Terbit: 2 December 2020 | Diperbarui: 2 December 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Kolesterol tinggi bisa berujung pada berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung. Kabar baiknya, ada sejumlah buah yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Apa saja buah untuk menurunkan kolesterol? Yuk, simak daftar lengkapnya di bawah ini.

8 Buah Penurun Kolesterol yang Wajib Dicoba, Mudah Didapatkan

Ragam Buah-buahan Penurun Kolesterol

Kebiasan tidak sehat seperti konsumsi makanan tinggi lemak, bisa berujung pada lonjakan kolesterol. Bila dibiarkan, kondisi ini akan mengarah pada masalah medis yang serius seperti stroke, tekanan darah tinggi, dan penyakit berbahaya lainnya.

Kabar baiknya, mengubah pola makan bisa menjadi cara alami untuk menurunkan kadar kolesterol. Salah satu makanan yang disebut-sebut bisa mendatangkan manfaat ini adalah buah-buahan.

Berikut adalah beberapa buah penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi, di antaranya:

1. Apel

Apel adalah buah tinggi serat yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh. Penting diketahui, makanan kaya serat larut dapat menurunkan kolesterol sekaligus membantu menjaga kesehatan jantung.

Menurut buku Healing Foods, serat larut di dalam buah apel yang disebut pektin; bekerja bersama dengan polifenol untuk mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan menghambat oksidasi.

2. Anggur

Anggur mengandung pektin yang tinggi, serat larut yang sama dengan yang terkandung di dalam buah apel. Berkat senyawa ini, anggur menjadi salah satu buah untuk menurunkan kolesterol yang bisa Anda konsumsi.

Tak hanya itu, penelitian menemukan bahwa anggur kaya akan senyawa yang memberikan efek antioksidan dan antiinflamasi. Dengan begitu, konsumsinya akan membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Baca JugaManfaat Nanas untuk Kolesterol Tinggi, Benarkah Efektif?

3. Jeruk

Sama dengan buah apel dan anggur, jeruk juga mengandung pektin yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Selain itu, jeruk termasuk jenis buah sitrus yang tinggi akan vitamin C dan serat sehingga memiliki kualitas antioksidan yang baik.

Antioksidan bermanfaat untuk mengurangi jumlah kolesterol jahat dan trigliserida, sekaligus menambah jumlah kolesterol baik di dalam tubuh.

4. Stroberi

Salah satu buah yang disebut-sebut memiliki pektin dalam jumlah banyak adalah stroberi. Menurut penelitian, salah satu jenis serat larut yang disebut pektin dapat mengurangi kolesterol hingga 10 persen. Kandungan ini ditemukan dalam buah-buahan, termasuk stroberi, apel, anggur, dan jeruk.

5. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah penurun kolesterol yang sangat direkomendasikan. Buah ini tinggi akan vitamin C, vitamin K, vitamin B5, vitamin B6, vitamin E, dan lemak tak jenuh tunggal.

Perlu diketahui, seluruh kandungan tersebut bertindak sebagai antioksidan yang bisa menyehatkan jantung dan pembuluh darah.

Adanya lemak sehat di dalam buah ini juga terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat, sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik.

6. Pisang

Buah yang bagus untuk menurunkan kolesterol berikutnya adalah pisang. Selain praktis untuk dikonsumsi, buah ini juga termasuk superfood yang bisa membantu memenuhi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral harian.

Pisang merupakan sumber serat dan potasium yang baik. Berkat kandungan tersebut, buah ini dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

7. Tomat

Tomat biasa digunakan sebagai campuran sayuran atau dijadikan jus. Selain rasanya yang menyegarkan, tomat mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K yang tinggi.

Selain itu, tomat juga merupakan salah satu buah-buahan untuk menurunkan kolesterol karena kaya akan potasium. Kandungan ini dianggap ramah untuk jantung.

Baca Juga15 Makanan yang Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol

8. Pepaya

Buah ini dikenal baik untuk mengatasi masalah sembelit karena kandungan seratnya yang sangat tinggi.

Menurut US Department of Agriculture (USDA), satu buah pepaya dengan ukuran 780 gram sudah menyediakan sekitar 14 gram serat, jumlah yang cukup untuk memperlancar pencernaan.

Selain itu, serat dalam pepaya juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Kandungan lain yang mendukung fungsi ini adalah likopen dan enzim paraoxonase.

Nah, itulah beberapa buah-buahan penurun kolesterol yang bisa Anda coba. Jangan lupa, kombinasikan konsumsi buah tersebut dengan makanan sehat lainnya. Imbangi juga dengan penerapan gaya hidup sehat, seperti olahraga teratur. Semoga bermanfaat!

 

  1. Anonim. 2021. 11 Foods That Lower Cholesterol. https://www.health.harvard.edu/heart-health/11-foods-that-lower-cholesterol. (Diakses 1 Desember 2022).
  2. Gupta, Aayushi. 2022. Eat These 5 Fruits to Reduce Your Cholesterol Levels and Manage Heart Health. https://www.healthshots.com/healthy-eating/nutrition/cholesterol-diet-5-fruits-to-lower-cholesterol-level/. (Diakses 1 Desember 2022).
  3. Jennings, Kerri-Ann. 2018. 13 Cholesterol-Lowering Foods to Add to Your Diet. https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-that-lower-cholesterol-levels. (Diakses 1 Desember 2022).
  4. Sengupta, Sushmita. 2018. 5 Fruits You Should Include In Your Cholesterol Diet. https://food.ndtv.com/health/5-fruits-you-should-include-in-your-cholesterol-diet-1867581. (Diakses 1 Desember 2022).

DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi