Terbit: 1 July 2022 | Diperbarui: 4 July 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Apabila Anda sedang menjalin hubungan romantis dengan seseorang tetapi statusnya tidak jelas, bisa jadi Anda berada di lingkaran situationship. Selengkapnya kenali tipe hubungan ini, mulai dari ciri-ciri, dampak baik dan buruk, serta cara menghadapinya di bawah ini!

Mengenal Situationship, Hubungan Mesra Tanpa Status

Apa itu Situationship?

Situationship adalah suatu hubungan romantis antara kedua pasangan tanpa komitmen apa pun dan tidak jelas. Hubungan ini mungkin didasarkan pada kenyamanan atau keadaan sementara.

Sebagian besar keadaan dalam hubungan ini melibatkan beberapa bentuk keintiman fisik, tetapi biasanya lebih dari sekadar pertemuan seksual biasa.

Tidak seperti berteman, hubungan tanpa status ini terjalin di mana kedua belah pihak setuju untuk menghindari perasaan yang berkembang, dan batas-batas situasi biasanya kurang jelas.

Salah satu atau kedua pasangan mungkin menunggu untuk memastikan apakah hubungan akan menjadi lebih serius seiring waktu.

Apa Ciri-ciri Situationship dalam Suatu Hubungan?

Apakah Anda merasa termasuk dalam kategori ini, kenalilah ciri-ciri di bawah ini untuk menilai dan memastikan hubungan yang sedang dijalani. Berikut ciri-ciri yang bisa Anda kenali, di antaranya:

1. Hubungan tidak jelas

Anda dan pasangan mungkin tidak membicarakan tentang kejelasan status, menetapkan harapan, dan batasan tertentu. Hal ini mungkin disebabkan karena seseorang merasa tidak nyaman untuk membicarakannya.

2. Tidak merencanakan masa depan

Pasangan yang menjalin suatu hubungan mungkin mau merencanakan masa depan dalam kapasitas tertentu. Misalnya, ingin menemui orang tua pasangan untuk melamar atau berencana jangka panjang untuk berkeluarga dan menetap bersama. Dalam hubungan tanpa status, biasanya tidak ada diskusi tentang hal-hal tersebut.

3. Tidak konsisten

Kurangnya konsisten adalah tanda utama bahwa Anda terjebak dalam dalam situationship. Mungkin sulit untuk mengetahui apa yang diinginkan dari pasangan, misalnya, Anda mungkin tidak tahu kapan akan bertemu lagi dengannya, berapa lama pesan akan dibalas, atau apakah ia akan berusaha untuk mendapatkan kepastian hubungan.

4. Hubungannya tidak mendalam

Meskipun Anda dan pasangan mungkin sudah bersama dalam waktu yang lama, atau bahkan mungkin intim satu sama lain, mungkin Anda belum menjalani hubungan emosional yang mendalam.

Percakapan mungkin terkesan ringan dan mungkin pasangan tidak pernah menanyakan pertanyaan yang bersifat pribadi kepada And

5. Hubungan berdasarkan kenyamanan

Anda dan pasangan tidak mengutamakan satu sama lain atau berusaha keras untuk bertemu satu sama lain. Sebaliknya, Anda mungkin cenderung membuat rencana mendadak berdasarkan kenyamanan.

6. Tidak banyak tindak lanjut

Jika terjebak dalam situationship, Anda dan pasangan mungkin berada dalam ‘mode hubungan’ secara langsung, tetapi ketika sedang terpisah, Anda mungkin beralih kembali ke ‘mode santai’ melalui telepon misalnya. Pasangan mungkin tidak mengambil banyak inisiatif atau menindaklanjuti rencana.

7. Hubungan tidak spesial

Selama menjalin hubungan tanpa status, Anda dan pasangan mungkin merasa hubungan selama ini tidak spesial. Hal ini didasari karena ketidakjelasan hubungan yang sedang dijalani.

8. Tidak saling mengenal keluarga atau teman pasangan

Jika serius dalam suatu hubungan, biasanya pasangan saling memperkenalkan keluarga atau teman-temannya. Namun, hubungan tanpa status tidak demikian.

Baca Juga: 8 Tanda Anda Terjebak dalam Rebound Relationship

Sisi Baik dan Buruk dari Situationship

Jenis hubungan ini memiliki sisi baik maupun buruk bagi satu sama lain, di antaranya:

1. Sisi baik dari situationship

Seseorang yang menyukai hubungan jenis ini adalah yang menginginkan hubungan emosional dan keintiman bersama pasangan dengan cara yang terkotak-kotak. Penjelasannya, seseorang menjalin hubungan emosional secara pribadi, akan tetapi ketika terpisah mereka memiliki kebebasan.

Hubungan tanpa komitmen emosional ini memberikan cara yang menyenangkan dan bebas stres, asalkan kedua pasangan berada di ruang yang sama.

2. Sisi buruk dari situationship

Kelemahan utama dari hubungan ini adalah bahwa setiap pasangan mungkin punya harapan yang berbeda untuk hubungan tersebut.

Meskipun mungkin setuju pada dinamika ketika kedua pasangan berada dalam situationship, bukan tidak mungkin salah satu pasangan menginginkan lebih dari itu.

Dampak buruknya juga bisa menimbulkan stres, terutama jika satu pihak berharap lebih pada pasangan. Status hubungan yang tidak jelas mungkin juga membuat Anda merasa tidak nyaman ketika berada di lingkungan sosial.

Baca Juga: 10 Cara Membangun Kepercayaan dalam Hubungan yang Langgeng

Bagaimana Cara Menghadapi Situationship?

Situationship adalah hubungan yang tidak semuanya baik dan tidak semuanya buruk. Seperti jenis hubungan lainnya, hubungan tanpa status ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, ambil sikap untuk menghadapi situasi seperti itu.

Berikut ini cara menghadapi situationship:

1. Ketahui apa yang diinginkan

Jika saat ini Anda memiliki hubungan tanpa komitmen, cobalah meluangkan waktu untuk memikirkan baik dan buruknya. Pikirkan pula apa yang ingin Anda terima dan tidak ingin terima; termasuk nilai-nilai yang Anda yakini, kebutuhan, dan tujuan jangka panjang.

2. Ketahui apa yang tidak diinginkan

Pelajari lebih lanjut tentang apa yang Anda inginkan dari hubungan romantis tanpa status dengan mencari tahu apa yang tidak Anda inginkan.

Apabila Anda menginginkan lebih, yakinkan diri untuk mendapatkan komitmen. Berdasarkan pengalaman Anda sejauh ini, apakah si Dia akan menjadi pasangan yang saling menghormati dan mendukung.

4. Saling terbuka

Langkah penting untuk menghadapi hubungan ini adalah saling terbuka dengan tetap berkomunikasi, bahkan jika hubungan biasa-biasa saja. Apabila Anda tidak senang membiarkan hal-hal tidak jelas, jangan menganggap pasangan menyadari perasaan Anda.

5. Kenali hubungan yang sehat

Sebaiknya utamakan hubungan dengan orang-orang yang membuat Anda merasa lebih baik. Hubungan yang sehat tidak selalu harus monogami atau berkomitmen, tetapi harus dibangun atas dasar komunikasi yang terbuka, kepercayaan, saling menghargai, dan keintiman.

Nah, itulah penjelasan tentang situationship yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2021. What is a situationship—and are they toxic?. https://www.myimperfectlife.com/features/what-is-a-situationship. (Diakses pada 1 Juli 2022)
  2. Gupta, Sanjana. 2022. What Is a Situationship?. https://www.verywellmind.com/what-is-a-situationship-5216144. (Diakses pada 1 Juli 2022)
  3. Vandergriendt, Carly. 2020. Is It a Situationship and Does That Matter?. https://www.healthline.com/health/situationship. (Diakses pada 1 Juli 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi