Terbit: 21 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Anak-anak suka main air atau bahkan main hujan-hujanan namun orang tua sering melarangnya karena anak bisa sakit. Bunda jangan khawatir, ada beberapa manfaat bermain air bagi anak usia dini bila diawasi dengan benar!

Jangan Khawatir, Ini Manfaat Main Air untuk Anak

Manfaat Main Air untuk Anak bagi Tumbuh Kembangnya

Seperti namanya, bermain air artinya permainan yang melibatkan air sebagai sarana—baik sebagai permainan utama maupun pelengkap. Orang tua dapat mengatur permainan untuk tujuan tertentu atau membebaskan anak bereksplorasi sambil bersenang-senang.

Bermain air memiliki banyak manfaat bagi anak dalam berbagai usia, dari bayi hingga menjelang remaja. Manfaat-manfaat ini juga akan menjadi pondasi untuk perkembangan kognisi, hubungan sosial, dan kemampuannya dalam memecahkan masalah.

Berikut ini manfaat main air untuk anak:

1. Melatih Koordinasi Mata dan Tangan

Koordinasi mata dan tangan dapat dilatih saat anak menuang air ke dalam wadah, mencari benda yang mengapung di air, menyendok air, dll. Kemampuan ini sangat diperlukan saat nanti anak belajar menulis.

Koordinasi mata dan tangan yang baik juga dapat membantu anak lebih terkendali saat melakukan sesuatu. Anak akan belajar agar penglihatan lebih awas serta akurat dalam bergerak. Serta membantu anak menjadi lebih cakap dalam melakukan tugas-tugas keseharian mereka.

2. Melatih Motorik Kasar dan Halus

Motorik kasar dapat dilatih saat anak berjalan dan berlari di air, bermain bola di dalam kolam, mencipratkan atau menyemprotkan air, dll. Sedangkan latihan motorik halus didapat saat anak menuang, mencampur, mengisi, meremas, menyentuh mainan perlahan dalam air, dll.

Kemampuan motorik kasar dan halus yang baik adalah pondasi bagi perkembangan emosi dan kognitif anak. Termasuk keseimbangan badannya, mengurangi risiko mengalami anxiety dan fobia, serta mendukung kepercayaan diri anak.

3. Mengenalkan Matematika dan Sains Sejak Dini

Aktivitas mengisi, mengukur, mengosongkan wadah, dan membandingkan dapat dilakukan saat bermain air. Semua ini adalah konsep matematika dasar yang penting dan dapat dipelajari dengan cara menyenangkan.

Anak juga bisa mengenal konsep dasar kabataku (kali, bagi, tambah, dan kurang) sehingga akan mudah baginya mempelajari matematika di sekolah nanti.

Sains lebih mudah dipelajari anak melalui praktik langsung. Ketika anak melihat benda tenggelam, mengapung, dan melayang. Melihat sifat air yang mengalir, menekan ke semua arah, mengisi celah, dan sebagainya adalah konsep sains yang dapat dipelajarinya dengan mudah.

Baca Juga: Mainan Edukasi Anak 1-5 Tahun yang Penting Diketahui Orang Tua

4. Melatih Konsentrasi

Saat anak menuang air ke wadah yang kecil, dia akan belajar berkonsentrasi. Begitu juga saat berusaha mengambil sebuah benda dari air, berjalan pelan tanpa terjatuh di dalam kolam, dll.

Kemampuan dan fokus yang baik akan sangat bermanfaat saat anak mulai masuk usia sekolah nanti. Belajar formal akan memerlukan konsentrasi dan fokus.

5. Sarana Belajar Kosakata Baru

Anak kemungkinan akan belajar banyak kosa kata baru saat bermain air dengan teman, guru, dan orang tua. Kata-kata seperti tenggelam, melayang, mengapung, atau benda-benda baru yang dimainkannya saat bermain air. Perkembangan kosakata sangat penting dalam mendukung kemampuan berkomunikasi.

6. Membangun Kemampuan Sosial

Bermain air bersama orang lain, baik teman sebaya maupun yang lebih tua akan melatih kemampuan sosial anak. Kemampuan bekerja sama, saling membantu, saling berbagi, dan sebagainya.

Anak yang memiliki kemampuan sosial yang baik akan sangat terbantu dalam interaksi interpersonalnya saat dewasa kelak.

7. Membantu Anak Melepaskan Stres

Sifat air yang sejuk, lembut, dan menyegarkan akan membantu anak merasa rileks, tenang, dan bahagia. Ketika anak merasa bad mood, sedih, kesal atau marah, cobalah bermain air dengannya agar perasaannya membaik.

Baca Juga: Tips Memilih Permainan Anak Sesuai dengan Usianya

8. Eksplorasi Sensori yang Menyenangkan

Terutama untuk anak-anak usia pra sekolah, eksplorasi mereka terhadap dunia baru sangat berhubungan dengan sensori mereka. Melalui panca indera, anak dapat mempelajari, memahami, dan beradaptasi dengan lingkungan dan hal-hal yang tadinya asing baginya.

Bermain air adalah eksplorasi sensori yang menyenangkan bagi anak. Mencampur air dan warna, air dan zat cair lain berbagai jenis, membuat lumpur, dan sebagainya akan membuat anak senang sambil belajar.

9. Melatih Kemampuan Penyelesaian Masalah

Berbagai permainan yang disusun secara khusus dapat membantu anak berlatih menyelesaikan masalah. Kemampuan ini akan sangat diperlukan di masa depannya nanti.

Buatlah permainan menggunakan air seperti permainan menara air yang bocor, mengisi botol besar dengan air dari botol-botol kecil, dll.

10. Melatih Kreativitas

Kreativitas anak akan sangat berkembang ketika mereka bermain. Menciptakan sesuatu, memecahkan masalah dengan cara baru, menggunakan alat yang tidak biasa untuk melakukan suatu pekerjaan, dll. Semuanya adalah pertunjukan kreativitas anak

Ketika bermain air, anak akan mendapat banyak tantangan yang harus dipecahkan. Berbagai alat yang biasa digunakan saat bermain air pun dapat dipakainya untuk melakukan banyak hal sesuai kreativitasnya.

Baca Juga: 15 Manfaat Bermain bagi Anak Usia Dini (No. 8 Sangat Penting)

Ternyata ada banyak sekali manfaat main air untuk anak. Bahkan orang tua juga dapat terlibat langsung dan merasakan kesenangan yang sama.

Namun jangan lupa untuk selalu mengawasi anak ketika bermain air. Pastikan:

  • Lokasi bermain air aman bagi anak. Jika di kolam renang, pilih  yang kedalamannya sesuai dengan tinggi anak. Hati-hati juga dengan risiko terpeleset.
  • Pastikan anak sudah makan sebelum bermain air agar perutnya tidak kembung.
  • Tidak ada salahnya membatasi waktu anak bermain air, terutama bagi balita. Tetapkan dan sepakati bersama sebelum mulai bermain air.
  • Jangan lupa membawa minyak kayu putih, handuk kering, dan minuman hangat. Ketika anak terlihat kedinginan, ketiga benda tersebut akan sangat dibutuhkan.

Itulah manfaat bermain air untuk anak. Bunda, ayah, dan anak-anak bisa main bersama untuk menambah keakraban keluarga. Semoga bermanfaat dan selamat bersenang-senang.

 

  1. Busy Bees. 2020. The Benefits of Water Play for Childhood Development. https://www.busybees.edu.au/the-benefits-of-water-play-for-childhood-development-2/. (Diakses pada 12 Desember 2021).
  2. Kids Craft Room. 2020. The Benefits of Water Play. https://kidscraftroom.com/benefits-water-play/. (Diakses pada 12 Desember 2021).
  3. Mcilroy, Tanja. 2020. 9 Surprising Benefits of Water Play and 16 Fun Ideas To Try at Home. https://empoweredparents.co/benefits-of-water-play/. (Diakses pada 12 Desember 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi