Terbit: 4 Januari 2022 | Diperbarui: 7 Januari 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Insecure dalam hubungan akan menimbulkan dampak buruk baik pada kesehatan mental maupun dalam hubungan dengan pasangan! Untuk itu, yuk, kenali ciri-ciri dan cara mengatasinya berikut ini.

6 Ciri-Ciri Insecure dalam Hubungan dan Cara Mengatasinya

Ciri-Ciri Insecure dalam Hubungan

Insecure adalah perasaan tidak aman, tidak percaya diri, dan cemas. Perasaan ini adalah keyakinan mendalam bahwa Anda tidak cukup baik, dalam hal ini hubungan.

Anda atau pasangan bahkan mungkin hidup dalam ketakutan, selalu mengkhawatirkan apa yang akan terjadi ke depannya. Penting mengenali ciri insecure dalam diri Anda maupun pada pasangan.

Berikut ini ciri-ciri insecure dalam hubungan:

1. Kesulitan percaya pada pasangan

Cinta adalah bagian penting dari suatu hubungan romantis, begitu juga kepercayaan. Jika insecure menghalangi kepercayaan pasangan, maka pasti akan sulit untuk membuka diri secara emosional kepada pasangan.

Hal tersebut akan memengaruhi hubungan dalam berbagai hal, karena itu akan membatasi jenis keintiman emosional yang dapat dimiliki. Ini dapat merugikan hubungan.

2. Menginternalisasi pikiran negatif dan mengubahnya menjadi tindakan

Sebagian besar orang memiliki pikiran negatif seiring waktu, tetapi jika Anda berada dalam siklus ragu terhadap diri sendiri sesekali, pasti akan menginternalisasi pikiran negatif dan bertindak dengan cara tertentu.

Jika melakukan hal yang sama secara berulang-ulang, ini menjadi kebiasaan. Pada akhirnya, itu menjadi bagian dari hubungan, memengaruhi pasangan dan membuat segalanya menjadi ‘beracun.’

Mungkin Anda berpikir hal tersebut cukup normal, tetapi akan mengganggu hubungan secara perlahan.

3. Selalu membandingkan pasangan dengan mantannya

Anda, pasangan, atau mungkin semua orang ingin tahu siapa sebenarnya pasangan kita yang berkencan sebelum kita.

Tetapi jika terobsesi dengan cerita lengkapnya dan terus-menerus membandingkan diri dengan mantan pasangan, maka itu pasti berbahaya dalam suatu hubungan. Singkatnya, ini bisa menjadi perusak hubungan yang sehat.

Baca Juga: Sering Merasa Insecure? Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya

4. Terus-menerus meyakinkan pasangan

Kepastian dari pasangan terhadap hubungan dibutuhkan oleh semua orang. Tetapi jika pasangan perlu meyakinkan setiap tindakan, maka wanita akan memiliki masalah serius.

Jika muak meyakinkan Anda, maka insecure akan semakin bertambah. Hal ini juga menunjukkan bahwa Anda terlalu bergantung pada pasangan untuk meningkatkan kepercayaan diri, yang bukan pertanda baik.

Jadi, sebaiknya atasi rasa tidak aman Anda dan ketergantungan pada pasangan mungkin akan mulai berkurang.

5. Keberadaan Anda adalah tentang pasangan Anda

Ketika berada dalam hubungan romantis, ada banyak hal yang akan Anda dan pasangan lakukan bersama. Tapi tidak berarti semuanya, karena masing-masing pasangan perlu menjalani kehidupan pribadi, misalnya bergaul dengan teman-teman dan melakukan hal-hal yang Anda sukai.

Jika Anda melakukan sesuatu dan segala sesuatu yang disukai pasangan Anda, bahkan jika Anda tidak tertarik padanya, itu menunjukkan Anda sangat tidak merasa aman dalam suatu hubungan.

Baca Juga: Toxic Relationship, Sadari Ciri-Ciri dan Cara Mengatasinya!

Cara Mengatasi Insecure dalam Hubungan

Perasaan tidak aman dalam suatu hubungan dapat memengaruhi kesehatan mental serta hubungan dengan pasangan. Oleh karena itu, Ada beberapa cara yang dapat membantu Anda mengatasi dan merasa lebih aman dalam suatu hubungan.

Berikut ini beberapa cara mengatasi insecure dalam hubungan:

  • Berkomunikasi dengan pasangan. Cobalah melakukan komunikasi yang lebih terbuka tentang insecure Anda bersama pasangan, bagaimana orang lain muncul dalam hubungan, dan bagaimana cara Anda dapat mulai mengatasinya.
  • Mengenali pemicunya. Sebaiknya menjadi lebih sadar diri tentang situasi yang memicu insecure Anda. Carilah topik atau bagian yang memicu perasaan tidak aman sehingga Anda dapat mulai menemukan masalah yang perlu Anda atasi.
  • Belajar mendengarkan pasangan. Berusahalah untuk mendengarkan apa yang dikatakan pasangan dengan pikiran terbuka, sehingga Anda dapat memahami perspektif pasangan juga.
  • Mengekspresikan perasaan. Cobalah untuk berbagi perasaan dengan pasangan Anda tanpa menyalahkan mereka. Contohnya, alih-alih mengatakan bahwa pasangan membuatnya stres, tetapi cobalah katakan bahwa Anda terkadang stres karena sesuatu hal lain.
  • Membuat jurnal. Mungkin akan sangat membantu jika membuat jurnal di mana Anda menuliskan pemikiran ketika merasa insecure.
    Latihan ini bisa membantu menemukan situasi yang memicu insecure dalam hubungan. Anda bahkan bisa melakukan latihan jurnal pasangan, untuk membantu membangun kepercayaan antara Anda dan pasangan.
  • Pertimbangkan mengunjungi terapis. Meskipun wawasan dan komunikasi terbuka sangat penting, terkadang Anda memerlukan perspektif dari yang terlatih untuk memahami sepenuhnya bagaimana insecure terkait dengan dinamika yang lebih kompleks. Untuk itu, terapis bisa bekerja dengan Anda untuk mengatasi insecure.

Itulah ciri insecure dalam hubungan yang perlu Anda kenali, hingga bagaimana cara mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. Overcome Insecurities in a Relationship. tonyrobbins.com/ultimate-relationship-guide/insecure-in-a-relationship/ (Diakses pada 4 Januari 2022).
  2. Gupta, Sanjana. 2021. Coping With Insecurity in a Relationship. https://www.verywellmind.com/coping-with-insecurity-in-a-relationship-5207949 (Diakses pada 4 Januari 2022).
  3. Vilhauer, Jennice. 2016. Four Ways to Stop Feeling Insecure in Your Relationships. https://www.psychologytoday.com/us/blog/living-forward/201609/four-ways-stop-feeling-insecure-in-your-relationships (Diakses pada 4 Januari 2022).
  4. Sachdev, Geetika. 2016. 5 signs that you are insecure in your romantic relationship. https://www.healthshots.com/mind/emotional-health/5-signs-that-you-are-insecure-in-a-relationship/ (Diakses pada 4 Januari 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi