Terbit: 29 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Ikan lemuru atau lebih dikenal dengan sebutan ikan sarden adalah jenis ikan yang sering dijadikan bahan baku sarden kalengan. Lantas, apakah ikan sarden bagus untuk kesehatan—terutama mendukung fungsi jantung yang sehat? Simak jawaban lengkapnya dalam ulasan berikut ini. 

Ikan Sarden, Menu Sehat yang Bantu Cegah Penyakit Jantung

Manfaat Ikan Sarden untuk Cegah Penyakit Jantung

American Heart Association merekomendasikan untuk makan ikan yang kaya omega-3 setidaknya dua kali dalam seminggu. Sarden adalah salah satu ikan yang tinggi kandungan omega-3.

Asam lemak omega-3 adalah jenis asam lemak tak jenuh yang berguna untuk mengurangi peradangan di tubuh yang dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung.

Manfaat omega-3 bagi jantung, antara lain: 

  • Menurunkan kadar trigliserida.
  • Menurunkan tekanan darah.
  • Mengurangi pembekuan darah.
  • Menurunkan risiko stroke dan gagal jantung.
  • Mengurangi detak jantung yang tidak teratur.
  • Mengurangi risiko kematian mendadak karena jantung. 

Sementara itu, beberapa nutrisi yang mendukung berbagai manfaat di atas, di antaranya:

Vitamin 

Sarden adalah sumber vitamin B12 yang baik untuk kesehatan jantung. Vitamin ini dipercaya mampu meningkatkan kesehatan jantung karena kemampuannya menjaga sistem kardiovaskuler dan hormon penyebab kerusakan dinding arteri tetap seimbang.

Kalsium

Tidak hanya menjadi sumber omega-3 dan vitamin, ikan sarden merupakan asupan yang baik untuk memenuhi asupan kalsium.

Mineral

Bersamaan dengan kalsium dan banyak vitamin, ikan sarden mengandung sejumlah mineral bermanfaat, seperti zat besi, magnesium, zinc, fosfor, kalium dan niasin (vitamin B3). 

Protein

Ikan sarden kaya akan protein. Protein memiliki peran penting untuk membentuk tulang dan otot yang sehat. Protein juga membantu menciptakan antibodi untuk menjaga sistem imun tubuh.

Baca Juga: 12 Manfaat Ikan Tenggiri, Sangat Bagus untuk Otak hingga Jantung

Cara Makan Sarden yang Sehat untuk Jantung

Ikan sarden adalah makanan serbaguna; dapat dikonsumsi sebagai salad, camilan, atau sebagai hidangan utama.

Apabila Anda ingin makan sarden dalam bentuk kalengan, pastikan untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa sebelum membelinya.  

Penting untuk diketahui, sarden kalengan umumnya mengandung banyak garam. Periksa kadar natrium pada label kemasan. Kadar natrium yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah, yang juga akan berdampak pada kesehatan jantung. 

Jika ingin mengonsumsi sarden segar, pastikan untuk memeriksanya terlebih dahulu. Hal-hal yang harus diperhatikan, meliputi:

  • Tidak berbau menyengat.
  • Kulit mengkilap dan sisik masih menempel.
  • Mata ikan cerah.
  • Daging ikan kenyal dan padat.
  • Insang berwarna merah.

Baca Juga: 10 Manfaat Ikan Cakalang untuk Kesehatan

Ikan sarden baik yang masih segar maupun sudah dalam bentuk instan cenderung tinggi kalori. Oleh sebab itu, penting untuk memperhatikan jumlah asupan kalori harian saat mengonsumsinya. 

Untuk memaksimalkan manfaat ikan sarden bagi kesehatan jantung, perhatikan juga cara mengolahnya. Cara terbaik untuk mengolah adalah dengan merebus, memanggang, atau membakarnya.

Nah, itulah penjelasan mengenai manfaat ikan sarden bagi jantung. Meski kaya akan nutrisi dan mineral, menjaga pola makan sehat dan olahraga rutin sebaiknya juga tetap Anda lakukan. 

 

  1. Anonim. 2022. Canned Sardines: Are They Good for You?. https://www.webmd.com/diet/canned-sardines-good-for-you. (Diakses pada 28 November 2022) 
  2. Anonim. 2022. Omega-3 in fish: How Eating Fish Helps Your Heart. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heart-disease/in-depth/omega-3/art-20045614. (Diakses pada 28 November 2022) 
  3. Diana Well. 2020. Are Sardines Good for You?. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/are-sardines-good-for-you. (Diakses pada 28 November 2022) 


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi