Terbit: 4 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Kepribadian ENTJ adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian dari Indikator Tipe Myers-Briggs yang terkenal itu. Penilaian ini dikembangkan oleh sepasang ibu dan anak, Isabel Myers dan Katherine Briggs, dengan didasarkan pada teori kepribadian Carl Jung. Cari tahu lebih dalam tentang ENTJ, kelebihan dan kekurangan, serta ciri-cirinya.

Kepribadian ENTJ, Pemimpin Visioner yang Karismatik

Apa Itu Kepribadian ENTJ?

ENTJ adalah singkatan dari Extraverted, Intuitive, Thinking, dan Judging. Orang-orang dengan kepribadian ini sangat tegas dan menyukai pencapaian. Mereka adalah visioner yang tidak ragu dalam mengambil tindakan.

Ada juga yang menyebut ENTJ sebagai seorang “komandan”, karena mereka memiliki jiwa pemimpin bawaan, sangat berkharisma, dan penuh percaya diri. ENTJ juga sering dideskripsikan sebagai orang yang asertif dan terus terang.

Menurut psikolog David Keirsey, ENTJ adalah tipe kepribadian cukup langka karena hanya sebesar 2% saja dari seluruh penduduk dunia.

Baca Juga: Mengenal Kepribadian ISTP, si Mandiri dan Suka Tantangan

Ciri dan Karakteristik ENTJ

Berikut ini adalah beberapa karakteristik kunci yang menjadi ciri khas kepribadian ENTJ.

  • ENTJ suka menghabiskan waktu bersama orang lain. Kemampuan verbal mereka sangat baik, sehingga berinteraksi dengan banyak orang membuat mereka lebih bersemangat.
  • Orang dengan kepribadian ini lebih suka memikirkan masa depan dibandingkan fokus pada masa sekarang.
  • Mereka cenderung menemukan informasi yang bersifat abstrak dan teoritis dibandingkan dengan detail konkret.
  • Saat membuat keputusan, ENTJ menitikberatkan pada informasi yang logis dan objektif. Mereka tidak terlalu memperdulikan perasaan dan emosi orang lain dalam mengambil keputusan.
  • ENTJ adalah perencana yang baik. Mereka suka mengambil keputusan, menyusun jadwal dan tindakan yang akan dilakukan membuat mereka selalu merasa memegang kendali atas situasi atau keadaan.
  • ENTJ adalah orang yang sangat rasional, pandai melihat masalah, dan bisa diandalkan untuk mengambil tanggung jawab. Beberapa kecenderungan ini menjadikan mereka pemimpin yang secara naluriah fokus pada penyelesaian masalah yang efisien.
  • Sayangnya, ENTJ tidak memiliki empati yang besar, namun bukan berarti mereka memiliki maksud jahat. Mereka sering menyembunyikan emosi mereka karena ENTJ beranggapan bahwa menunjukkan emosi merupakan sebuah kelemahan yang tidak seharusnya diketahui orang lain.

Kelebihan dan Kelemahan ENTJ

Orang dengan tipe kepribadian ENTJ memiliki ambisi yang besar untuk sukses dan suka bekerja keras. Mereka menyukai kekuasaan dan pengaruh, dan bagi mereka menjadi pemimpin merupakan panggilan jiwa.

Ini dia kelebihan dan kelemahan dari kepribadian ini!

Kelebihan ENTJ

Tipe kepribadian ENTJ yang unggul, sebagai berikut:

  • Efisien

ENTJ melihat segala sesuatu yang tidak berjalan secara efisien sebagai sebuah masalah yang membuang waktu, energi, dan tujuan di masa depan.

Bagi mereka, jika sesuatu kurang efisien maka penyebabnya adalah rasa malas dan kurang rasional dalam mengambil tindakan. Kemanapun mereka pergi, ENTJ akan menyingkirkan orang-orang yang dinilai kurang efisien dalam bekerja.

  • Energik

ENTJ tidak pernah melihat pekerjaan sebagai sebuah beban. Mereka justru semakin bersemangat dan menikmati proses memimpin para anggota tim untuk menjalankan rencana dan tujuan mereka.

  • Penuh percaya diri

Seorang ENTJ tidak akan bisa menjadi pemimpin yang baik jika mereka meragukan dirinya sendiri.

Sebaliknya, ENTJ adalah orang yang percaya dengan kemampuan mereka, memastikan pendapat mereka didengar, dan percaya bahwa mereka bisa memimpin dengan baik.

  • Punya keinginan kuat

Menyerah dalam kesulitan bukanlah sifat ENTJ. Tidak peduli seberapa besar halangan yang harus dihadapi, mereka tidak akan berhenti.

Mereka akan merasa puas jika berhasil mengalahkan apapun kesulitan itu hingga mencapai tujuan akhir.

  • Pemikir yang strategis

Salah satu kelebihan ENTJ yang paling menonjol adalah kemampuan mereka dalam membedakan krisis yang terjadi dari waktu ke waktu dengan tantangan besar yang mempengaruhi rencana mereka dalam mencapai tujuan.

Mereka akan menganalisis masalah dari berbagai sudut, mencari solusi terbaik untuk melangkah ke depan.

  • Karismatik dan inspiratif

Berbagai kelebihan di atas membentuk ENTJ menjadi seorang individu yang bisa menginspirasi dan menyemangati orang lain.

Kemampuan ini pada gilirannya juga membantu ENTJ untuk bisa mencapai tujuan ambisius mereka, yang tidak akan bisa diraih tanpa kerjasama tim.

Pekerjaan yang cocok untuk kepribadian ENTJ adalah pebisnis, profesor, pengacara, manajer, team leader, marketing, hakim, insinyur proyek, administrator, dll.

Baca Juga: Kepribadian ESTJ, Karakter yang Setia pada Komitmen dan Aturan

Kelemahan ENTJ

Selain keunggulan yang membuat mereka menonjol, ENTJ juga memiliki kelemahan tersendiri.

  • Keras kepala dan dominan

Tekad yang kuat dan kepercayaan diri yang terlalu berlebihan dalam diri ENTJ bisa membuat mereka terlihat keras kepala dan dominan. ENTJ selalu ingin memenangkan visi dan pendapat mereka daripada orang lain.

  • Kurang toleran

Kelemahan terbesar ENTJ adalah kurang toleran pada pemikiran atau ide-ide yang mereka anggap melenceng jauh dari tujuan yang ingin mereka lain.

Apalagi jika pemikiran tersebut didasarkan pada pertimbangan emosional. Mereka akan mematahkan berbagai pendapat tersebut dengan fakta-fakta yang obyektif.

  • Tidak sabar

Bagi ENTJ yang seorang pemikir cepat, kesabaran tidak ada dalam kamus kehidupan mereka.

ENTJ sering menganggap proses berpikir sebagai bentuk kemalasan dan kebodohan, yang seharusnya tidak dilakukan seorang pemimpin.

  • Arogan

ENTJ menghargai hal-hal seperti kemampuan berpikir cepat dan ketegasan, yang merupakan ciri utama kepribadian mereka.

Sebaliknya, mereka cenderung menyepelekan orang-orang yang tidak memiliki kedua sifat tersebut. Hal ini membuat ENTJ terlihat arogan di mata orang-orang di sekitarnya.

  • Tidak dapat mengendalikan emosi

Menempatkan rasionalisme di atas segalanya membuat ENTJ sulit untuk mengendalikan emosi mereka sendiri dan cenderung tidak peduli pada emosi yang dirasakan orang lain.

Hal ini membuat ENTJ sering secara tidak sengaja menyakiti perasaan orang-orang di sekitar mereka.

  • Dingin dan kasar

Obsesi terhadap efisiensi dan rasionalisme menyebabkan ENTJ menjadi tidak peka terhadap sekitar saat berusaha mencapai tujuan mereka.

Baca Juga: Mengenal Kepribadian ISFP, Sosok Pendiam yang Peduli Sesama

Itu dia segala hal tentang kepribadian ENTJ. Sebagai seorang pemimpin ulung, ENTJ juga punya banyak kelemahan.

Oleh karena itu, jika Anda seorang ENTJ, ada baiknya Anda menggunakan kelebihan Anda sebaik mungkin sambil berusaha memperbaiki semua kelemahan yang dimiliki.

 

  1. 16 Personalities. 2020. Commander Personality. https://www.16personalities.com/entj-personality. (Diakses pada 25-11-2021)
  2. Cherry, Kendra. 2021. ENTJ: The Commander (Extraverted, Intuitive, Thinking, Judging). https://www.verywellmind.com/entj-personality-type-2795981. (Diakses pada 25-11-2021)
  3. Owens, Molly. 2021. ENTJ. https://www.truity.com/personality-type/ENTJ. (Diakses pada 25-11-2021)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi