Terbit: 12 November 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Orang dengan kepribadian ISTP digambarkan sebagai sosok yang senang menyendiri, aktif mencoba hal baru, dan juga sangat mandiri. Pahami bagaimana tipe kepribadian ISTP, karakter, kelebihan, dan kekurangannya dalam pembahasan ini.

Mengenal Kepribadian ISTP, si Mandiri dan Suka Tantangan

Apa Itu Kepribadian ISTP?

Salah satu jenis kepribadian dalam MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) ada kepribadian ISTP. Kepribadian ISTP adalah kependekan dari Introvert, Sensing, Thinking, Perceiving. Para pemilik kepribadian ini digambarkan senang menghabiskan waktu sendiri, sangat suka mencoba hal baru dan mandiri.

ISTP sendiri dibagi lagi menjadi dua jenis: ISTP Asertif dan ISTP Turbulent. Keduanya, walaupun mirip, tetapi memiliki beberapa karakteristik berbeda.

Mengenal Dua Jenis ISTP: Asertif dan Turbulent

Kedua tipe kepribadian ISTP ini sama-sama memiliki kecenderungan sosok penyendiri dan sangat mandiri. Bedanya, ISTP Asertif  lebih percaya diri untuk menunjukkan pengetahuannya atas bidang yang dikuasai. Sementara ISTP Turbulent cenderung ragu-ragu dan tidak memiliki kepercayaan diri tinggi.

Jika dijabarkan dalam poin per poin, berikut perbedaan karakteristik ISTP A (Asertif ) dan T (Turbulent):

  • ISTP A memiliki visi yang lebih jelas daripada ISTP T.
  • ISTP A lebih percaya diri dan memiliki kemampuan bangkit yang lebih cepat jika gagal.
    Sementara ISTP T cenderung meragukan diri mereka jika dilanda kegagalan.
  • ISTP A dapat menempatkan diri di dalam lingkaran sosial dengan baik. Walaupun pada dasarnya dia penyendiri.
    Sementara ISTP T secara tidak sadar sering membandingkan diri dengan orang di sekitarnya.

Ciri dan Karakteristik Umum Kepribadian ISTP

Di atas telah dijabarkan perbedaan karakteristik kepribadian ISTP A dan P. Kini akan dijelaskan ciri dan karakteristik ISTP secara umum, sebagai berikut:

1. Cenderung penyendiri

Seperti halnya kepribadian introvert lain, seorang ISTP selalu membutuhkan waktu sendiri untuk mengisi energi. Mereka tetap bisa bergaul dengan orang lain, tentunya. Namun tidak terlalu terlibat dalam permasalahan dan perasaan lawan bicaranya.

2. Berorientasi kepada hasil

Alih-alih menikmati proses, seorang ISTP cenderung berorientasi kepada hasil usahanya. Jika dihadapkan kepada masalah, mereka akan langsung fokus kepada penyebab dan solusinya. Gaya pemikiran mereka yang praktis ini membuatnya dapat menentukan langkah dengan cepat.

3. Cenderung tenang dan santai saat menghadapi tekanan

Seorang dengan kepribadian ISTP adalah seseorang yang tenang dan kalem saat menghadapi tekanan. Deadline yang ketat justru akan membuatnya berusaha mengerahkan kemampuan semaksimal mungkin.

Sebenarnya mereka sedang memikirkan cara terbaik untuk menyelesaikan tantangan di depannya. Namun karena lebih suka mencari cara sendiri, mereka terkesan tertutup dan agak misterius.

4. Sangat objektif dan logis

Dalam menilai sesuatu, seseorang atau suatu masalah, ISTP selalu mengedepankan objektivitas daripada penilaian pribadi. Mereka juga terkenal logis dan tidak mencampurkan masalah pribadi dengan pekerjaan.

Walau tidak semua orang ISTP dapat mengungkapkan penilaiannya secara terbuka, mereka selalu berusaha untuk jujur dalam menilai.

5. Tidak peka terhadap perasaan orang lain

Karena cenderung penyendiri, tenang, dan berpikir sendiri, mereka terkesan tertutup dan tidak mau membagi perasaan dengan bebas. Karena sangat logis dan objektif, mereka juga cenderung tidak peka terhadap perasaan orang lain.

Orang dengan kepribadian ISTP cenderung mengabaikan perasaannya sendiri dan tidak melibatkan dirinya dalam hubungan sosial. Hal tersebut berpotensi mengakibatkan kelelahan batin baginya.

6. Gemar mencoba hal-hal baru

Orang berkepribadian ISTP sangat menyukai hal-hal baru. Mereka akan suka mempelajari dan menceburkan diri ke dalam pengalaman baru. Hal ini membuat mereka tidak ragu jika ingin berganti pekerjaan atau jurusan.

Kalaupun tidak berganti pekerjaan, mereka akan selalu mencari petualangan baru. Mereka tidak suka pergi ke suatu tempat yang sama setiap hari, melakukan dan melihat orang melakukan hal yang sama setiap hari. Dalam jangka waktu panjang.

Baca Juga: Kepribadian ESTJ, Karakter yang Setia pada Komitmen dan Aturan

Potensi yang Dimiliki Kepribadian ISTP

Dengan karakteristiknya yang pemikir, logis dan suka perubahan, ada banyak potensi yang dapat dikembangkan oleh mereka yang berkepribadian ISTP.

Mereka akan cocok sekali mengisi beberapa posisi berikut:

  • Pekerjaan dengan basis freelance atau tidak terikat pada suatu instansi.
  • Pengusaha atau pemilik bisnis.
  • Analis data.
  • Blogger, terutama travel blogger.
  • Bekerja di bidang pariwisata.
  • Atlet.

Untuk dapat mengembangkan potensinya, seorang ISTP harus Mampu mengendalikan sifat cepat bosannya. jika terus-menerus mengikuti keinginan untuk mencoba hal baru termasuk karir baru, mereka akan stagnan di posisi yang itu-itu saja. Mereka juga harus meningkatkan kemampuan perencanaan jangka panjangnya.

Orang ISTP memiliki kemampuan alami untuk menghadapi tantangan, mengerti bahwa risiko berbanding lurus dengan hasil. Walaupun dibarengi dengan sifat cepat bosannya, hal ini justru membuka peluang yang tidak ada habisnya.

Selama mereka bisa bertindak dewasa dan hati-hati, dengan sifat logis dan kreatif tadi. Semua lapangan pekerjaan yang mengedepankan kreativitas dan lingkungan yang dinamis cocok untuk mereka.

Baca Juga: Mengenal Kepribadian ISFP, Sosok Pendiam yang Peduli Sesama

Kelebihan dan Kekurangan Tipe Kepribadian ISTP

Setiap karakteristik pribadi seseorang memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu. Begitu juga dengan kepribadian ISTP. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan kepribadian tersebut.

Kelebihan kepribadian ISTP

  • Berpikir logis.
  • Praktis dan realistis.
  • Tenang dan percaya diri.
  • Bisa menerima risiko.
  • Menyukai hal-hal baru.

Kekurangan kepribadian ISTP

  • Berorientasi pada hasil.
  • Tidak peka terhadap perasaan orang lain.
  • Mudah bosan.
  • Mudah mengambil risiko.
  • Tidak suka membuat komitmen.

Itulah karakteristik, potensi, dan kelebihan serta kekurangan orang berkepribadian ISTP. Dengan mengenal kepribadian tersebut lebih jauh, maka akan lebih mudah memilih passion dan langkah karir kedepannya.

 

  1. 16 Personalities. 2021. ISTP. https://www.16personalities.com/istp-personality. (Diakses pada 11-11-2021)
  2. Cherry, Kendra. 2021. ISTP: The Crafter (Introverted, Sensing, Thinking, Perceiving). https://www.verywellmind.com/istp-introverted-sensing-thinking-perceiving-2795993. (Diakses pada 11-11-2021).
  3. Owens, Molly. 2021. ISTP. https://www.truity.com/personality-type/ISTP. (Diakses pada 11-11-2021).
  4. The Myers-Briggs Company. 2021. ISTP: MBTI personality profile. https://eu.themyersbriggs.com/en/tools/MBTI/MBTI-personality-Types/ISTP. (Diakses pada 11-11-2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi