Terbit: 8 July 2022
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Meskipun sulit untuk dilakukan, bersikap sabar ternyata memberikan berbagai manfaat bagi kehidupan Anda. Manfaat sabar sangat bagus untuk kesehatan mental maupun fisik. Yuk, lebih lengkapnya simak dalam penjelasan di bawah ini!

10 Manfaat Sabar untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Manfaat Sabar bagi Kesehatan Mental

Sabar adalah sikap untuk menahan emosi, keinginan, dan bertahan dalam kondisi sulit dengan tidak mengeluh. Tidak hanya menenangkan pikiran, bersikap sabar dapat memberikan banyak manfaat, terutama bagi kesehatan mental.

Berikut ini adalah berbagai manfaat sabar bagi kesehatan, di antaranya:

1. Mencegah penyakit

Manfaat bersabar bisa mencegah tubuh dari serangan penyakit. Dari hasil studi yang dirilis oleh Journal  of American Medical Association di tahun 2003, ditemukan fakta bahwa orang-orang yang memiliki kesabaran tinggi dalam kehidupannya memiliki risiko terkena darah tinggi (hipertensi) dan bahkan penyakit jantung yang lebih rendah ketimbang mereka yang tidak.

Orang yang tidak sabar biasanya cenderung memiliki emosi yang tinggi, hal ini pada akhirnya memicu peningkatan tekanan darah di dalam tubuh hingga peningkatan denyut jantung, yang pada akhirnya bisa menyebabkan seseorang terkena serangan jantung mendadak

2. Menghindari stres

Seperti yang telah disebutkan di atas, manfaat sabar salah satunya membuat kita menjadi lebih tenang dan fokus dalam menghadapi situasi yang tidak menyenangkan. Dengan begitu, Anda menjadi tidak terburu-buru dalam mengerjakan sesuatu.

Sesuatu yang dikerjakan secara terburu-buru hanya akan menambah beban pikiran. Akibatnya, timbullah rasa stres, yang mana ini dapat menimbulkan sejumlah penyakit, bahkan tak jarang komplikasi yang mengancam nyawa.

3. Meningkatkan produktivitas

Bekerja atau melakukan aktivitas lainnya secara terburu-buru juga akan mengganggu produktivitas. Pekerjaan yang dilakukan dengan tergesa-gesa hampir dipastikan tidak akan berakhir dengan baik. Anda mungkin bisa menyelesaikan tugas dengan cepat, namun hasilnya kemungkinan besar tidak berkualitas.

Sementara itu, melatih kesabaran akan membuat Anda menjadi lebih fokus untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan dengan sebaik-baiknya.

4. Mencegah kerusakan DNA

Siapa sangka, kebaikan dari sabar juga bisa mencegah kerusakan DNA di dalam tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Singapura berhasil menemukan korelasi antara sifat sabar dengan kesehatan DNA, dalam hal ini ialah struktur DNA terkecil yang berfungsi memproteksi DNA dari kerusakan yang bernama telomere.

Dikatakan dalam penelitian tersebut bahwa orang yang tidak sabar memiliki struktur telomere yang lebih pendek ketimbang orang yang penyabar. Padahal, struktur telomere yang pendek menyebabkan seseorang rentan terhadap kerusakan DNA, yang pada perkembangannya dapat menyebabkan kematian dini.

5. Hidup tenteram dan damai

Manfaat sabar lainnya yang tak kalah penting adalah membuat hidup Anda terasa tenteram dan damai.

Seorang akademisi dari Pace University, Amerika Serikat, Daniel Baugher, mengatakan jika sifat tidak sabar hanya akan menyebabkan rasa gelisah, marah, bahkan tak jarang membuat seseorang gemar memusuhi orang lain.

Sebaliknya, berperilaku sabar menjadikan hidup terasa ringan, tenteram, dan damai karena Anda mampu melalui segalanya dengan penuh ketenangan sebagai efek dari bersabar.

Baca Juga: Manfaat Self Love (Cinta Diri Sendiri) dan Cara Menerapkannya

6. Lebih menikmati proses

Menikmati dan menghargai  proses dari aktivitas yang  dijalani membuat segalanya terasa lebih menyenangkan. Perasaan seperti ini hanya bisa Anda dapatkan jika bisa bersabar. Ingat, semua akan indah pada waktunya. Jadi, bersabar dan nikmati saja prosesnya.

7. Mempererat relasi sosial

Ketidaksabaran tidak hanya berdampak buruk bagi diri sendiri, namun juga orang lain di sekitar. Bukan hanya Anda yang emosi, tapi juga rekan-rekan maupun orang terdekat lainnya. Jika sudah begitu, jangan heran Anda akan dijauhi oleh orang-orang di sekitar.

Hal ini tentu saja tidak akan terjadi apabila Anda memiliki sifat penyabar. Manfaat sabar yang satu ini akan menimbulkan citra positif dari diri di mata orang lain, sehingga mereka akan selalu senang untuk berinteraksi dengan Anda.

8. Membantu mencapai tujuan

Menuju pencapaian yang Anda inginkan itu panjang, dan mereka yang tidak memiliki kesabaran untuk mendapatkan hasilnya mungkin tidak mau menjalaninya.

Dalam sebuah penelitian di tahun 2012, orang-orang yang sabar dari semua persoalan dilaporkan lebih banyak upaya untuk mencapai tujuan daripada yang dilakukan orang lain.

Seseorang yang memiliki kesabaran interpersonal membuatnya lebih banyak kemajuan menuju tujuan dan lebih puas ketika mencapainya dibandingkan dengan orang yang kurang sabar.

9. Membuat keputusan yang bijaksana

Berbanding terbalik dengan membuat keputusan yang terburu-buru dan tidak rasional, Anda dapat dengan hati-hati menilai situasi dan membuat penilaian yang lebih masuk akal ketika mencoba untuk sabar.

Seseorang dapat melatih kesabaran ketika tahu bahwa sesuatu tidak dimaksudkan untuk diri sendiri dan Anda harus menunggu sampai tindakan terbaik datang.

Misalnya, ketika menjalin hubungan atau memutuskan peluang kerja. Mungkin Anda cukup bangga pada diri sendiri karena dapat menahan diri untuk tidak membuat keputusan yang terburu-buru. Anda bisa tahu apa yang diinginkan dan pantas didapatkan, jadi Anda telah belajar untuk menunggu sampai sesuatu terasa sangat benar.

10. Belajar untuk menjadi baik

Ketika lingkungan di sekitar Anda tampak tidak peduli dan gelisah, kesabaran mungkin dapat mengingatkan untuk bersikap lembut dan toleran. Anda menjadi lebih pemaaf terhadap seseorang yang berbuat salah.

Hal tersebut bukan hanya berlaku untuk cara Anda memperlakukan orang lain, tetapi juga mencakup hubungan dengan diri sendiri. Dengan begitu, Anda mampu menyadari kesalahan dan belajar darinya, sehingga memiliki waktu yang diperlukan untuk berkembang lebih baik.

Baca Juga: 15 Cara Memaafkan dan Manfaatnya untuk Kesehatan (Fisik dan Mental)

Tips Melatih Diri untuk Sabar

Setelah mengetahui manfaat sabar itu sangat baik, kini saatnya bagi Anda untuk melatih kesabaran demi hidup yang lebih sehat dan bahagia.

Berikut ini tips melatih kesabaran yang bisa Anda coba:

  • Selalu bersyukur atas segala sesuatu yang telah dicapai dalam kehidupan
  • Tanamkan mindset bahwa ‘segala sesuatu akan indah pada waktunya’.
  • Jadilah pribadi yang mudah memaafkan atas kesalahan orang lain.
  • Jadilah pribadi yang proaktif.
  • Tarik napas dalam-dalam ketika ingin marah.
  • Jangan mudah menyerah, tetap berjuang kendati berat dan harus mengalami banyak kegagalan.
  • Sesering mungkin belajar dari orang lain bagaimana cara menjadi orang yang sabar.
  • Mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Itu dia informasi mengenai manfaat sabar bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Tiada yang lebih menyenangkan selain bisa menjalani hidup dengan tenang dan bahagia, bukan? Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Alamba, Damian. 2021. 14 Benefits of Patience. https://www.damianalamba.com/2021/04/14-benefits-of-patience.html. (Diakses pada 8 juli 2022)
  2. Madel. 2022. 5 Lifechanging Benefits of Being Patient (Proven by Studies). https://www.trackinghappiness.com/benefits-of-being-patient/. (Diakses pada 8 juli 2022)
  3. Newman, Kira M. 2016. Four Reasons to Cultivate Patience. https://greatergood.berkeley.edu/article/item/four_reasons_to_cultivate_patience. (Diakses pada 8 juli 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi