Terbit: 14 Februari 2022
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Pesatnya perkembangan teknologi ternyata bisa memberi makna baru pada istilah selingkuh dan membuatnya memiliki arti yang lebih luas. Hal ini membuat pengertian selingkuh tidak hanya sebatas melakukan hubungan seksual selain dengan pasangan, tetapi juga sikap tidak berterus terang terhadap hal-hal lainnya. Apa saja jenis selingkuh non fisik tersebut? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

7 Jenis Selingkuh Non Fisik yang Sering Kali Tidak Disadari

Jenis Selingkuh Non Fisik yang Sering Tidak Disadari

Jika terdapat pertanyaan mengenai ‘apa yang dianggap sebagai selingkuh?’ setiap orang pasti memiliki jawaban yang berbeda-beda. Perbedaan definisi ini adalah sesuatu yang wajar karena setiap orang pada dasarnya dibesarkan dengan norma yang berbeda-beda.

Meski selingkuh dalam suatu hubungan tidak memiliki definisi tunggal, namun banyak orang setuju bahwa selingkuh terjadi saat seseorang yang sudah berkomitmen melakukan hubungan seksual dengan orang lain selain pasangannya.

Di luar definisi umum seperti di atas, ada jenis perselingkuhan lain yang jarang disadari. Selingkuh semacam ini mungkin dikenal sebagai emotional cheating atau selingkuh perasaan.

Berikut adalah berbagai jenis selingkuh non fisik yang penting untuk Anda tahu, di antaranya:

1. Membentuk Ikatan Emosional yang Dalam Dengan Orang Lain

Tindakan yang banyak orang menganggapnya sebagai selingkuh adalah memiliki hubungan emosional dengan orang lain. Hubungan emosional seperti persahabatan dalam pertemanan adalah sesuatu yang wajar, namun menjalin emosi berlebih di luar pasangan Anda adalah sesuatu yang tidak pantas.

Menjalin persahabatan adalah sesuatu normal, sehat, dan penting, tetapi jika hubungan tersebut mulai berlebihan, ketahuilah bahwa pasangan Anda mungkin menganggapnya selingkuh dan Anda sendiri mungkin kesulitan untuk mengatasinya.

2. Mengirim Foto Tanpa Busana

Berkirim foto tubuh tanpa busana kepada orang lain selain pasangan adalah tindakan selingkuh. Meski tindakan ini bukanlah tindakan fisik, hal ini bisa memicu seseorang untuk melakukan hubungan seksual.

Baca Juga: 10 Ciri Pasangan Posesif dan Cara Menghilangkan Sifatnya

3. Mengirim Pesan Erotis Kepada Seseorang

Seperti halnya mengirim foto telanjang ke orang lain selain pasangan, berkirim pesan erotis atau sexting dengan orang yang bukan pasangan, juga termasuk dalam tindakan yang tidak pantas dan beberapa orang menganggap ini sebagai selingkuh non fisik.

4. Tetap Aktif Menggunakan Aplikasi Kencan Online

Menggunakan aplikasi kencan saat Anda jomlo adalah sesuatu yang wajar. Namun jika Anda sudah menjalin komitmen dengan seseorang, memiliki aplikasi tersebut di ponsel sepertinya bukanlah tindakan yang tepat.

Membiarkan profil kencan online Anda aktif menurut beberapa orang adalah tindakan selingkuh atau meningkatkan peluang untuk selingkuh.

5. Sering Menghabiskan Waktu dengan Mantan

Menurut survei yang dilakukan pada mereka yang sudah memiliki pasangan, saat pasangannya kembali menjalin komunikasi dengan mantannya, tindakan tersebut dapat dikatakan sebagai selingkuh.

Menjalin pertemanan dengan mantan sebenarnya adalah sesuatu yang wajar, akan tetapi tindakan tersebut bisa menyebabkan seseorang bertindak dari lebih dari yang seharusnya—meskipun sulit untuk mengetahui kapan persahabatan berakhir dan keanehan dimulai.

Baca Juga: Waspadai 10 Ciri-Ciri Suami Selingkuh Menurut Psikologi

6. Sering Menggoda Lawan Jenis

Beberapa orang mengatakan bahwa tindakan menggoda bukanlah masalah besar asalkan tidak berlanjut lebih jauh. Akan tetapi, beberapa orang lainnya mengatakan bahwa tindakan tersebut adalah masalah dalam hubungan dan hal itu adalah sesuatu yang tidak pantas.

7. Memikirkan Orang Lain saat Berhubungan Seks dengan Pasangan

Cobalah tanyakan ke diri sendiri; seberapa alamikah fantasi seks Anda dengan orang lain? Beberapa orang berpikir bahwa itu adalah selingkuh langsung. Jika Anda mengalaminya, langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah mendiskusikan hal ini dengan pasangan.

Perlu Anda ketahui, selingkuh emosional melibatkan rahasia hingga impian seseorang. Jadi, komunikasi dengan pasangan diperlukan untuk mengklarifikasi mengenai batasan selingkuh. Hal ini diperlukan untuk menciptakan hubungan yang lebih baik dengan pasangan kedepannya.

Nah, itulah berbagai jenis selingkuh non fisik yang penting untuk Anda tahu. Meski tindakan selingkuh memiliki pengertian yang berbeda-beda, namun Anda tidak boleh meremehkan berbagai tindakan seperti yang dijelaskan di atas.

 

  1. Emery, Lea Rose. 2018. 7 Non-Physical Behaviors That Count As Cheating, According To Cheaters. https://www.bustle.com/p/7-non-physical-behaviors-that-count-as-cheating-according-to-ashley-madison-members-10931738. (Diakses pada 14 Februari 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi