Terbit: 14 Februari 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Cara membangun kepercayaan dalam hubungan mungkin sulit pada awalnya, tetapi jika dilatih secara perlahan mungkin bisa mengembalikan kepercayaan itu. Bagaimana caranya? Yuk, simak berbagai caranya dalam pembahasan di bawah ini!

10 Cara Membangun Kepercayaan dalam Hubungan yang Langgeng

Cara Membangun Kepercayaan dalam Hubungan

Hilangnya kepercayaan dalam suatu hubungan dapat menimbulkan banyak masalah dan  memengaruhi kesehatan mental. Untuk itu, penting untuk kembali membangun kepercayaan Anda dengan pasangan.

Berikut ini cara membangun kepercayaan dalam hubungan:

1. Memperbaiki kesalahan

Langkah terpenting untuk membangun kepercayaan dengan pasangan adalah bersikap jujur dan terbuka ketika melanggar harapan atau menyakiti satu sama lain.

Semua orang pasti pernah membuat kesalahan. Hal yang penting untuk Anda dan pasangan bisa belajar dan tumbuh lebih dekat satu sama lain setelah memperbaiki apa pun yang rusak akibat kesalahan.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memiliki si dia sepenuhnya dan menunjukkan bagaimana Anda akan melakukan yang lebih baik ke depannya.

2. Menjaga komunikasi dengan baik

Cara membangun kepercayaan dalam hubungan yang juga paling penting adalah melakukan komunikasi terbuka.

Menyimpan rahasia cenderung akan mengurangi kepercayaan, jadi ketika pasangan bisa bersikap transparan dan memberi ruang untuk mengeksplorasi topik yang mungkin memicu ketidakpercayaan, Anda bisa mulai merasa lebih nyaman.

Komunikasi yang terbuka memudahkan Anda untuk mendiskusikan kekhawatiran tentang hubungan tersebut. Ketika menjalin komunikasi yang terbuka, Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan.

3. Belajar memaafkan

Jika ingin memperbaiki hubungan setelah adanya pengkhianatan, belajar memaafkan adalah kuncinya. Tidak hanya perlu memaafkan pasangan, tetapi Anda juga mungkin perlu memaafkan diri sendiri.

Menyalahkan diri sendiri atas apa yang terjadi dapat membuat Anda terjebak dalam keraguan pada diri sendiri. Ini bisa merusak kemungkinan untuk pulih dari hubungan yang sempat goyah.

Tergantung pada pengkhianatan, mungkin sulit untuk memaafkan pasangan dan terus melangkah maju. Tetapi cobalah untuk mengingat bahwa memaafkan pasangan tidak berarti bahwa apa yang pasangan lakukan itu baik-baik saja.

Sebaliknya, menguatkan diri sendiri untuk menerima apa yang terjadi dan melupakan masa lalu. Anda juga dapat memberi pasangan kesempatan untuk belajar dan belajar dari kesalahan.

4. Menghargai hubungan

Kepercayaan biasanya muncul dari konsistensi. Siapapun cenderung memiliki kepercayaan paling besar pada orang-orang yang ada untuk Anda secara konsisten melalui saat-saat baik dan buruk.

Secara konsisten dapat menunjukkan kepada seseorang bahwa Anda ada untuk pasangan adalah cara yang efektif sebagai cara membangun kepercayaan dalam pasangan.

5. Menjunjung tinggi kejujuran

Kebohongan akan mengurangi kepercayaan yang sangat penting untuk hubungan yang sehat. Cara membangun kepercayaan dalam hubungan adalah dengan kejujuran yang menjadi kunci untuk memperkuat, membangun, dan membentuk hubungan.

Satu hubungan yang tidak jujur ??dapat menyebabkan runtuhnya hubungan untuk sesaat, tetapi melalui hubungan jujur ??yang berkelanjutan, seseorang dapat membangun kembali dan memperbaiki kepercayaan.

Kejujuran tidak hanya penting untuk orang terkasih, ini juga sesuatu yang perlu Anda latih dalam diri sendiri.

Baca Juga: 5 Jenis Bahasa Cinta, Apa Love Language Kamu dan Pasangan?

6. Pertimbangkan alasan dari kebohongan atau pengkhianatan

Ketika dibohongi, mungkin Anda tidak terlalu peduli dengan alasan di baliknya. Tetapi orang terkadang berbohong ketika tidak tahu harus berbuat apa lagi. Ini tidak membuat pilihan pasangan benar, tetapi dapat membantu mempertimbangkan bagaimana bereaksi di posisi pasangan.

Pasangan mungkin mengkhianati untuk melindungi dirinya sendiri, tetapi mungkin memiliki motif yang berbeda. Apakah si dia mencoba melindungi Anda dari berita buruk atau alasan lainnya. Atau mungkin pengkhianatan kepercayaan diakibatkan oleh miskomunikasi atau kesalahpahaman.

Apa pun yang terjadi, penting memperjelas bahwa apa yang pasangan lakukan tidak baik. Tetapi mengetahui alasan di balik tindakannya dapat membantu memutuskan apakah Anda dapat mulai membangun kembali kepercayaan yang pernah Anda bagikan.

7. Saling respek

Tanpa respek alias rasa hormat, suatu hubungan tidak akan memiliki dasar yang rapuh. Saling menghormati adalah suatu keharusan untuk setiap hubungan yang sehat.

Ketika menghormati orang lain, Anda melihat mereka sebagai pribadi yang utuh dan cenderung tidak menggunakan cara manipulasi untuk mendapatkan kebutuhan seseorang terpenuhi. Anda tidak bisa mempercayai seseorang yang tidak kita hormati.

Rasa hormat adalah jalan dua arah, yaitu Anda ingin merasa dihormati oleh pasangan, tetapi Anda juga harus menghormati mereka apa adanya. Untuk itu, pastikan Anda respek pada pasangan, begitu pun sebaliknya.

8. Jangan memikirkan masa lalu

Setelah sepenuhnya mempersoalkan pengkhianatan, biasanya cara membangun kepercayaan dengan pasangan yang terbaik adalah melupakannya. Itu berarti Anda tidak ingin mengungkitnya di masa mendatang.

Awalnya mungkin tidak mudah, Anda mungkin mengalami kesulitan melupakan pengkhianatan dan merasa sulit untuk mulai mempercayai pasangan, terutama jika khawatir tentang pengkhianatan lain di masa mendatang.

Tetapi ketika memutuskan untuk memberikan hubungan kesempatan kedua, Anda juga memutuskan untuk kembali mempercayai pasangan. Mungkin Anda tidak bisa langsung mempercayai si dia sepenuhnya, tetapi menyiratkan bahwa Anda akan memberi kepercayaan kesempatan untuk tumbuh kembali.

Baca Juga: 6 Ciri-Ciri Insecure dalam Hubungan dan Cara Mengatasinya

9. Saling memberi dan menerima

Penelitian tentang persahabatan menunjukkan bahwa betapa pentingnya timbal balik untuk hubungan yang solid. Namun, itu tidak selalu berarti bahwa setiap orang memberi persis sebanyak yang orang terima, melainkan bahwa kedua pasangan merasa nyaman dengan levelnya, dan merasa relatif setara.

Tentu saja, dalam hubungan secara emosional yang benar-benar dekat, diharapkan dan dipahami bahwa keseimbangan ini dapat berubah sesekali.

Hampir semua orang mengerti bahwa mereka tidak seharusnya selalu menerima lebih dari yang mereka berikan, tetapi apa yang terjadi jika Anda tidak membiarkan pasangan Anda memberi?

jika Anda bersedia memberi sedikit lebih banyak, dan pasangan juga demikian, maka Anda membuatnya nyaman dan penuh perhatian bagi Anda berdua dan perlindungan.

10. Membuat batasan yang jelas dalam hubungan

Hubungan yang langgeng harus memiliki batasan yang jelas agar terhindar dari masalah. Kedua pasangan harus mengetahui batasan yang tidak boleh atau boleh dilewati

Kuncinya adalah saling percaya dan tidak curiga satu sama lain yang membuat Anda dan pasangan tidak melewati batasan. Misalnya tidak selalu menelepon setiap saat tentang apa yang sedang dilakukan pasangan ketika pergi keluar atau bahkan membuntuti. Hal ini mungkin bisa saja membuat pasangan merasa terganggu.  

Itulah cara membangun kepercayaan dengan pasangan yang bisa Anda praktikkan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. 10 Ways To Build Trust in a Relationship. https://positivepsychology.com/build-trust/ (Diakses pada 14 Februari 2022)
  2. Bonior, Andrea. 2018. 7 Ways to Build Trust in a Relationship. https://www.psychologytoday.com/us/blog/friendship-20/201812/7-ways-build-trust-in-relationship (Diakses pada 14 Februari 2022)
  3. Gupta, Sanjana. 2021. How to Build Trust in a Relationship. https://www.verywellmind.com/how-to-build-trust-in-a-relationship-5207611 (Diakses pada 14 Februari 2022)
  4. Courtney, Nadine J. 2021. 6 Ways to Build Trust in a Relationship. https://www.thehealthy.com/family/relationships/how-to-build-trust-in-a-relationship/ (Diakses pada 14 Februari 2022)
  5. Raypole, Crystal. 2019. How to Rebuild Trust After a Betrayal. https://www.healthline.com/health/how-to-rebuild-trust (Diakses pada 14 Februari 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi