Terbit: 5 January 2023
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Penderita diabetes dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan cairan harian. Selain mencegah dehidrasi, hal ini penting untuk mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Ketahui sejumlah manfaat air putih untuk penderita diabetes dalam ulasan berikut.

Mengenali Pentingnya Minum Air Putih untuk Penderita Diabetes

Manfaat Minum Air Putih untuk Penderita Diabetes

Bagi diabetesi (penderita diabetes), minum air putih yang cukup sangatlah penting. Air putih mengandung nol kalori sehingga menjadi pilihan minuman yang aman untuk penderita diabetes.

Selain untuk menghidrasi tubuh, minum air putih dalam jumlah cukup dapat membantu mengontrol kadar gula di dalam darah.

Secara umum, beberapa manfaat minum air putih untuk penderita diabetes, antara lain:

1. Mencegah Dehidrasi

Minum air putih yang cukup dapat mencegah diabetesi mengalami dehidrasi. Dehidrasi terjadi ketika tubuh kekurangan cairan sehingga fungsi tubuh tidak berjalan optimal.

Penting untuk diketahui, dehidrasi dapat memengaruhi kadar gula darah seseorang, sekalipun gejala yang dialami tergolong dehidrasi ringan.

Dehidrasi ringan menyebabkan cairan di dalam tubuh meningkat sekitar 50 hingga 100 mg/dL dibandingkan dengan saat Anda minum air dalam jumlah cukup.

Sementara itu, jika dehidrasi yang dialami terbilang parah, kenaikan gula darah bisa terjadi sangat cepat. Dehidrasi parah bisa terjadi jika Anda muntah berulang kali, misalnya karena keracunan makanan.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat minum air putih untuk penderita diabetes selanjutnya adalah membantu kadar gula darah terkontrol.

Saat kebutuhan cairan tidak terpenuhi, gula di dalam darah bisa lebih terkonsentrasi. Hal ini menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi.

Dengan minum air putih yang cukup, kebutuhan cairan harian akan terpenuhi sehingga lonjakan gula darah dan dehidrasi bisa dicegah.

Baca Juga10 Cara Mengontrol Gula Darah yang Wajib Diketahui Diabetesi

3. Menurunkan Berat Badan

Penderita diabetes dianjurkan untuk menjaga berat badan tetap ideal. Hal ini penting guna mengelola diabetes dengan baik, serta mencegah komplikasi yang bisa terjadi.

Salah satu cara yang dianggap mampu mengurangi berat badan adalah minum air putih.

Air putih dipercaya  mampu menurunkan berat badan karena memiliki sejumlah manfaat, seperti:

  • Mengurangi keinginan untuk konsumsi minuman lain yang tinggi gula, misalnya soda.
  • Meningkatkan metabolisme tubuh.
  • Membakar lebih banyak kalori.

Berapa Jumlah Kebutuhan Cairan Diabetesi?

Sebenarnya tidak ada aturan pasti mengenai berapa jumlah air yang harus diminum. Pasalnya, hal ini akan bergantung pada kebutuhan setiap orang.

European Food Safety Authority merekomendasikan wanita untuk minum sebanyak 1.6 liter air atau setara dengan 8 gelas, sedangkan pria dianjurkan untuk minum air sebanyak 2 liter atau sekitar 10 gelas per harinya.

Selain dari air minum, Anda bisa memenuhi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan air tinggi atau mengonsumsi jenis minuman tertentu.

Beberapa pilihan makanan yang dapat membantu Anda terhidrasi dengan baik, di antaranya:

  • Semangka.
  • Stroberi.
  • Persik.
  • Tomat.
  • Seledri.
  • Jeruk.
  • Grapefruit.
  • Selada.

Baca JugaMinuman yang Aman untuk Penderita Diabetes, Lezat dan Menyegarkan

Di sisi lain, jika kurang menyukai rasa air putih, Anda bisa menyiasatinya dengan membuat infused water. Tinggal tambahkan irisan buah, seperti lemon atau jeruk nipis ke dalam air.

Sebaliknya, hindari minuman yang mengandung gula tinggi, seperti soda, jus buah dengan tambahan gula, dan minuman berenergi.

Sediakan air putih di mana saja dan kapan saja. Jadi, tidak akan ada alasan Anda kurang minum air putih. Selain itu, pastikan untuk minum beberapa teguk setiap jamnya meskipun Anda tidak merasa haus, hal ini penting agar tubuh tetap terhidrasi.

Demikian penjelasan mengenai manfaat minum air putih untuk penderita diabetes. Agar komplikasi penyakit ini tidak terjadi, pastikan kebutuhan cairan Anda terpenuhi setiap harinya, ya!

 

  1. Anonim. 2022. Diabetes and Your Heart. https://www.cdc.gov/diabetes/library/features/diabetes-and-heart.html. (Diakses pada 4 Januari 2023).
  2. Anonim. 2022. Water and Diabetes. https://www.diabetes.co.uk/food/water-and-diabetes.html. (Diakses pada 4 Januari 2023).
  3. Anonim. 2022. Dehydration. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dehydration/symptoms-causes/syc-20354086. (Diakses pada 4 Januari 2023).
  4. Elliot, Brianna. 2017. 19 Water-Rich Foods That Help You Stay Hydrated. https://www.healthline.com/nutrition/19-hydrating-foods. (Diakses pada 4 Januari 2023).
  5. Lawler, Moira. 2020. 8 Ways Weight Loss Can Help Control Diabetes. https://www.everydayhealth.com/hs/diabetes-guide-managing-blood-sugar/how-losing-weight-helps/. (Diakses pada 4 Januari 2023).
  6. Oerum, Christel. 2019. Water and Diabetes: Are You Drinking Enough Water? https://diabetesstrong.com/water-diabetes-drinking-enough-water/. (Diakses pada 4 Januari 2023).

DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi