Terbit: 9 September 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Tidak hanya sebagai camilan nonton atau ngobrol, kuaci ternyata memberikan banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat kuaci biji bunga matahari yang bisa Anda dapatkan? Yuk, cari tahu selengkapnya dalam penjelasan di bawah ini!

15 Manfaat Kuaci, Turunkan Kolesterol hingga Tekanan Darah Tinggi

Kandungan Gizi Kuaci

Sebanyak 30 gram atau setara 1/4 cangkir kuaci bunga matahari mengandung berbagai nutrisi, antara lain:

  • Total lemak: 14 gram.
  • Protein 5,5 gram.
  • Karbohidrat 6,5 gram.
  • Serat: 3 gram.
  • Vitamin E: 37% dari angka kecukupan gizi (AkG).
  • Niasin: 10% dari AKG.
  • Vitamin B6: 11% dari AKG.
  • Folat: 17% dari AKG.
  • Asam pantotenat: 20% dari AKG.
  • Zat besi: 6% dari AKG.
  • Magnesium: 9% dari AKG.
  • Zinc: 10% dari AKG.
  • Tembaga: 26% dari AKG.
  • Mangan: 30% dari AKG.
  • Selenium: 32% dari AKG.

Selain itu, kuaci juga menjadi sumber asam fenolik dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Senyawa ini berguna melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang menyebabkan penyakit kronis.

Manfaat Kuaci Bunga Matahari untuk Kesehatan Tubuh

Karena kandungan nutrisinya yang melimpah, makan kuaci akan memberikan Anda banyak manfaat baik bagi kesehatan maupun untuk kecantikan.

Berikut ini beragam manfaat makan kuaci untuk kesehatan, di antaranya:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

Kuaci bunga matahari dapat membantu metabolisme dan proses akumulasi karena mengandung banyak asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Ketika mengganti lemak jenuh dengan yang tidak jenuh dari makanan, kadar kolesterol dalam tubuh bisa turun.

Dengan demikian, makan kuaci dapat menurunkan kolesterol jahat (low density lipoprotein) dalam darah.

Biji bunga matahari juga mengandung senyawa yang disebut fitosterol. Senyawa ini mengatur kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, fitosterol juga mengurangi penumpukan plak di pembuluh darah dan arteri.

2. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Biji bunga matahari juga memiliki banyak betaine yang secara efektif melindungi penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi. Kandungan arginin dalam kuaci juga membantu kesehatan jantung. Sementara lignan menjaga kolesterol darah pada tingkat yang tepat, sehingga mencegah serangan jantung dan aterosklerosis.

Biji kuaci mengandung protein, vitamin E, dan phytochemical seperti helianthin yang mengumpulkan radikal bebas dalam darah. Protein yang ditemukan di dalamnya (seperti pepsin dan pankreatin) juga menghentikan angiotensin-I converting enzyme (ACE), enzim yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

3. Mengontrol Diabetes

Ngemil makanan yang memiliki rendah kolesterol dan makanan rendah indeks glikemik (IG) seperti biji bunga matahari dapat membantu Anda mengelola diabetes. Biji bunga matahari memiliki IG sekitar 20. Jadi, makan kuaci dapat mencegah kadar gula darah meningkat.

Asam lemak tak jenuh dan senyawa polifenol dalam biji bunga matahari juga berfungsi sebagai antidiabetes. Khasiatnya untuk mengontrol kadar gula, secara tidak langsung dapat melindungi hati, pankreas, dan juga organ vital lainnya.

4. Menyehatkan Rambut

Sebuah penelitian pada tahun 2010 menunjukkan bahwa tocotrienol, yang termasuk dalam keluarga vitamin E, adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi kerontokan rambut. Jika Anda secara teratur makan kuaci bunga matahari, tentu hal tersebut bisa memberikan tekstur rambut yang bagus.

Selain mineral dan antioksidan, kuaci mengandung zat besi yang dapat merangsang sirkulasi dan membantu aliran darah ke kulit kepala, sehingga merangsang pertumbuhan rambut.

5. Meningkatkan Kesehatan Otak

Beberapa penelitian mengungkapkan, manfaat makan kuaci dapat menenangkan otak dan membantu meningkatkan mood. Khasiat ini karena kandungan triptofan yang tinggi dalam biji bunga matahari.

Konsumsi makanan yang mengandung triptofan, secara efektif dapat meningkatkan produksi serotonin otak. Serotonin juga secara efektif mengurangi ketegangan, sehingga membuat perasaan santai. Selain itu, kandungan kolin dalam kuaci juga berperan penting dalam fungsi memori dan penglihatan.

6. Memperkuat Tulang dan Otot

Kandungan zat besi dalam kuaci bunga matahari dapat menyalurkan oksigen ke otot-otot, sementara zinc dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah batuk serta pilek.

Magnesium yang ditemukan dalam biji bunga matahari juga penting untuk menguatkan tulang dan memproduksi energi. Hampir 2/3 dari magnesium dalam tubuh manusia disimpan dalam tulang. Magnesium diperlukan menjaga kepadatan tulang dan untuk membentuk sel tulang baru

7. Menurunan Berat Badan

Meski terkenal memiliki tinggi kalori, kuaci bunga matahari juga memiliki banyak serat makanan yang dapat membantu mempercepat proses pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol.

Berkat seratnya, makan kuaci juga dapat membantu membuat Anda terasa kenyang sehingga mencegah makan yang berlebihan.

Nah, bila Anda ingin memiliki tubuh langsing, kuaci adalah salah satu camilan yang sangat cocok untuk Anda.

Baca Juga: 9 Manfaat Bunga Matahari dan Nutrisinya Lengkap

8. Meningkatkan Mood

Kandungan magnesium dalam kuaci juga dapat meningkatkan mood dan mengendalikan amarah. Jika Anda secara teratur menderita kecemasan atau depresi, kuaci ini mungkin bisa menjadi camilan yang tepat untuk Anda.

9. Antikanker

Manfaat kuaci kemungkinan efektif melawan kanker berkat kandungan antioksidan vitamin E (tokoferol). Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk mendukung khasiatnya sebagai antikanker.

Selain itu, kuaci juga mengandung selenium dan penelitian telah menghubungkan mineral ini untuk mencegah penyebaran dan terjadinya kanker.

10. Membuang Racun

Manfaat makan kuaci bunga matahari dikenal karena kandungan magnesiumnya yang tinggi. Nutrisi tersebut mampu mengeluarkan bakteri dan kuman dari sel dan membuang racun dari tubuh.

Magnesium juga memiliki sifat yang menenangkan saraf dan juga mampu membantu dalam mengelola tingkat tekanan darah.

11. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Seperti disebutkan sebelumnya, kuaci bunga matahari kaya akan serat makanan. Serat ini mengembangkan feses dan memudahkan gerakan peristaltik usus, sehingga mengoptimalkan proses pencernaan.

Manfaat lain dari mengonsumsi kuaci adalah membuat penyerapan nutrisi lebih efisien di usus dengan meningkatkan keseimbangan bakteri.

Baca Juga: 11 Manfaat Minyak Bunga Matahari, Jaga Kesehatan Jantung hingga Kulit

12. Mengurangi Peradangan

Peradangan yang berlangsung singkat itu wajar, tetapi peradangan yang terjadi secara terus-menerus dapat meningkatan risiko mengembangkan berbagai kondisi kronis.

Kondisi tersebut dapat Anda cegah dengan makan kuaci. Ini karena kandungan flavonoid dan senyawa lain yang ada dalam kuaci bunga matahari dapat membantu mengurangi peradangan.

13. Bagus untuk Kehamilan

Kandungan folat yang terdapat di dalam biji bunga matahari sangat melimpah. Manfaat kuaci untuk ibu hamil yaitu memproduksi sel-sel baru dalam tubuh dan membantu replikasi DNA dan RNA, materi genetik yang berperan terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin.

14. Menyehatkan kulit

Salah satu komponen terbaik dari kuaci bunga matahari adalah kandungan vitamin E yang tinggi. Sekitar 80% dari kebutuhan harian Anda dipenuhi dengan 1/4 cangkir biji bunga matahari.

Vitamin E dapat bertindak sebagai antioksidan bagi kulit dan dikenal untuk meremajakan kulit dengan meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi munculnya keriput.

15. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Magnesium berperan penting dalam menyeimbangan elektrolit dan tekanan darah. Mengonsumsi 1/4 cangkir kuaci dari biji bunga matahari dapat memenuhi hampir 30% dari kebutuhan harian magnesium. Oleh karena itu, kuaci bisa menjadi camilan yang sangat baik untuk mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi).

Itulah berbagai manfaat kuaci yang bisa Anda dapatkan. Jadi, tak perlu ragu lagi ngemil kuaci setelah mengetahui begitu banyaknya khasiat yang bisa didapatkan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2020. Health Benefits of Sunflower Seeds. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-sunflower-seeds. (Diakses pada 8 September 2022)
  2. Handoo, Swathi. 2022. 7 Benefits Of Sunflower Seeds, Nutrition Profile, & How To Eat. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-sunflower-seeds-for-skin-hair-and-health/. (Diakses pada 8 September 2022)
  3. Marsha. 2018. Are Sunflower Seeds Good for You? Nutrition, Benefits and More. https://www.healthline.com/nutrition/sunflower-seeds. (Diakses pada 8 September 2022)
  4. Richards, Louisa. 2021. Sunflower seeds: Nutritional and health benefits. https://www.medicalnewstoday.com/articles/sunflower-seeds. (Diakses pada 8 September 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi