Terbit: 27 November 2021 | Diperbarui: 30 November 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Disadari atau tidak, kaum pria juga bisa merasa malu ketika mereka berhadapan dengan wanita, apalagi wanita yang mereka sukai. Terkadang rasa malu tersebut sangat besar sehingga membuat mereka mengurungkan niat untuk mendekati wanita tersebut. Simak bagaimana cara mengatasi rasa malu di depan wanita berikut ini!

10 Cara Mengatasi Rasa Malu Terhadap Wanita

Berbagai Cara Mengatasi Rasa Malu Terhadap Wanita

Jika Anda sering merasa kesulitan saat harus berbicara atau berhadapan dengan wanita, beberapa tips dan cara mengatasi rasa malu yang berlebihan berikut ini mungkin berguna buat Anda:

1. Ubah pemikiran

Pemikiran Anda sangat penting dalam menyikapi rasa malu terhadap wanita. Karena rasa malu tersebut mungkin muncul dari kekhawatiran pria itu sendiri. Misalnya, ketakutan seperti “Bagaimana jika saya ditolak?”

Ada baiknya Anda bersikap acuh terhadap penolakan wanita, terlebih jika Anda baru mengenalnya selama beberapa hari saja. Jika satu orang menolak Anda, Anda bisa berkenalan dengan wanita lain yang mungkin menyukai Anda.

Dalam sebuah hubungan, mengalami penolakan pahit adalah sesuatu yang lumrah terjadi.

2. Jangan merasa tertekan

Rasa malu yang muncul ketika Anda berinteraksi atau berhadapan dengan wanita bisa jadi muncul karena Anda merasa tertekan dengan ekspektasi Anda sendiri.

Misalnya, Anda terlalu ingin terlihat seperti pria yang maskulin, kaya, tampan, dan percaya diri, sehingga Anda justru akan melakukan banyak kesalahan nantinya.

Jangan membebani diri Anda, biarkan percakapan mengalir secara alami tanpa ada sesuatu yang dibuat-buat.

Baca Juga: Venustraphobia (Takut Wanita Cantik): Penyebab, Diagnosis, Perawatan

3. Ingatkan diri bahwa Anda luar biasa

Apa yang membuat Anda malu? Ingatkan diri Anda bahwa Anda adalah pribadi yang keren, humoris, dan luar biasa. Percayalah bahwa Anda bisa jadi pacar atau pasangan yang baik suatu saat nanti bagi wanita yang tepat.

Jika Anda memiliki masalah dengan kepercayaan diri, tuliskan 5 kelebihan dan hal-hal positif yang Anda pada diri Anda setiap hari.

Cara mengatasi rasa malu terhadap wanita dengan mengamalkan afirmasi diri Anda setiap hari. Ucapkan dan yakini hal-hal positif tentang diri Anda sendiri, agar Anda bisa semakin menghargai dan percaya diri.

4. Jangan ragu mengambil kesempatan

Jika ada kesempatan di depan mata, jangan biarkan berlalu begitu saja. Namun bukan berarti Anda menghampiri setiap wanita lalu mengajaknya berkencan begitu saja.

Anda bisa memulai dari aplikasi kencan, mencoba mengobrol dengan beberapa wanita dan lihat bagaimana perkembangannya.

Lakukan hal ini dengan tujuan untuk melatih komunikasi Anda dengan lawan jenis. Jika Anda menemukan seseorang yang nyaman, ajak dia untuk bertemu dan menjalin hubungan lebih dalam.

5. Utarakan rasa malu

Jangan takut untuk mengatakan bahwa Anda merasa malu, khususnya sebelum Anda berkencan. Anda tidak harus berpura-pura menjadi pria yang penuh percaya diri.

Lawan jenis pasti akan mengerti dan memahami kegugupan yang Anda rasakan saat pertama kali bertemu. Para wanita justru menganggap rasa malu para pria adalah bentuk pujian untuk mereka. Bukannya menolak, mereka akan jadi lebih hangat pada Anda.

6. Wanita juga bisa malu, lho!

Hanya karena Anda sibuk memperhatikan rasa malu Anda, jangan sampai lupa bahwa wanita juga bisa merasa malu, lho! Oleh karena itu, mengungkapkan dengan jujur bahwa Anda malu akan membantu mencairkan suasana, karena mereka akan mengakuinya juga.

Ketika Anda saling menyadari bahwa satu sama lain merasa malu, Anda akan bisa lebih rileks sepanjang pertemuan. Jika si wanita tidak merasa malu, mereka akan menghargai perasaan Anda dan akan berusaha membuat Anda merasa nyaman.

Baca Juga: Philophobia (Takut Jatuh Cinta): Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi

7. Tarik napas dalam-dalam

Apabila rasa malu Anda sangat parah hingga membuat Anda gugup, berhentilah sejenak dan tarik napas dalam-dalam. Tahan napas selama 4 detik, lalu hembuskan selama 4 detik juga. Ulangi beberapa kali sebelum Anda pergi kencan.

Saat berhadapan dengan wanita dan Anda masih merasa malu, ulangi teknik menarik napas dalam-dalam tadi. Tubuh Anda secara otomatis akan merasa lebih rileks dan Anda akan merasa lebih tenang.

Meskipun demikian, jangan terlalu melakukan hal ini di depan wanita yang Anda ajak kencan. Bisa-bisa mereka akan berpikir bahwa Anda sesak napas dan justru membuat mereka merasa tidak nyaman.

8. Perhatikan penampilan

Di kencan pertama, sudah sewajarnya untuk tampil semaksimal mungkin. Anda tidak harus sempurna, namun setidaknya tampillah dengan pakaian yang rapi agar lawan jenis suka melihat Anda.

Pastikan celana dan kemeja Anda tidak kusut, gosok gigi Anda, sisir rambut, dan cobalah untuk berjalan dengan bahu yang tegak.

Jangan terus-menerus menunduk. Berjalan dengan bahu dan kepala yang tegak akan membuat Anda terlihat lebih percaya diri dan membuat si wanita merasa nyaman dan aman bersama Anda.

Baca Juga: Limerence (Obsesi Cinta Berlebihan): Gejala, Penyebab, Dampak Buruk, dll

9. Kenali tanda-tanda yang ada

Rasa malu bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah kekhawatiran bahwa si wanita mungkin tidak nyaman bersama Anda. Padahal, jika ia masih mau duduk semeja bersama Anda, mencoba mengajak bicara, atau menanggapi perkataan Anda, maka itu adalah tanda-tanda yang baik.

Anggaplah mereka setuju berada di dekat Anda, yang artinya Anda melakukan yang benar.  Lawan semua pikiran negatif dengan melihat tanda-tanda positif yang ada di sekitar Anda.

10. Banyak berlatih

Dengan berlatih, bukan berarti Anda bisa mempermainkan banyak wanita. Yang dimaksud berlatih di sini adalah menjalin komunikasi dan banyak mengobrol dengan wanita atau belajar komunikasi dengan siapapun.

Ini adalah cara terbaik untuk menjadi lebih percaya diri dan tidak malu saat Anda berhadapan dengan wanita yang Anda sukai nantinya. Latih cara perkenalan, cari topik yang seru, atur intonasi, serta gunakan pilihan kata yang baik dan sopan.

Setiap orang pasti punya sisi malu dalam dirinya. Tetapi sifat tersebut tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Untuk bisa merasa lebih percaya diri, Anda harus sering-sering berbicara dengan wanita. Bisa dimulai dari orang terdekat seperti ibu, saudara perempuan, atau teman lama.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi rasa malu terhadap wanita. Latihan komunikasi, jaga penampilan, benahi kualitas diri, dan beranikan diri untuk mengobrol dengan wanita yang Anda sukai.

 

  1. Dash of Wellness. 2019. How to Overcome Shyness with Females. https://dashofwellness.com/overcome-shyness/. (Diakses pada 23-11-2021).
  2. Engle, Gigi,. 2018. Here’s How to Overcome Shyness, According to Experts. https://www.menshealth.com/sex-women/a25670442/how-to-overcome-shyness/.(Diakses pada 23-11-2021).
  3. Ingham, Kyle. 2015. How to Overcome Shyness Around Women: 14 Experts Share Their Tips. https://www.thedistilledman.com/overcome-shyness-around-women/. (Diakses pada 23-11-2021).
  4. M, Brian. 2020. Overcoming Shyness with Women. https://theartofcharm.com/art-of-personal-development/confidence/overcoming-shyness-women/. (Diakses pada 23-11-2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi