Terbit: 10 February 2023
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Keterbatasan informasi mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi sering kali membuat penderita diabetes memercayai mitos-mitos yang beredar di masyarakat; salah satunya adalah penderita tidak boleh mengonsumsi makanan manis. Agar tidak keliru, yuk simak apa saja informasi yang benar di artikel ini. 

5 Mitos Seputar Aturan Makan Bagi Penderita Diabetes

Mitos Tentang Aturan Makan untuk Pengidap Diabetes

Berikut ini beberapa mitos seputar aturan makan bagi penderita diabetes yang keliru dan tidak perlu dipercaya, di antaranya:

1. Makanan Kemasan Khusus untuk Diabetes

Banyak produk yang beredar di pasaran mengklaim dikhususkan untuk penderita diabetes karena bebas dari kandungan gula. Namun, makanan seperti cokelat, kue, atau biskuit bebas gula sering kali masih mengandung kalori dan lemak jenuh yang tinggi. 

Selain itu, makanan seperti itu juga masih menggunakan pemanis yang memiliki efek pencahar apabila dikonsumsi terlalu banyak. Produk diberi label khusus untuk diabetes sering kali memiliki harga premium. Jadi, lebih baik pilih produk standar namun dikonsumsi dalam jumlah kecil.

2. Penderita Diabetes Wajib Menghindari Gula

Tidak semua makanan yang mengandung gula harus dihindari. Padahal makanan bergizi seperti sayuran, buah, dan susu umumnya mengandung gula alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Makanan manis yang sebaiknya dihindari justru makanan yang memiliki sedikit nutrisi seperti permen, minuman manis, kue, dan biskuit. Berbagai makanan tersebut biasanya mengandung gula tambahan yang sebaiknya dihindari.

Sementara itu, jika Anda menderita diabetes tipe 2 bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi makanan manis sama sekali. Anda masih bisa konsumsi makanan manis meski tidak bisa mengonsumsi setiap hari. 

Selain itu, Anda tetap perlu memperhatikan porsi makanan yang dikonsumsi. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kadar gula darah sekaligus berat badan tetap ideal. 

3. Diabetes Disebabkan Akibat Terlalu Banyak Gula

Penyakit diabetes sering dianggap sebagai penyakit yang terjadi akibat terlalu banyak konsumsi makanan manis.  Bahkan menurut  American Diabetes Association (ADA), makan terlalu banyak gula saja tidak menyebabkan diabetes melainkan menjadi faktor penyebab dalam beberapa kasus. 

Pada penderita diabetes tipe 1, penyakit ini dapat terjadi bukan akibat dari pola makan atau pilihan gaya hidup seseorang. Melainkan terjadi karena sel-sel yang memproduksi insulin di pankreas mengalami kerusakan akibat sistem kekebalan tubuh. 

Selain itu, anggapan bahwa penyakit diabetes tipe 2 terjadi akibat konsumsi gula juga tidak sepenuhnya tepat. Seseorang terkena penyakit ini bisa terjadi akibat obesitas atau kelebihan berat badan. 

4. Penderita Diabetes Harus Mengikuti Diet Khusus

Pola makan bagi penderita diabetes sama dengan pola makan semua orang, yaitu pola makan yang sehat dan seimbang. Untuk itu, penderita diabetes tidak perlu melakukan diet khusus. 

5. Tidak Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Karbohidrat 

Makanan mengandung karbohidrat sering kali dianggap sebagai musuh dan makanan yang perlu dihindari. Padahal bukan soal karbohidrat itu sendiri, melainkan jenis dan jumlah karbohidrat yang dikonsumsi yang lebih penting untuk dipertimbangkan. 

Tidak semua jenis karbohidrat sama, ada beberapa jenis karbohidrat yang memiliki indeks glikemik (IG) yang rendah dan aman untuk dikonsumsi. Untuk itu, pilihlah jenis karbohidrat dengan IG yang rendah sehingga tidak menyebabkan lonjakan glukosa darah. 

Nah, itulah beberapa mitos seputar aturan makan untuk penderita diabetes yang penting untuk Anda tahu. Jika informasi di atas belum memberikan jawaban yang lengkap, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan jawaban yang tepat.

 

  1. Anonim. 8 diabetes myths you shouldn’t believe. https://www.bhf.org.uk/informationsupport/heart-matters-magazine/nutrition/myths-about-diet-and-diabetes. (Diakses pada 30 Januari 2022).
  2. Anonim. 2020. 5 Myths About Nutrition and Diabetes. https://www.abbott.com/corpnewsroom/nutrition-health-and-wellness/5-myths-about-nutrition-and-diabetes.html. (Diakses pada 30 Januari 2022).
  3. McDermott, Annette. 2021. 9 Diabetes Diet Myths. https://www.healthline.com/health/diabetes/diet-myths. (Diakses pada 30 Januari 2022).


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi