Terbit: 19 April 2022 | Diperbarui: 28 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Saat seseorang sedang sedih, salah satu cara yang umum dilakukan adalah melakukan hal-hal bahagia atau menghindari sesuatu yang membuat kesedihan semakin bertambah. Beberapa orang mungkin menyarankan untuk mendengarkan lagu-lagu penambah semangat. Namun, tahukah Anda bahwa mendengarkan lagu sedih juga bisa memberikan manfaat? Simak penjelasan di bawah ini. 

7 Manfaat Mendengarkan Lagu Sedih untuk Kesehatan Mental

Manfaat Mendengarkan Lagu Sedih

Pada umumnya, banyak orang menghindari untuk mendengarkan lagu sedih saat sedang murung atau tidak bersemangat.

Hal itu disebabkan karena rasa sedih lebih sering dianggap sebagai emosi negatif. Padahal, Anda bisa menemukan kebahagiaan dari lagu-lagu berirama sedih. Hal ini dikenal sebagai paradoks kesedihan. Salah satu cara menemukan paradoks tersebut adalah dengan mendengarkan lagu sedih.

Berikut adalah berbagai manfaat mendengarkan lagu-lagu sedih bagi kesehatan mental, di antaranya:

1. Meningkatkan empati

Empati adalah saat Anda merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Rasa empati ini memainkan peran penting dalam bergaul dan menjalankan peran di tengah masyarakat.

Saat mendengarkan lagu sedih, perasaan Anda akan ikut memahami lirik serta membayangkan situasi yang digambarkan oleh sebuah lirik lagu.

Seseorang yang senang menikmati lagu sedih lebih terasah empatinya. Pada akhirnya, hal tersebut menjadikannya pribadi yang suka membantu, suportif, serta menjadi pendengar yang baik.

2. Meningkatkan hormon prolaktin

Hormon prolaktin berhubungan dengan kesedihan, rasa ingin menangis, serta mengatasi duka cita. Lagu sedih menstimulasi otak untuk melepaskan prolaktin. Itu sebabnya sebagian orang menangis saat mendengar lagu sedih (atau menonton film yang menyedihkan). 

Setelah selesai menangis, perasaan akan lebih baik dan tenang. Hormon ini juga menciptakan perasaan tenang saat berhadapan dengan suatu kejadian yang traumatis.

Baca Juga: Sound Healing, Terapi Musik yang Mengobati Masalah Fisik dan Mental

3. Memperhalus perasaan

Mendengarkan lagu sedih membuat seseorang merenung dan memikirkan liriknya. Hal ini akan memperhalus perasaan dan memudahkan untuk meresapi emosi.

Pada kehidupan nyata, perasaan yang halus akan memudahkan seseorang untuk bereaksi terhadap kejadian yang dialaminya serta menjadikannya lebih menghargai kehidupan.

4. Kelegaan emosional

Lagu sedih akan menjadi katarsis, yaitu pelepasan emosi dan unek-unek yang tersimpan di dalam jiwa. Pelepasan ini sering terasa pahit dan menyakitkan, tetapi sebenarnya merupakan tindakan positif.

Dengan melepaskan emosi, seseorang akan mampu memperbaiki mood dan perilakunya. Salah satu katarsis adalah menangis, dan lagu sedih sangat bisa memancing orang untuk menangis.

Lagu sedih juga dapat membangun koneksi emosional yang baik, walaupun si pendengar tidak terlalu tersentuh akan liriknya. 

5. Meningkatkan kreativitas

Puncak dari menguatnya koneksi emosi, empati, serta mood yang membaik setelah mendengarkan lagu sedih adalah kreativitas. Hal ini dapat terjadi karena perasaan seseorang berhubungan dengan intuisi serta fantasi.

Itu sebabnya satu lagu sedih dapat menjadi inspirasi untuk cerita pendek, novel, bahkan film. Mendengarkan lagu juga menjadi cara meningkatkan kreativitas pelaku seni dan penulis.

Kemampuan lagu sedih memancing seseorang untuk berekspresi dan berkreasi juga dapat memperkaya jiwa seseorang. Itulah sebabnya terapi musik juga menjadi salah satu bentuk terapi psikologi bagi penyandang masalah mental.

Baca Juga: 10 Manfaat Bermain Alat Musik, Baik untuk Kondisi Fisik hingga Mental

6. Mempercepat berakhirnya kesedihan

Sebuah penelitian menemukan bahwa perasaan positif (bahagia, tenang, dll) berhubungan dengan kebiasaan mendengarkan musik sedih.

Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa emosi yang paling sering timbul dalam diri manusia adalah nostalgia. Sebuah perasaan yang pahit tetapi selalu diingat. Uniknya, nostalgia adalah emosi yang kompleks dan sebenarnya positif.

Mengingat kepahitan di masa lalu dapat mempercepat berakhirnya kesedihan serta meningkatkan rasa bersyukur akan hidupnya saat ini. Hal ini menjelaskan mengapa lagu sedih dapat membawa kebahagiaan bagi seseorang.

7. Mengatur mood

Lagu sedih membantu pendengarnya untuk move on dari situasi yang menekan. Misalnya putus cinta, kehilangan orang yang disayang, dan lain-lain.

Lagu yang bertema kesedihan juga mendorong pendengar untuk fokus pada keindahan musik dan liriknya. Lirik yang pas akan memudahkan seseorang menemukan ekspresi yang tepat tentang perasaannya. Pada akhirnya, hal ini akan membuatnya seseorang bangkit dari kesedihan dengan cepat.

Nah, itulah manfaat mendengarkan lagu sedih yang penting untuk Anda tahu. Cara ini mudah dilakukan karena tidak memerlukan banyak biaya serta tanpa efek samping. Jadi, saat Anda sedang tidak bersemangat atau murung, cobalah dengarkan musik dengan nada atau lirik dengan tema kesedihan. 

 

  1. Haigh, Chris. 2021. Science Says Listening To Sad Songs Can Make Us Happier. https://www.lifehack.org/330786/study-gives-the-answer-why-love-listening-sad-songs. (Diakses pada 13 April 2022).
  2. Heshmat, Shahram. 2019. 6 Reasons Why We Enjoy Listening to Sad Music. https://www.psychologytoday.com/us/blog/science-choice/201905/6-reasons-why-we-enjoy-listening-sad-music. (Diakses pada 13 April 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi