Terbit: 6 January 2023
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Asupan gula yang berlebih dari makanan dan minuman bisa berbahaya bagi kesehatan. Oleh sebab itu, disarankan untuk mengurangi gula agar tubuh Anda tetap sehat. Apa manfaat kurangi asupan gula bagi kesehatan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

10 Manfaat Mengurangi Konsumsi Gula, Cegah Banyak Penyakit

Manfaat Mengurangi Asupan Gula untuk Kesehatan

Gula sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk diubah menjadi energi, tetapi jika asupannya berlebihan hal tersebut bisa membahayakan kesehatan. Berikut ini adalah berbagai manfaat kurangi konsumsi gula dari makanan dan minuman, di antaranya:

1. Menurunkan Risiko Diabetes

Penambahan berat badan adalah faktor utama dalam perkembangan diabetes tipe 2. Kelebihan lemak membuat tubuh kebal terhadap insulin dan akhirnya pankreas tidak dapat memproduksi cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Dengan mengurangi gula yang dibarengi olahraga dan mengatur berat badan, maka risiko Anda untuk terkena diabetes dapat menurun.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Jantung merupakan organ vital yang harus selalu dijaga kesehatannya, sebab jika terjadi masalah pada jantung akan berakibat fatal.

Untuk menghindari risiko penyakit jantung, salah satu caranya adalah dengan mengurangi konsumsi gula. Hal ini dikarenakan gula bisa menyebabkan peningkatan LDL atau kolesterol jahat yang kemudian menyempitkan arteri.

3. Mengurangi Peradangan

Gula dapat meningkatkan peradangan pada jaringan lunak tubuh, yang kemudian menyebabkan nyeri dan sakit pada persendian, memengaruhi sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan depresi.

Peradangan bukanlah sesuatu yang dapat dilihat dengan mata telanjang, dan karena tidak terlihat Anda tidak pernah tahu kapan itu menjadi masalah.

Manfaat mengurangi gula atau berhenti mengonsumsinya dapat membantu menurunkan risiko peradangan.

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Penambahan berat badan dapat terjadi karena konsumsi gula secara teratur akan meningkatkan kadar insulin, yang kemudian memengaruhi metabolisme tubuh dan mengubah kalori manis menjadi lemak di perut.

Jika tidak ingin kegemukan, mengurangi gula bisa membantu tubuh membakar lemak untuk bahan bakar dan menjaga berat badan tetap stabil. Mengganti makanan yang mengandung gula dengan alternatif yang lebih sehat seperti buah-buahan akan lebih mempermudah dalam mengurangi gula.

Baca Juga: Pemanis Pengganti Gula, Ini 10 Manfaat Stevia untuk Kesehatan

5. Mencegah Perlemakan Hati

Seperti yang diketahui bahwa hati berfungsi untuk metabolisme fruktosa yang bisa menyebabkan akumulasi lemak.

Jika Anda mengonsumsi gula secara berlebihan, maka lemak yang dihasilkan oleh hati akan semakin banyak dan menyebabkan hati meradang dan berlemak. Namun, jika secara bertahap mengurangi asupan gula, hal tersebut akan mengurangi risiko hati berlemak dan gangguan peradangan.

6. Mengurangi Gejala Autoimun

Bagi Anda yang memiliki penyakit autoimun disarankan untuk mengurangi konsumsi gula karena gula bisa meningkatkan peradangan di tubuh.

Selain itu, gula juga menyebabkan mikrobiota di usus, merusak kesehatan pencernaan, dan membuat penyakit autoimun semakin memburuk. Jadi, sebaiknya kurangi konsumsi gula agar peradangan dan gangguan autoimun di tubuh menurun.

7. Meredakan Jerawat

Seiring waktu, gula dalam tubuh akan menciptakan hubungan tidak sehat dengan protein yang berfungsi memproduksi kolagen untuk membantu menjaga kulit tetap elastis, awet muda, dan bebas kerutan. Ketika hal itu terjadi, kemungkinan besar kehilangan manfaat kolagen.

Terlalu banyak asupan gula dapat menyebabkan kulit lebih rentan memiliki jerawat dan kondisi tidak sehat lainnya.

8. Memperbaiki Suasana Hati

Manfaat mengurangi asupan gula juga bagus untuk kesehatan mental yang lebih baik secara keseluruhan. Apalagi dibarengi istirahat dan tidur yang nyenyak.

Mengurangi peradangan di otak dan tubuh, dikombinasikan dengan tidur yang lebih baik akan membantu meningkatkan kemampuan untuk berkonsentrasi dan berpikir jernih.

Alasan yang sama menunjukkan bahwa suasana hati yang lebih baik setiap hari berisiko lebih rendah menghadapi depresi.

Baca Juga: Penderita Diabetes Konsumsi Gula Merah, Benarkah Lebih Aman?

9. Mencegah Kerusakan Gigi

Gula adalah makanan utama bagi bakteri yang tumbuh di mulut dan menyebabkan kerusakan gigi. Terlalu banyak mengonsumsi gula dapat menyebabkan gigi berlubang dan infeksi yang lebih serius. Lebih buruk lagi jika tidak menyikat dan membersihkan gigi setiap hari.

Manfaat mengurangi gula, terutama gula tambahan dalam minuman seperti soda, dapat membantu memperlambat atau menghentikan pembusukan gigi.

10. Menurunkan Risiko Kanker

Banyak bukti menunjukan bahwa berhenti mengonsumsi gula dapat menurunkan risiko kanker. Ini karena sebagian karena gula menyebabkan penambahan berat badan dan lemak tubuh yang meningkatkan risiko kanker.

Sebuah penelitian mengungkapkan, orang-orang yang mengonsumsi banyak gula rafinasi dalam makanannya menunjukkan adanya peningkatan kanker pankreas.

Nah, itulah berbagai manfaat mengurangi konsumsi gula bagi kesehatan yang penting untuk Anda tahu.

 

  1. Anonim. 2021. No Sugar Diet and Benefits of Quitting Sugar. https://www.ororecovery.com/no-sugar-diet-and-benefits-of-quitting-sugar/. (Diakses pada 6 Januari 2023)
  2. Anonim. 2021. What Happens When You Cut Out Added Sugar?. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-effects-cut-added-sugar. (Diakses pada 6 Januari 2023)
  3. Kubala, Jillian. 2021. What Are 30-Day No Sugar Challenges? All You Need To Know. https://www.healthline.com/nutrition/30-days-no-sugar. (Diakses pada 6 Januari 2023)


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi