Terbit: 1 Desember 2021 | Diperbarui: 18 Februari 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Introvert dengan keunggulan yang ada dalam diri mereka bisa memaksimalkannya untuk pekerjaan tertentu. Simak apa saja pekerjaan yang cocok untuk orang introvert.

Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert, Bekerja Mandiri dan Gaji Tinggi

Apa yang Harus Dicari Introvert dalam Pekerjaan?

Di dunia ini ada dua jenis kepribadian yang dibedakan menjadi introvert dan ekstrovert. Meskipun bertolak belakang, namun dengan kelebihan yang dimiliki mereka bisa sukses dalam pekerjaannya.

Berlawanan dengan kepercayaan yang berkembang, introvert tidak selalu pemalu, berbicara pelan, dan menghindari interaksi sosial.

Faktanya, introvert bisa menjadi orang yang pandai bergaul dan menjalin komunikasi. Hanya saja, mereka membutuhkan waktu untuk mengembalikan energi dengan menyendiri.

Oleh karena itu, kriteria pekerjaan bagi seorang introvert adalah:

  • Memprioritaskan bekerja secara independen daripada kerjasama dengan grup.
  • Adanya ruang yang tenang untuk bekerja sendiri dalam suasana yang damai, bukan ruangan terbuka yang gaduh.
  • Membutuhkan kemampuan untuk mendengarkan dengan baik.
  • Memungkinkan Anda untuk fokus pada satu jenis pekerjaan saja dalam satu waktu.
  • Lebih banyak interaksi tatap muka secara pribadi, bukan berbicara di depan publik.

Baca Juga: 20 Ciri-Ciri Introvert yang Harus Anda Ketahui (Lengkap)

Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert

Sebagai orang yang membutuhkan waktu untuk sendiri dan menyendiri, belum tentu introvert tidak memiliki kemampuan berinteraksi sosial dengan baik.

Ini dia daftar pekerjaan yang sesuai dengan orang introvert:

1. Akuntan

Jika Anda seorang introvert yang suka bekerja dengan angka dan ingin memiliki kesempatan untuk bekerja di hampir semua industri, akuntan bisa menjadi pilihan karir yang tepat buat Anda.

Bidang pekerjaan sebagai akuntan tergolong stabil dan terus bertumbuh, akuntan juga bertugas untuk menyiapkan dan menganalisis laporan keuangan serta peluang atau risiko.

Pekerjaan ini membutuhkan independensi yang tinggi dan pertemuan biasanya dilakukan dalam kelompok yang kecil.

2. Pengembang aplikasi

Pengembang aplikasi merancang, membuat, dan memperbarui program dan aplikasi untuk perangkat. Pekerjaan ini memungkinkan Anda untuk bekerja di banyak industri dan pekerjaan, baik itu bekerja penuh waktu atau sebagai wiraswasta, serta memberikan peluang untuk bekerja dari jarak jauh.

Jika latar belakang pendidikan Anda mendukung, maka tidak ada salahnya mencoba dan belajar terus untuk menjadi pengembang aplikasi terbaik.

3. Arsitek

Arsitek menghabiskan sebagian waktunya bekerja sendiri dalam merancang denah rumah, gedung perkantoran, dan struktur bangunan lainnya.

Jika Anda memiliki jiwa kreatif dan suka memecahkan masalah, berkarir di bidang arsitektur mungkin adalah pilihan tepat buat Anda.

Pekerjaan ini cocok untuk introvert karena tidak menuntut Anda untuk berinteraksi dengan banyak orang sekaligus, kecuali saat bertemu klien dan mengunjungi lokasi konstruksi.

4. Digital marketer

Kini semakin banyak saja pekerjaan yang bisa dilakukan tanpa interaksi langsung dengan konsumen, salah satunya adalah digital marketer. Ini cocok untuk Anda yang memiliki bakat dalam mempromosikan barang atau jasa dengan memanfaatkan media sosial dan internet.

Digital marketer bertugas untuk mempromosikan konten, menjangkau konsumen yang lebih luas, dan meningkatkan brand awareness.

6. Chef

Hobi bisa menjadi pekerjaan yang dikembangkan sebagai sebuah karir menjanjikan. Misalnya, jika Anda hobi memasak atau tertarik dengan dunia makanan, dan ingin menjadi seorang chef.

Chef sangat cocok untuk kepribadian introvert yang memiliki jiwa seni dan kepemimpinan, karena mereka mengelola dapur, melatih staf baru, dan menciptakan menu.

Baca Juga: Introvert dan Extrovert: Definisi, Perbedaan, Ciri-Ciri, Kelebihan, dan Tipe

6. Desainer grafis

Desainer grafis menggunakan peralatan digital untuk menciptakan visual yang dapat menyampaikan ide atau pemikiran kepada khalayak luas.

Jika bekerja sebagai seorang desainer grafis, Anda akan bekerja dari awal hingga akhir sendirian. Bidang pekerjaan ini tidak terkait langsung dengan konsumen, namun mungkin butuh interaksi dengan tim skala kecil.

Pekerjaan yang mereka lakukan antara lain menciptakan logo, mendesain aplikasi, dan masih banyak lagi. Ini adalah pekerjaan yang cocok untuk introvert kreatif yang menyukai teknologi. Terlebih lagi, pekerjaan ini bisa dilakukan dari rumah!

7. Petugas perpustakaan

Introvert sangat menyukai suasana yang tenang, tanpa adanya kebisingan. Perpustakaan tentu menjadi tempat kerja yang sangat cocok untuk mereka.

Selain karena tenang, petugas perpustakaan tidak berinteraksi dengan banyak orang sekaligus setiap harinya.

Pekerjaan mereka tidak sekedar membantu pengunjung menemukan buku yang mereka cari saja, tetapi juga mengelola anggaran dana perpustakaan dan mengawasi acara yang digelar di perpustakaan.

8. Fotografer

Introvert biasanya adalah jiwa-jiwa seniman yang kreatif. Salah satu pekerjaan yang cocok untuk mereka adalah fotografer.

Dengan banyaknya genre yang bisa dipilih mulai dari fotografer pernikahan, pemandangan alam, hingga travel, pekerjaan ini menawarkan banyak pengalaman dan merupakan sarana yang baik untuk mengasah kreativitas.

9. Psikiater

Psikiater merupakan pekerjaan yang penting di masa modern ini. Mereka berusaha memahami kesehatan mental, sehingga ini bisa jadi pekerjaan yang cocok untuk kaum introvert.

Psikiater mendiagnosis, merawat, dan mencegah gangguan mental, serta meresepkan obat dan merekomendasikan perawatan di rumah sakit untuk kasus tertentu. Tentu saja harus sesuai dengan latar belakang pendidikan.

Baca Juga: 6 Pengaruh Kepribadian Introvert pada Kesehatan

10. Peneliti/Ilmuwan

Buat Anda yang tertarik melakukan eksperimen, pilih karir sebagai peneliti. Anda bisa bekerja di laboratorium pemerintah, organisasi lingkungan, atau institusi pendidikan.

Peneliti melakukan berbagai macam percobaan dan bisa bekerja di bidang yang berbeda-beda.

11. Terapis Kesehatan Mental

Pekerjaan berikutnya yang cocok untuk orang introvert adalah terapis. Terapis bekerja membantu banyak orang, membutuhkan empati tinggi serta kemampuan untuk mendengarkan dengan baik. Mereka mendengarkan keluh kesah pasien dan menemukan cara untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

12. Penulis

Kebanyakan orang dengan kepribadian introvert suka menulis. Ini cara mereka mengekspresikan diri.

Di masa ini, ada banyak pilihan pekerjaan sebagai penulis seperti content writer, copywriter, UX writer, editor, penulis buku pendidikan, dan sebagainya.

Itu dia beberapa pilihan pekerjaan yang cocok untuk introvert. Walaupun demikian, banyak juga orang introvert yang menguasai pekerjaan terkait public speaking atau berhadapan dengan keramaian.

Ada banyak pekerjaan yang cocok untuk seorang introvert, tidak menutup kemungkinan akan kesempatan bidang pekerjaan yang bertolak belakang dengan kepribadian.

Apapun pekerjaan yang dipilih, pastikan pekerjaan tersebut sesuai dengan bakat dan keterampilan Anda. Yang tidak kalah penting, Anda harus bisa menikmati pekerjaan tersebut.

 

  1. Doley, Alison. 2021. Top 10 Best Jobs for Introverts. https://www.thebalancecareers.com/top-best-jobs-for-introverts-2062783#citation-10. (Diakses tanggal 26-11-2021).
  2. Gaffney, Stephen. 2021. The 15 Best Jobs for Introverts. https://www.bestcolleges.com/blog/best-jobs-for-introverts/. (Diakses tanggal 26-11-2021).
  3. Indeed Editorial Team. 2020. 15 Best Jobs for Introverts. https://www.indeed.com/career-advice/finding-a-job/15-best-jobs-for-introverts. (Diakses tanggal 26-11-2021).
  4. Mint. 2021. 25 Best Jobs for Introverts To Feel the Most Fulfilled. https://mint.intuit.com/blog/early-career/best-jobs-for-introverts/. (Diakses tanggal 26-11-2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi