Terbit: 26 Januari 2022
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Merasa lelah atas semua permasalahan hidup yang terjadi sebenarnya adalah sesuatu yang normal. Namun, jika masalah yang terjadi cenderung diabaikan dan tidak berusaha untuk diselesaikan, lelah mental bisa terjadi. Jika Anda sudah mengalaminya, ketahui cara mengatasi kelelahan mental selengkapnya di bawah ini.

8 Cara Sederhana Mengatasi Kelelahan Mental

Cara Mengatasi Kelelahan Mental

Pada dasarnya, strategi yang tepat untuk mengatasi kelelahan mental setiap orang berbeda-beda tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Misalnya, seseorang yang merasa kelelahan di tempat kerja membutuhkan dukungan yang berbeda dari orang yang merasa lelah mental setelah lama pulih dari cedera.

Berikut adalah cara mengatasi kelelahan mental secara umum, di antaranya:

1. Mengubah Kondisi Kerja

Jika pekerjaan menyebabkan Anda merasa lelah mental, membuat perubahan dalam kehidupan kerja dapat memperbaiki keadaan. Misalnya, seseorang mungkin membutuhkan lebih banyak waktu istirahat, pengurangan beban kerja, atau lebih banyak dukungan dari rekan kerja.

2. Berlatih Mindfulness

Mindfulness adalah jenis meditasi di mana Anda fokus pada apa yang dirasakan saat itu. Mempraktikkan perhatian penuh melibatkan metode pernapasan, citra terpandu, dan praktik lain yang membantu merilekskan tubuh, pikiran, serta membantu mengurangi stres.

Cara ini dapat membantu seseorang menjadi lebih sadar akan emosinya. Dampaknya, Anda dapat mudah mengelola burnout, kelelahan, atau depresi.

Baca Juga: 10 Manfaat Pegangan Tangan bagi Kesehatan Mental

3. Berolahraga

Olahraga tidak hanya membuat Anda lebih kuat, tetapi juga meningkatkan kontrol diri, kesehatan otak, dan tingkat kecemasan. Cobalah untuk berolahraga setidaknya 30 menit hari. Pilihlah olahraga yang sesuai dengan minat Anda.

4. Membuat Catatan Harian

Saat seseorang sedang kewalahan menghadapi sesuatu, hal tersebut dapat menyebabkan kelelahan mental. Aktivitas mencatat dapat meningkatkan memori dan membantu Anda mengambil kendali atas situasi yang terjadi.

Cobalah menulis dengan tangan daripada mengetik di komputer, sebuah penelitian menunjukkan bahwa hal itu dapat meningkatkan pembelajaran. Bahkan, menulis dapat membantu menurunkan kecemasan. Mulailah dari sesuatu yang kecil, yaitu menulis hanya beberapa menit setiap hari.

Setelah beberapa waktu, baca kembali catatan harian Anda dan realistislah pada apa yang bisa dan tidak bisa Anda kendalikan dalam hidup. Buatlah daftar mengenai hal-hal apa saja yang dapat Anda kendalikan.

5. Mendengarkan Musik Instrumental

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik instrumental dapat membantu relaksasi dan meningkatkan fokus saat belajar. Cobalah dengarkan musik klasik atau musik tanpa lirik lainnya.

6. Cobalah untuk Tidur Lebih Banyak

Meski mudah diucapkan, bagi beberapa orang hal ini adalah sesuatu yang sulit dilakukan. Sebelum melakukannya, ada baiknya Anda memperbaiki gangguan tidur yang Anda alami terlebih dahulu.

Insomnia dan tidur yang tidak nyenyak dapat menyebabkan kemungkinan kelelahan yang lebih tinggi. Jika Anda kesulitan tidur, coba ubah lingkungan sekitar tempat tidur dan lakukanlah hal-hal yang menenangkan.

Baca Juga: 13 Manfaat Tanaman Hias bagi Kesehatan Mental, Fisik, & Lingkungan

7. Perubahan Pengobatan

Beberapa orang mengungkapkan bahwa obat tertentu bisa menyebabkan kelelahan, salah satunya adalah antidepresan. Obat yang salah dapat memiliki efek negatif pada kesehatan mental.

Jika Anda mencoba resep baru dan tidak merasa lebih baik setelah 12 minggu, apalagi jika disertai gejala yang memburuk dan perubahan suasana hati, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter.

Oleh karena itu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai obat mana yang bermanfaat dan tidak bermanfaat.

8. Bantuan dari Profesional Kesehatan Mental

Mencari dukungan kesehatan mental adalah langkah yang tepat untuk membantu mengatasi stres dengan lebih baik. Tenaga kesehatan mental dapat merekomendasikan perubahan gaya hidup positif yang dapat mengurangi dampak stres.

Pada umumnya, seseorang yang memiliki masalah kesehatan mental seperti kecemasan atau depresi membutuhkan perawatan dari tenaga profesional. Menunda penanganan dapat meningkatkan kelelahan mental.

Memproses perasaan batin bisa menjadi pengalaman katarsis dan membantu melihat pikiran Anda dari sudut pandang orang lain.

Nah, itulah berbagai cara mengatasi kelelahan mental yang bisa Anda coba. Biarkan diri istirahat dengan cara yang positif dan untuk menenangkan diri.

 

  1. Jiang, Kevin. 2020. Mental Exhaustion Is More Than Just Feeling Tired — Here’s How You Can Recalibrate. https://greatist.com/health/mental-exhaustion. (Diakses pada 26 Januari 2022).
  2. Villines, Zawn. 2020. Symptoms of mental exhaustion and tips to alleviate it. https://www.medicalnewstoday.com/articles/mentally-exhausted. (Diakses pada 26 Januari 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi