Terbit: 25 January 2023
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Gigi goyang ternyata tidak hanya disebabkan oleh benturan atau kebersihan gigi yang buruk, kondisi ini juga bisa menjadi pertanda masalah pada kesehatan. Beberapa orang mengaitkan hal ini dengan diabetes. Benarkah anggapan tersebut?

Jangan Anggap Remeh Gigi Goyang, Bisa Jadi Itu Tanda Diabetes

Benarkah Gigi Goyang Menjadi Tanda Kondisi Diabetes?

Diabetes adalah kondisi tubuh yang muncul ketika pankreas tidak cukup produksi insulin atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan maksimal. Hormon insulin memiliki peran penting bagi tubuh, yaitu meregulasi gula darah. 

Ketika insulin tidak dapat bekerja secara efektif, glukosa menjadi sulit untuk disebarkan ke seluruh tubuh dan menumpuk dalam darah. Akibatnya tubuh akan mengalami hiperglikemia atau kenaikan gula darah.

Dalam jangka panjang, hiperglikemia bisa menyebabkan banyak masalah serius dalam tubuh, salah satunya adalah masalah pada area mulut. 

Penelitian yang dilakukan oleh University of Pennsylvania pada tahun 2017 mengungkapkan bahwa kondisi diabetes dapat memengaruhi jumlah mikroorganisme dalam mulut.

Gula darah yang tinggi akan menyebabkan gula dalam air liur juga menjadi lebih tinggi. Bakteri yang ada dalam plak di gigi menggunakan gula sebagai bahan makanan.

Bakteri-bakteri ini dapat menyebabkan gigi berlubang, gigi membusuk, dan penyakit gusi. Saat makanan bagi bakteri semakin banyak, maka pertumbuhannya juga semakin cepat. 

Bakteri dalam mulut dapat menyebabkan gusi menjadi merah, berdarah, dan bengkak. Jika tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini akan berubah menjadi kondisi yang lebih serius, yaitu periodontitis. 

Periodontitis adalah infeksi gusi serius yang merusak jaringan lunak dan mampu merusak tulang yang menyangga gigi. Akibatnya, gigi menjadi goyang dan bisa berakhir dengan gigi yang lepas. 

Kenaikan gula darah memiliki gejala-gejala yang terkadang tidak disadari. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan pemeriksaan gula darah secara teratur. 

Selain itu, rajin menjaga kesehatan mulut juga menjadi langkah yang tidak kalah penting untuk mencegah gigi goyang. 

Baca Juga7 Jenis Olahraga yang Bisa Mencegah Diabetes

Kiat Merawat Kesehatan Gigi Penderita Diabetes

Diabetes dan kesehatan gigi ternyata memiliki hubungan yang erat. Gigi yang tanggal tentu tidak dapat tumbuh kembali. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan langkah penting untuk dilakukan.

Berikut adalah beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi, di antaranya:

1. Menjaga Kadar Gula Darah dalam Rentang Normal

Penderita diabetes pasti sudah menyadari bahwa menjaga kadar gula darah sangat penting. Fluktuasi dalam gula darah memiliki dampak yang buruk terhadap area mulut.

Menjaga gula darah dalam batas yang normal dapat menurunkan risiko sakit gusi, periodontitis dan masalah mulut lainnya. 

2. Menjalani Pola Makan Sehat

Konsumsi buah dan sayur setiap hari dapat meningkatkan kesehatan mulut. Selain itu, konsumsi banyak buah dan sayur juga dapat membantu mempercepat penyembuhan pada pasien yang menjalani terapi periodontal. 

Dalam buah dan sayur terdapat nutrisi dan antioksidan yang membantu melawan periodontitis. 

Selain itu, Anda juga perlu minum banyak air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Langkah ini dapat membantu Anda terhindar dari mulut kering sebagai efek samping dari konsumsi obat diabetes. Langkah ini dapat mencegah berkembangnya bakteri yang tidak diinginkan.

3. Menjaga Kebersihan Area Mulut

Jika Anda menderita diabetes, penting untuk menjaga kesehatan mulut. Anda perlu menggosok gigi dua kali sehari, flossing setiap hari, dan menggosok lidah teratur.

Jika Anda mengalami pendarahan ketika menyikat gigi atau flossing, ini merupakan indikasi dari inflamasi. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter secepatnya untuk mengatasi inflamasi ini sedini mungkin. 

Selain itu, Anda perlu melakukan kunjungan rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali meskipun tidak merasakan gejala apa pun. Langkah ini dapat membantu mencegah masalah gigi dan mulut. 

 

  1. Anonim. 2018. How Diabetes Tooth Loss May Be Hurting You. https://penndentalmedicine.org/blog/diabetes-tooth-loss/. (Diakses pada 25 Januari 2023). 
  2. Anonim. 2020. Periodontitis. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/periodontitis/symptoms-causes/syc-20354473#. (Diakses pada 25 Januari 2023).
  3. Anonim. 2021. Diabetes: Keeping Your Mouth Healthy. https://www.webmd.com/diabetes/diabetes-affects-teeth. (Diakses pada 25 Januari 2023).
  4. Anonim. 2022. Diabetes. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/diabetes. (Diakses pada 25 Januari 2023).
  5. Anonim. 2022. Oral Health. https://www.cdc.gov/diabetes/managing/diabetes-oral-health.html. (Diakses pada 25 Januari 2023). 
  6. Baillie, Katherine Unger. 2017. Diabetes Causes Shift in Oral Microbiome That Fosters Periodontitis, Penn Study Finds. https://penntoday.upenn.edu/news/diabetes-causes-shift-oral-microbiome-fosters-periodontitis-penn-study-finds. (Diakses pada 25 Januari 2023). 
  7. Berry, Jennifer. 2021. Why Is My Tooth Loose, And How Do I Treat It? https://www.medicalnewstoday.com/articles/322028. (Diakses pada 25 Januari 2023).


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi