Terbit: 25 Januari 2022 | Diperbarui: 26 Januari 2022
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Pada dasarnya, kemampuan untuk berkonsentrasi setiap orang berbeda-beda, apalagi jika terdapat gangguan terus-menerus di sekitar. Lantas, bagaimana cara meningkatkan fokus kerja yang efektif? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

5 Cara Meningkatkan Fokus di Tempat Kerja (Praktis)

Cara Meningkatkan Fokus dan Produktivitas Kerja

Seperti halnya otot, jika Anda ingin meningkatkan kemampuan untuk fokus, maka Anda perlu bekerja untuk membangunnya untuk semakin kuat. Hal itulah yang membuat upaya peningkatan fokus kerja membutuhkan upaya terus-menerus serta perubahan pada beberapa aktivitas sehari-hari.

Berikut adalah beberapa cara meningkatkan fokus kerja yang bisa Anda coba, di antaranya:

1. Menghilangkan Sumber Gangguan

Meskipun mungkin terdengar jelas, beberapa orang sering meremehkan betapa banyak gangguan yang menghalanginya untuk berkonsentrasi. Salah satu gangguan itu mungkin datang dari rekan kerja yang mengajak Anda untuk mengobrol.

Meminimalkan sumber gangguan ini mungkin terlihat mudah, semudah mematikan televisi atau radio. Faktanya, Anda mungkin merasa jauh lebih sulit untuk berurusan dengan rekan kerja, pasangan, anak, atau teman sekamar yang mengganggu.

Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan menyisihkan waktu dan tempat khusus untuk menyendiri selama jangka waktu tertentu. Tempat yang tenang dapat membantu meningkatkan produktivitas kerja.

Perlu diketahui juga, tidak semua gangguan datang dari luar tubuh. Kelelahan, kekhawatiran, kecemasan, motivasi yang buruk, dan gangguan internal lainnya bisa sangat sulit untuk dihindari.

Beberapa strategi yang bisa Anda coba untuk atau menghilangkan gangguan internal semacam itu adalah memastikan Anda cukup istirahat sebelum melakukan aktivitas tertentu. Kembangkan pikiran yang positif untuk melawan kecemasan dan kekhawatiran.

2. Membatasi Fokus

Meski multitasking mungkin tampak seperti cara yang bagus untuk menyelesaikan banyak hal dengan cepat, ternyata hal tersebut bukanlah sesuatu yang baik.

Menyelesaikan banyak tugas sekaligus dapat mengurangi produktivitas dan membuat otak lebih sulit untuk mengasah detail-detail yang penting. Kemampuan otak untuk menganalisis informasi sangat terbatas, oleh karena itu gunakanlah dengan bijak.

Maksimalkanlah sumber daya yang Anda miliki dengan baik dan berhentilah melakukan banyak tugas, berikan perhatian penuh pada satu hal pada satu waktu.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Rekan Kerja Toxic yang Perlu Dihindari!

3. Hiduplah saat Ini

Suatu kondisi yang sering membuat seseorang sulit untuk fokus adalah merenungkan masa lalu, mengkhawatirkan masa depan, atau mengabaikan momen saat ini. Hal itulah yang membuat ‘hidup saat ini’ menjadi penting.

Menghidupi hari sepenuhnya adalah tentang menyingkirkan sejumlah gangguan, apakah itu fisik (ponsel) atau psikologis (kecemasan), serta terlibat sepenuhnya secara mental pada satu waktu tertentu. Gagasan ini penting untuk merebut kembali fokus mental yang terganggu.

Tetap terlibat pada satu hal membuat perhatian Anda tetap tajam dan sumber daya mental diasah pada detail yang benar-benar penting pada titik tertentu.

Mungkin perlu beberapa waktu untuk mempraktikkan hal ini, tetapi berusahalah untuk menjalani hidup saat ini. Anda tidak dapat mengubah masa lalu dan masa depan belum terjadi, tetapi apa yang Anda lakukan hari ini dapat membantu menghindari pengulangan kesalahan masa lalu dan membuka jalan untuk masa depan yang lebih baik.

4. Melatih Perhatian dan Konsentrasi

Dalam satu penelitian, para peneliti meminta profesional sumber daya manusia terlibat dalam simulasi jenis multitasking kompleks yang dilakukan setiap hari di tempat kerja.

Tugas-tugas ini harus diselesaikan dalam 20 menit dan termasuk menjawab telepon, menjadwalkan rapat, dan menulis memo dengan sumber informasi yang mengalir dari berbagai sumber termasuk melalui panggilan telepon, email, dan pesan teks.

Beberapa peserta yang menerima pelatihan selama 8 minggu dalam penggunaan mindfulness meditation, menunjukkan peningkatan konsentrasi dan fokus dibanding peserta yang tidak mendapatkan pelatihan.

Selain cara di atas, salah satu cara tercepat untuk meningkatkan fokus adalah dengan bernapas dalam-dalam. Saat Anda merasa pikiran secara alami mulai mengembara, dengan lembut arahkan fokus Anda ke pernapasan dalam.

Baca Juga: Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert, Bekerja Mandiri dan Gaji Tinggi

5. Istirahat Sejenak

Pernahkah Anda mencoba untuk fokus pada hal yang sama untuk jangka waktu yang lama? Jika hal tersebut terus dilakukan, konsentrasi bisa terganggu dan membuat Anda semakin sulit menyelesaikan tugas tersebut.

Oleh karena itu, alihkan perhatian Anda pada sesuatu yang tidak terkait dengan pekerjaan yang sedang dilakukan, meskipun hanya untuk beberapa saat. Istirahat yang singkat dapat membantu menjaga fokus kerja tetap tajam dan kinerja tetap tinggi saat Anda benar-benar membutuhkannya.

Nah, itulah berbagai cara meningkatkan fokus kerja yang bisa Anda coba. Semangat bekerja!

 

  1. Cherry, Kendra. 2020. 7 Useful Tips for Improving Your Mental Focus. https://www.verywellmind.com/things-you-can-do-to-improve-your-mental-focus-4115389. (Diakses pada 25 Januari 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi