difermentasi, telur, dan kerupuk.

4. Ayam percik 

Ayam percik adalah ayam bakar yang diberi saus bumbu santan, cabai, bawang putih, dan jahe. Makanan ini jauh lebih populer di Malaysia daripada ayam goreng di restoran cepat saji.

5. Nasi lemak

Salah satu makanan khas negara malaysia adalah nasi lemak. Pada dasarnya, nasi ini mirip dengan nasi uduk di beberapa daerah Indonesia atau nasi lomak di Riau dan daerah sekitarnya. Yang membedakan adalah lauk pelengkapnya.

Setiap daerah di Malaysia memiliki padanan lauk yang berbeda untuk menu ini. Namun, makanan ini biasanya tidak pernah lepas dari telur rebus, kacang goreng, sayuran, kari sapi, ayam atau kambing; makanan laut, dan sambal.

6. Roti john

Nama roti john juga tidak asing di Indonesia. Kuliner Malaysia ini berupa roti panjang isi yang dilengkapi dengan daging asap, telur, mayones, saus tomat, keju, selada, dan saus cabai. Satu menu dengan isian lengkap dapat mengenyangkan.

Baca Juga: 14 Makanan Khas Thailand yang Sehat dan Lezat, Mau Coba?

7. Nasi kandar

Nasi kandar adalah nasi dengan aneka lauk menggoda selera. Diantaranya kari, ikan, telur dan sayur okra. Biasanya outlet makanan ini dikelola oleh etnis India muslim di Malaysia.

8. Laksa

Laksa adalah salah satu makanan Malaysia yang terkenal hingga ke seantero Asia. Kuliner lezat ini juga terkenal di Bangkok, Shanghai, hingga Kepulauan Riau. Ada banyak variasi laksa, salah satu yang paling lezat adalah laksa asam penang, dengan campuran asam jawa yang menjadikan rasanya pedas asam dan segar. Makanan ini akan memanjakan para pecinta makanan pedas.

9. Popia basah

Di dalam popia basah, Anda akan menemukan aneka sayuran sehat seperti lobak, bawang merah, dan tauge. Rasanya gurih lezat dan renyah, popia basah cocok untuk camilan ditemani teh hangat.

10. Bubur

Bubur di Malaysia memakai santan, sayuran, dan daging sapi. Tidak ada standar resep khusus untuk menu ini. Setiap negara bagian memiliki bubur dengan ciri khas masing-masing. Namun yang pasti, menu sehat ini enak untuk sarapan.

11. Roti jala

Salah satu ciri khas makanan Malaysia adalah pengaruh kuliner India dan Cina. Salah satunya ada pada roti jala. Di beberapa daerah yang terdapat suku Melayu (termasuk di Sumatera), roti jala disajikan manis dengan kuah durian atau sarikaya. Tetapi di Malaysia menu ini dimakan dengan kuah kari yang pedas gurih.

Roti jala terbuat dari terigu cair yang dimasak di atas pinggan anti lengket, seperti memasak kulit risoles. Namun bentuknya seperti jala atau jaring yang dilipat.

12. Murtabak

Murtabak (martabak) Malaysia berisi daging sapi, telur, dan bawang bombay. Makanan ini disajikan dengan saus pedas dan bisa dijadikan makanan utama ataupun camilan.

Baca Juga: 10 Menu Makanan Korea yang Sehat dan Tips Memasaknya

13. Asam pedas

Asam pedas memakai bumbu cabai, asam jawa/belimbing wuluh, jahe, bawang merah, bawang putih, dan sedikit kunyit. Bahan utamanya adalah ikan pari atau aneka ikan air tawar. Rasanya yang segar dan merangsang indra pengecap sangat pas dipadukan dengan nasi hangat.

14. Tepung pelita

Tepung pelita adalah sejenis kue tradisional yang terbuat dari tepung beras. Kue ini dikenal juga dengan nama kue lapis santan. Rasanya manis di bawah dan gurih di bagian atas.

Bahannya selain tepung beras adalah santan kental, gula, dan daun pandan. Makanan ini biasanya disajikan dalam ukuran sekali gigit menggunakan mangkuk dari daun pandan.

15. Rojak

Rojak atau rujak di Indonesia adalah paduan aneka buah dengan saus pedas manis. Nah, ciri khas kuliner Malaysia pada menu ini adalah penggunaan pasta udang. Hal tersebut membuat menu ini menghasilkan perpaduan rasa manis, asam, pedas dan gurih.

Nah, itulah berbagai makanan khas Malaysia yang bisa Anda coba. Bagaimana, sudah menentukan menu apa yang akan dicoba saat bertandang ke Malaysia?

 

  1. Anonim. 2022. 50 Most Popular MALAYSIAN DISHES. https://www.tasteatlas.com/50-most-popular-dishes-in-malaysia. (Diakses pada 7 Maret 2022).
  2. Calderon, Justin. 2021. Malaysia’s top 40 foods. https://edition.cnn.com/travel/article/malaysian-food/index.html. (Diakses pada 7 Maret 2022).
  3. Ng, Wei Li. 2018. The 21 Best Dishes To Eat in Malaysia. https://theculturetrip.com/asia/malaysia/articles/21-best-dishes-malaysia/. (Diakses pada 7 Maret 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi