Terbit: 31 Januari 2022 | Diperbarui: 4 Februari 2022
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Mengasah kreativitas anak adalah sesuatu yang penting untuk membantunya berkembang lebih optimal. Meski sering dianggap sepele, kreativitas adalah komponen penting dari kesehatan dan kebahagiaan seorang anak. Lantas, bagaimana cara mengembangkan kreativitas anak? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini

7 Cara Mengembangkan Kreativitas Anak, Orang Tau Wajib Tahu

Cara Mengasah Kreativitas Anak yang Baik dan Benar

Sebelum menjelaskan mengenai cara meningkatkan kreativitas anak, hal penting yang harus diketahui orang tua adalah kreativitas tidak terbatas pada ekspresi seni dan musik, tetapi juga penting untuk sains, matematika, hingga kecerdasan sosial dan emosional

Pada umumnya, orang-orang kreatif lebih fleksibel dan pemecah masalah yang lebih baik, yang membuatnya menjadi pribadi yang lebih mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi, menghadapi perubahan, dan memanfaatkan peluang baru.

Berikut adalah cara mengembangkan kreativitas anak yang bisa Anda coba, di antaranya:

1. Mengajarkannya untuk Berani Mengajukan Pertanyaan

Cobalah untuk mengajari anak untuk mengajukan pertanyaan ‘bagaimana jika’. Memancing anak untuk mengajukan jenis pertanyaan ini dapat membantu kreativitasnya.

Misalnya, jika Anda dapat membuat anak bertanya tentang dunia dan cara kerjanya, seorang anak akan cenderung menemukan jawaban uniknya sendiri.

2. Saat Terjadi Kesalahan, Cobalah untuk Menemukan Sisi Positifnya

Seorang anak mungkin merasa putus asa saat ia gagal pertama kali mencoba sesuatu. Namun, kesalahan sering kali mengajari lebih dari sekadar kesuksesan, karena hal itu dapat mendorong anak untuk mencoba solusi baru yang kreatif

Jika anak Anda berjuang dengan konsep belajar, cobalah untuk membantu anak melihatnya dari sudut pandang yang berbeda. Misalnya, jika anak Anda sedang belajar kata kosa kata baru, Anda dapat mencoba mengejanya sesuai dengan nada lagu favoritnya.

Baca Juga: Jangan Khawatir, Ini Manfaat Main Air untuk Anak

3. Pelajari dan Dorong Minat Anak

Saat anak bersemangat tentang suatu subjek, ia cenderung menaruh hati ke dalamnya. Kenali impian kreatifnya dan bantu ia untuk mengejarnya. Apabila anak ingin belajar menggambar, maka luangkan waktu menggambar bersamanya dan apresiasi setiap kemajuan yang dilakukannya.

Beri anak waktu setiap hari untuk secara mandiri mengeksplorasi ide dan minatnya. Selain itu, beri anak kebebasan dan otonomi untuk mengeksplorasi ide-ide serta melakukan apa yang ia inginkan.

4. Ajukan Pertanyaan Terbuka pada Anak

Mengajukan pertanyaan pada anak dapat meningkatkan kreativitas yang sama seperti ketika pertanyaan tersebut berasal darinya.

Mengajukan pertanyaan terbuka—pertanyaan yang membutuhkan jawaban lebih dari ‘ya’ atau ‘tidak’—dapat membantu anak belajar membentuk idenya sendiri dan mengembangkan pemikiran kreatif.

5. Menghabiskan Waktu di Luar Ruangan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aktivitas di alam terbuka tidak hanya baik untuk kesehatan mental, tetapi juga meningkatkan kreativitas.

Menghabiskan waktu di luar ruangan dapat meningkatkan rasa ingin tahu, mendorong pemikiran yang fleksibel, dan membantu memulihkan tenaga

6. Mengajarinya untuk Mencoba Hal Baru

Jika anak sedang mengerjakan proyek kreatif, dorong ia untuk mencoba sesuatu yang baru, bahkan jika ia tidak yakin hal tersebut akan berhasil. Misalnya, mencoba menggambar sesuatu yang lebih rumit dari biasanya atau mempelajari lagu baru.

Mengajari anak untuk mencoba hal-hal baru dapat membantunya lebih fokus pada proses kreatif daripada hasilnya. Dengan begitu, jika sebuah tugas tidak berjalan seperti yang diharapkan, ia akan belajar untuk mencoba sesuatu yang berbeda dan berpikir dari sudut pandang baru.

Cobalah untuk berhenti peduli dengan apa yang dicapai anak, tekankan bahwa proses adalah sesuatu yang penting daripada hasil.

Baca Juga: Pendidikan Karakter Anak: Manfaat, Cara Meningkatkan, dll

7. Membaca Bersama

Aktivitas membaca dapat meningkatkan imajinasi dan meningkatkan keterampilan anak untuk memecahkan masalah. Oleh karena itu, cobalah untuk membaca buku bergambar bersama setiap hari.

Mintalah anak Anda untuk menebak halaman berikutnya sebelum membacanya bersama. Cara ini dapat membantu anak berlatih memecahkan masalah serta membantu memahami isi bacaan. Dorong anak agar aktivitas membaca adalah sesuatu yang menyenangkan.

Selain itu, batasi waktu bermain gadget untuk memberi ruang bagi aktivitas kreatif lainnya seperti menggambar atau berlatih drama.

Nah, itulah berbagai cara mengembangkan kreativitas anak yang bisa Anda coba.

 

  1. Anonim. 8 Ways to Teach Kids Creative Thinking. 2020. https://www.waterford.org/resources/creative-activities-for-kids/. (Diakses pada 31 Januari 2022).
  2. Carter, Christine. 2008. 7 Ways to Foster Creativity in Your Kids. https://greatergood.berkeley.edu/article/item/7_ways_to_foster_creativity_in_your_kids. (Diakses pada 31 Januari 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi