Terbit: 19 Oktober 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Kesulitan untuk mengungkapkan perasaan adalah salah satu masalah yang sangat umum dalam sebuah hubungan percintaan. Oleh karena itu, setiap orang harus memahami bahasa cinta atau love language yang dimiliki oleh pasangan mereka. Cari tahu apa pentingnya bahasa cinta dalam hubungan dan jenis-jenis love language yang wajib pasangan ketahui.

5 Jenis Bahasa Cinta, Apa Love Language Kamu dan Pasangan?

Jenis Bahasa Cinta yang Wajib Kamu dan Pasangan Pelajari

Bahasa cinta adalah kecenderungan cara seseorang mengekspresikan atau menunjukan cintanya pada seseorang. Dalam ilmu psikologi, ada lima bahasa cinta utama yang digunakan oleh semua orang, yaitu kata-kata penegasan, waktu berkualitas, sentuhan fisik, tindakan melayani, dan memberi hadiah.

Simak penjelasan lebih lanjut tentang  apa itu love language dan jenis-jenisnya berikut ini:

1. Kata-kata afirmasi

Afirmasi atau penegasan adalah bahasa cinta yang sangat penting. Secara sederhana, kata-kata afirmasi dapat diartikan sebagai ungkapan kasih sayang yang diwujudkan melalui kata-kata, termasuk pujian, kebanggaan, dan penghargaan.

Afirmasi dapat disampaikan secara langsung, melalui pesan singkat, catatan kecil, dan banyak hal lainnya. Contoh kata-kata afirmasi adalah mengatakan “aku mencintaimu” setiap hari atau memuji pasangan saat ia tampil menarik. Pasangan juga bisa menggunakan kata “terima kasih” sebagai bentuk penghargaan atas suatu tindakan yang ia lakukan.

2. Waktu berkualitas

Hal paling berharga yang bisa diberikan seseorang kepada orang lain yang dicintai adalah waktu. Menghabiskan waktu yang berkualitas sebagai bentuk rasa cinta artinya memberikan seluruh perhatian kepada pasangan.

Ketika menghabiskan waktu berdua dengan pasangan, senyapkan handphone, matikan televisi, curahkan seluruh perhatian dengan menatap matanya dan mendengarkan semua perkataannya dengan sungguh-sungguh. Menyayangi pasangan dengan sepenuh hati dan menciptakan memori yang indah bersama.

Banyak orang beranggapan bahwa waktu yang sedikit namun berkualitas lebih baik daripada bertemu setiap hari, namun pasangan bisa disibukkan dengan hal lain. Ketika pasangan bercerita, tahan diri untuk memberikan nasihat jika ia tidak memintanya. Mau mendengarkan adalah bentuk bahasa cinta yang sangat dihargai oleh semua orang.

Baca Juga: Toxic Relationship, Sadari Ciri-Ciri dan Cara Mengatasinya!

3. Sentuhan fisik

Seseorang yang memiliki bahasa cinta “sentuhan fisik” ini akan merasa dicintai jika ia mendapatkan sentuhan fisik. Sentuhan fisik tidak melulu hubungan seks, tetapi melalui hal-hal yang lebih sederhana seperti memegang tangan, mengelus lengan dan bahu mereka, memeluk, atau memberikan pijatan di penghujung hari setelah beraktivitas.

Gagasan tentang kencan sempurna bagi orang yang menyukai sentuhan fisik adalah berpelukan di atas sofa sambil menonton film favorit di akhir pekan. Apapun kegiatan yang dilakukan, pasangan ingin merasa dekat secara fisik dengan orang yang dia sayangi.

4. Tindakan melayani

Bagi orang yang percaya “tindakan jauh lebih penting dibandingkan kata-kata”, bahasa cinta berupa tindakan melayani sangat penting untuk mereka. Pasanganmu mungkin tidak berharap kamu mengungkapkan rasa cinta setiap hari, namun ia akan lebih menghargai tindakan kecil seperti membuka pintu ketika ia akan masuk ke dalam rumah atau mobil, membantu mencuci piring, atau sekadar membantu membawa barang belanjaan.

Ia akan sangat menyukai tindakan kecil seperti ini tanpa ia harus memintamu melakukannya. Melalui hal-hal kecil tersebut, pasanganmu memahami bahwa kamu mencintainya, meskipun kamu tidak pernah mengungkapkannya.

5. Memberi hadiah

Memberi hadiah kepada pasangan adalah salah satu jenis bahasa cinta yang paling jelas. Hadiah adalah simbol dari rasa cinta itu sendiri. Hadiah yang diberikan kepada pasangan tidak perlu mahal, namun menunjukkan kesungguhan dan niat di baliknya.

Orang-orang dengan bahasa cinta ini memahami proses yang harus dilalui pasangan dalam mendapatkan hadiah tersebut. Misalnya, seperti alasan di balik pemilihan hadiah atau bagaimana perjuangannya untuk mendapatkan hadiah tersebut.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Orang Jatuh Cinta dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Mengapa Bahasa Cinta Itu Penting Dalam Hubungan?

Memahami jenis love language yang dimiliki oleh pasangan dapat menguatkan hubungan itu sendiri. Ini dia beberapa manfaat jika kamu memahami bahasa cinta dalam hubunganmu:

1. Memperbaiki komunikasi

Memahami bahasa cinta pasangan membuatmu mengerti apa yang mereka butuhkan dan inginkan sebelum mereka mengatakannya. Hal ini akan mencegah terjadinya kesalahpahaman antara kamu dengan pasangan dan dapat semakin memperdalam hubungan kalian.

2. Meningkatkan apresiasi

Ketika pasanganmu menyadari betapa kamu berusaha untuk memahami bahasa cinta mereka, mereka akan menunjukkan apresiasi atas usahamu. Sebagai balasannya, pasangan juga akan berusaha untuk mengenali bahasa cintamu dan menunjukkannya kepada dirimu. Berusaha untuk memahami satu sama lain merupakan bentuk terbaik dari rasa cinta yang kamu miliki untuk pasanganmu.

3. Memperdalam koneksi

Salah satu kunci hubungan yang langgeng adalah kemampuanmu untuk “terhubung atau terkoneksi” dengan pasanganmu dalam berbagai hal. Termasuk dalam hal mengungkapkan rasa cinta. Kamu dan pasangan mungkin saja memiliki bahasa cinta yang berbeda.

Ketika kamu tidak bisa memahami bahasa cinta yang ia tunjukkan, hal ini bisa menyebabkan masalah dalam hubungan. Oleh karena itu, luangkan waktu dan tenaga untuk mempelajari jenis bahasa cinta pasangan, misalnya dengan percakapan intim antara kalian berdua.

Baca Juga: 7 Tips Afterplay setelah Bercinta dan Manfaatnya

4. Mencegah timbulnya masalah

Jika kamu dan pasangan saling memahami dan mengetahui cara masing-masing dalam menunjukkan rasa cinta, kamu bisa menghindari masalah-masalah yang bisa merusak hubungan kalian.

Kamu dan pasangan tidak perlu menggunakan bahasa cinta yang sama, namun yang paling penting adalah saling memahami bahasa cinta yang digunakan oleh masing-masing.

Itu dia ulasan tentang jenis-jenis bahasa cinta dan pentingnya memahami bahasa cinta dalam sebuah hubungan. Selain bahasa cinta, komunikasi dan saling percaya juga hal penting yang dimiliki setiap pasangan. Keterbukaan dapat mencegah munculnya kesalahpahaman dan masalah yang tidak perlu.

 

  1. Davis, Tchiki. 2020. What Are the 5 Love Languages? Definition and Examples. https://www.psychologytoday.com/us/blog/click-here-happiness/202009/what-are-the-5-love-languages-definition-and-examples. (Diakses pada 15 Oktober 2021).
  2. Gordon, Sherri. 2020. What Are the Five Love Languages? https://www.verywellmind.com/can-the-five-love-languages-help-your-relationship-4783538. (Diakses pada 15 Oktober 2021).
  3. Nguyen, Julie. 2020. What Are The 5 Love Languages? Everything You Need To Know. https://www.mindbodygreen.com/articles/the-5-love-languages-explained. (Diakses pada 15 Oktober 2021).
  4. Rocco, Kristen. 2017. Why It’s Important to Know Your Love Language Before You Get Married. https://www.huffpost.com/entry/why-its-important-to-know-your-love-language-before_b_58759c55e4b0f8a725448382. (Diakses pada 15 Oktober 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi