Terbit: 24 September 2021 | Diperbarui: 27 September 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Cara menemukan passion diri sendiri tidak semudah membalikkan telapak tangan, butuh waktu untuk mencarinya. Passion merupakan kecenderungan atau keinginan yang membantu mencapai kesuksesan. Untuk membantu menemukannya, ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan. Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Susah Menemukan Passion Diri Sendiri? Ini 8 Cara Mendapatkannya

Apa Itu Passion?

Passion adalah kecenderungan atau keinginan untuk melakukan hal yang mereka sukai, biasanya dilakukan secara terus-menerus. Sebuah keinginan yang didorong oleh passion biasanya akan membawa hasil terbesar dalam hidupnya.

Semua orang memiliki kemampuan untuk membuat jenis kehidupan apa pun yang diinginkan. Rahasia untuk mewujudkan mimpi itu terpendam dalam diri dan apa yang kita lakukan karenanya.

Cara Menemukan Passion Diri Sendiri

Lingkungan selalu menekan Anda untuk menjadi orang lain, untuk itu belajarlah bagaimana menemukan passion hidup yang menjadikan diri Anda seutuhnya. Guna membantu mewujudkannya, Anda harus menghubungkan masa lalu, masa kini, dan impian untuk masa depan yang akhirnya membuka passion sejati Anda.

Berikut ini bagaimana cara menemukan passion diri sendiri:

1. Sesuatu yang Anda Sukai

Mungkin Anda memiliki hobi atau sesuatu yang disukai ketika masa kanak-kanak, tetapi tidak pernah menganggapnya sebagai kemungkinan untuk menjadi pekerjaan. Ini kemungkinan muncul passion dalam diri Anda.

Entah itu membaca buku komik, menulis cerita, atau membuat sesuatu, yang membuat Anda senang mungkin dapat menghasilkan uang. Misalnya Anda membuka toko komik atau membuat situs buku komik online.

Jika sudah ada sesuatu yang Anda sukai dan senang  melakukannya, itu berarti sudah memiliki passion yang cocok. Sekarang Anda perlu mengamati kemungkinan untuk menghasilkan uang dari passion Anda.

2. Mengubah Perspektif Anda

Pernahkah Anda berpikir bahwa tidak realistis untuk menjalani passion yang mungkin sulit untuk dicapai. Jika dalam perjalanan sedang mencari passion dengan pola pikir ini, besar kemungkinan akan mengalami kegagalan.

Sebaiknya ubah pola pikir tersebut dengan optimis dan besar harapan terhadap apa pun. Bersikaplah terbuka terhadap perjalanan hidup yang akan Anda alami, dan sadari bahwa hidup yang terjadi untuk Anda, tetapi harus mendengarkan apa yang dikatakan orang lain terhadap Anda.

3. Menemukan Kebutuhan Utama Diri Anda

Manusia memiliki enam kebutuhan, yaitu kepastian, signifikansi, variasi, cinta atau hubungan, pertumbuhan, dan dukungan. Hidup adalah keseimbangan yang peka antara kebutuhan tersebut, tetapi kita semua memiliki satu kebutuhan utama yang paling penting untuk kebahagiaan.

Mendapatkan dukungan bisa membuka jalan bagaimana cara menemukan passion diri sendiri dengan menunjukkan kepada diri apa yang paling dibutuhkan. Dengan begitu, kebutuhan Anda bisa terpenuhi.

4. Memanfaatkan Waktu Luang

Hobi yang dilakukan mungkin tidak selalu sama dengan passion Anda yang sebenarnya, tetapi ini dapat memberikan petunjuk. Jika menghabiskan banyak waktu luang untuk membaca, passion Anda bisa berupa menulis, mengajar, atau meneliti.

Jika senang memperbaiki hal-hal di sekitar rumah, passion Anda kemungkinan besar berhubungan menciptakan dan membangun. Cobalah memikirkan lebih dalam untuk kursus atau belajar lebih dalam untuk menemukan passion Anda.

5. Mengenali Pola Diri Anda

Otak manusia menyukai pola. Terkadang hal ini ini adalah hal yang buruk, karena orang dapat terjebak dalam kebiasaan yang tidak sehat. Namun pola jangka panjang juga bisa memberikan petunjuk tentang cara menemukan passion diri sendiri.

Apakah ada sesuatu yang muncul dalam hidup Anda secara terus-menerus? Misalnya kebutuhan untuk bepergian berarti Anda menginginkan pengalaman baru. Mungkin juga tertarik pada penulis, pembicara, atau pebisnis tertentu bisa berarti mereka menginspirasi Anda. Jadi, pola bukanlah kebetulan, tetapi ini adalah cara alam bawah sadar untuk berkomunikasi dengan diri sendiri.

Baca Juga: Mengubah Gaya Hidup untuk Mengatasi Rasa Malas Berlebihan

6. Menemukan Ketakutan Anda

Salah satu cara kreatif untuk menemukan passion adalah dengan memikirkan apa yang membuat Anda takut. Misalnya, pernahkah berpikir untuk berhenti dari pekerjaan Anda untuk menulis, memulai bisnis, membuat kue, atau membuka toko, dan pikiran itu benar-benar membuat Anda takut? Jika ya, berarti Anda menemukan rasa takut.

Bila Anda merasakan kegembiraan dan ketakutan ketika berpikir untuk melakukan semuanya dengan keterampilan atau hobi tertentu, itu pertanda Anda telah menemukan passion. Jadi, sudah waktunya untuk berhenti membiarkan rasa takut itu menghambat keberhasilan Anda.

Baca Juga: Cara Mengatasi Malas dengan Gaya Hidup Sehat

7. Meyakini Kemampuan Diri

Biasanya, jawaban tentang bagaimana cara menemukan passion diri sendiri sudah ada di depan mata, tetapi Anda menolak untuk melirik dan memperdalamnya.

Untuk menghasilkan karya yang bermanfaat untuk diri dan orang lain, Anda harus semangat dan yakin pada diri sendiri. Ubahlah seharusan menjadi harus, hilangkan alasan, dan terima kekurangan dalam diri dengan senang hati. Hanya dengan melakukan cara ini, Anda akan menemukan passion Anda.

8. Keluar dari Zona Nyaman

Masih bingung bagaimana menemukan gairah hidup Anda? Jika Anda menghabiskan hari-hari dengan bepergian, bekerja, dan sekadar menonton TV, mungkin Anda tidak akan pernah menemukan tanda-tanda passion dalam diri. Oleh karena itu, keluarlah dari zona nyaman dan mencari pengalaman baru.

Mungkin Anda dapat mengambil kelas atau bergabung dengan komunitas. Perhatikan pula sesuatu yang menurut Anda menarik. Dengan cara mencoba sesuatu yang baru, Anda dapat menemukan passion dalam diri.

Itulah cara menemukan passion diri sendiri yang bisa Anda lalukan, baik secara mendiri maupun dengan bantuan orang lain. Coba beberapa hal baru dan Anda akan mengetahui mana passion Anda atau sesuatu yang membuat Anda sangat merasa hidup dan bersemangat. Bergaul dan berteman dengan komunitas baru serta konsultasi ke profesional bila perlu.

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. 10 Ways to Find Your Passion in Life. https://www.tonyrobbins.com/personal-growth/how-to-find-passion/ (Diakses pada 24 September 2021)
  2. Babauta, Leo. 2021. How to Find Your Passion and Live a More Fulfilling Life. https://www.lifehack.org/articles/featured/how-to-find-your-passion.html (Diakses pada 24 September 2021)
  3. Thompson, Braden. 2021. What Is Passion and What It Means To Have Passion. https://www.lifehack.org/articles/lifestyle/what-means-have-passion.html (Diakses pada 24 September 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi