Terbit: 27 October 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Mengenali ciri-ciri orang yang temperamental adalah sesuatu yang penting karena seseorang yang memiliki sifat tersebut mudah marah karena hal-hal yang sepele. Apa ciri orang temperamen tinggi? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

11 Ciri-ciri Orang Temperamental, Adakah di Sekitar Anda?

Mengenali Ciri-ciri Orang Temperamen

Temperamental adalah gaya perilaku di mana seseorang tidak mampu mengendalikan emosinya. Pada umumnya, sifat ini adalah bawaan sejak lahir dan memiliki tanda yang khas. Berikut adalah ciri-ciri orang yang temperamental, di antaranya:

1. Mudah Marah

Marah adalah ekspresi yang wajar, tetapi menjadi masalah jika sering menunjukan amarah di hadapan orang lain dan terjadi setiap hari.

Jika Anda khawatir memiliki masalah ini, segera konsultasi dengan psikolog atau psikater untuk membantu mengatasinya.

2. Menyakiti Diri Sendiri

Saat menghadapi suatu masalah, orang yang temperamental bisa menyakiti diri sendiri; misalnya memukul atau membenturkan kepala dengan benda keras.

Selain secara fisik, orang yang memiliki sifat ini juga menyakiti diri sendiri secara mental, seperti merasa tidak pantas mendapatkan peluang, terlalu kritis pada diri sendiri, atau berselisih dengan orang yang ingin menolong.

Terlepas seberapa marahnya seseorang pada suatu masalah, menyakiti diri sendiri atau bahkan orang lain adalah perbuatan yang tidak dapat diterima. Jika kemarahan membuat Anda berpikir untuk hal-hal tersebut, mungkin Anda perlu mendapatkan bantuan dari profesional kesehatan mental.

3. Bersikap Defensif

Seorang yang temperamental selalu waspada dan berusaha melindungi dirinya sendiri dengan menunjukan sikap dan amarah.

Saat seseorang murka karena merasa dikecewakan, dikhianati, atau tidak mau disalahkan, ia merasa perlu melakukan perlawanan. Sikap ini mungkin dilakukan dengan memukul atau berteriak untuk menjadi yang paling keras dan paling agresif.

4. Dijauhi Orang di Sekitarnya

Salah satu ciri-ciri orang temperamental yang mudah dikenali adalah memiliki hubungan sosial yang buruk karena sifat tersebut membuat orang di sekitarnya menjauh.

Orang dengan sifat ini mungkin memiliki masa lalu  yang tidak sehat atau tidak saling mendukung; baik dengan teman atau bahkan keluarga.

5. Bermasalah di Tempat Kerja

Ketidakmampuan orang temperamental dalam mengendalikan emosi dapat menyebabkannya berkelakuan buruk dan tidak patuh dalam lingkungan kerja.

Bukan hanya itu saja, ciri-ciri orang temperamental cenderung lebih mudah tersulut emosi dalam menyikapi tugasnya di tempat kerja.

Baca Juga: Tips Mengendalikan Emosi agar Tidak Marah pada Anak

6. Gemar Merusak Barang

Jika seseorang yang sering merusak barang setiap kali marah atau bahkan karena masalah kecil, maka ini bisa dikatakan salah satu ciri orang yang temperamental karena tidak dapat mengontrol emosi dirinya sendiri.

Orang temperamental yang gemar merusak barang misalnya memecahkan gelas, menghancurkan barang milik orang lain, menendang barang di rumah, atau meninju dinding.

7. Memiliki Gangguan Kesehatan Mental atau Fisik

Sifat temperamental pada seseorang bisa muncul akibat memiliki masalah kesehatan secara fisik. Ketidakmampuan mengontrol emosi yang terus-menerus juga dapat berdampak buruk pada tubuh.

Orang yang temperamental rentan mengembangkan berbagai masalah kesehatan baik pada otak maupun pada tubuhnya. Ini termasuk peningkatan risiko serangan jantung, kecemasan, dan stroke, penyakit paru-paru, depresi, dan tekanan darah tinggi.

8. Ketidakmampuan Menyelesaikan Masalah

Saat seorang temperamental memiliki masalah, biasanya ia mengalami kesulitan untuk mengontrol emosi dan sulit menyesuaikan diri dengan orang-orang di sekitarnya.

Menyikapi masalah dengan amarah yang terus-menerus hanya akan membuat sistem saraf selalu stres daripada rileks. Akibatnya, sulit untuk menjalin hubungan secara sosial dan tidak mau mendengar saran orang lain.

9. Penyalahgunaan Obat

Orang yang temperamental biasanya mudah marah dan sulit untuk mengendalikan emosinya. Orang dengan  kondisi ini memiliki kemungkinan untuk menyalahgunakan zat atau obat-obatan tertentu agar merasa lebih tenang meski hanya sebentar.

Namun, sayangnya obat-obatan tersebut bisa memberikan efek sebaliknya dalam beberapa kasus. Hal ini karena sering menggunakan obat-obatan dapat memengaruhi fungsi otak.

Baca Juga: 7 Dampak Buruk Anak Sering Dimarahi (Orang Tua Wajib Tahu)

10. Sarkasme

Jika seseorang sering melontarkan sindiran dengan kalimat sarkasme, ini bisa menandakan bahwa orang tersebut memiliki sifat temperamental. Sarkasme adalah gaya bahasa yang mengandung sindiran dengan kata-kata kasar dan tajam.

Orang yang terbiasa dengan sarkasme sering kali didasarkan pada kebencian dan memiliki masalah yang belum terselesaikan.

11. Mudah Berkelahi

Ketika seseorang memendam amarah yang belum terselesaikan dari luka atau trauma masa lalunya, kemungkinan besar ia akan melampiaskannya pada orang lain.

Orang dengan sifat ini biasanya mudah untuk merasa terancam oleh komentar yang sepele dan menjadi alasan untuk meluapkan emosinya dengan berkelahi.

Nah, itulah sederet ciri-ciri orang dengan sifat temperemantal yang mungkin jarang Anda sadari. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2020. Signs You May Need Anger Management. https://www.fifthstreetcounseling.org/signs-you-may-need-anger-management/. (Diakses pada 26 Oktober 2022)
  2. Anonim. Temperament – What is it?. https://extension.psu.edu/programs/betterkidcare/early-care/tip-pages/all/temperament-2013-what-is-it. (Diakses pada 26 Oktober 2022)
  3. Anonim. Do I Have Anger Issues? 5 Signs to Look for. https://reallifecounseling.us/do-i-have-anger-issues/. (Diakses pada 26 Oktober 2022)
  4. Stevenson, Oscar dan Renée S. 20 Deadly Signs A Man Has Anger Issues + How To Resolve Them. https://ncrw.org/signs-man-anger-issues/. (Diakses pada 26 Oktober 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi