Terbit: 14 April 2022 | Diperbarui: 16 April 2022
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Mengetahui beberapa tips menjaga daya tahan tubuh saat puasa adalah sesuatu yang penting agar ibadah puasa Anda tetap lancar dan terhindar dari risiko penyakit. Apa saja yang bisa dilakukan agar  daya tubuh tidak menurun? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

5 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Puasa di Masa Pandemi

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Puasa

Puasa berarti Anda harus menahan lapar, haus, dan hawa nafsu selama lebih dari 12 jam dalam sehari. Dalam kondisi tertentu, puasa mungkin akan menurunkan daya tahan tubuh apabila Anda tidak mengimbanginya dengan asupan nutrisi yang cukup saat sahur dan berbuka serta menjalankan gaya hidup sehat lainnya.

Berikut ini tips menjaga daya tahan tubuh saat puasa, di antaranya:

1. Penuhi Nutrisi saat Sahur dan Berbuka

Anda akan mengalami perubahan jadwal dan pola makan selama puasa. Walaupun demikian, Anda disarankan untuk memperhatikan asupan nutrisi dari makanan untuk sahur dan berbuka. Makanan bernutrisi termasuk sayur dan buah seperti kale, kangkung, kentang, wortel, apel, anggur, ubi, dll.

Makanan sehat bervitamin akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga Anda tetap kuat menjalani  puasa dan tetap sehat terhindar dari penyakit.

2. Tidur yang Cukup

Selama bulan puasa, waktu tidur Anda mungkin berubah karena Anda harus bangun untuk sahur pada dini hari. Hal ini mungkin membuat Anda tidak tidur setelahnya sehingga jam istirahat berkurang.

Sebaiknya, Anda mengatur jadwal hingga total waktu tidur tetap 7-8 jam. Anda bisa tidur lebih awal setelah aktivitas selesai di malam hari, atau menambahkan tidur siang selama 30 menit. Kurang tidur akan melemahkan sistem imun dan membuat Anda lemas sepanjang hari saat puasa.

3. Tetap Berolahraga

Siapa bilang orang yang berpuasa tidak dapat olahraga? Olahraga adalah salah satu tips menjaga daya tahan tubuh saat puasa. Waktu olahraga yang dianjurkan adalah 30 menit setiap hari, namun Anda dapat menyesuaikan durasi, jadwal, dan jenis latihan apa yang cocok untuk puasa.

Sebaiknya, lakukan olahraga intensitas rendah seperti jalan kaki atau joging. Sebaiknya olahraga dilakukan 30 menit sebelum berbuka puasa agar tubuh tidak dehidrasi. Sesuaikan aktivitas dengan kemampuan, yang terpenting jangan terlalu dipaksakan dan kurangi risiko dehidrasi.

4. Kelola Stres

Stres adalah bagian dari hidup yang mungkin tidak dapat dihindari, namun stres berkepanjangan akan melemahkan sistem imun. Sebaiknya, kelola stres yang Anda alami terutama di bulan puasa agar sistem imun tetap terjaga dan Anda dapat menjalani ibadah dengan lancar.

Terdapat berbagai cara untuk mengatasi stres seperti meditasi, olahraga, mendengarkan musik, atau komunikasi dengan orang-orang sekitar. Anda juga dapat memanfaatkan bulan puasa dengan berbagai aktivitas religi yang juga dapat menenangkan perasaan.

5. Bina Hubungan Sosial

Kesehatan fisik dan mental bekerja sama untuk membentuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Membina hubungan baik dengan keluarga, teman, atau pasangan berpengaruh baik pada peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Berdasarkan penelitian, seseorang yang kesepian memiliki respon imun yang lebih rendah terhadap vaksin flu dari pada mereka yang memiliki kehidupan sosial yang baik.

Itulah beberapa tips menjaga daya tahan tubuh saat puasa. Pada dasarnya, apa yang Anda makan dan bagaimana Anda menjalani pola hidup akan sangat berpengaruh pada daya tahan tubuh. Jadi, tetap penuhi nutrisi, istirahat, dan kelola stres selama bulan puasa agar tubuh dan ibadah sama-sama sehat.

Baca Juga: Bibir Kering Hingga Badan Lemas, Ini 10 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin saat Puasa

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh saat Puasa

Setelah mengetahui tips menjaga daya tahan tubuh saat puasa, berikut ini adalah makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat puasa:

1. Brokoli

Vitamin daya tahan tubuh saat puasa yang penting untuk Anda penuhi adalah vitamin A, C, dan E. Salah satu cara untuk memenuhi asupan vitamin tersebut adalah mengonsumsi brokoli. Tanaman yang sering dikonsumsi sebagai sayur ini merupakan sumber serat dan antioksidan yang tinggi.

Anda dapat membuat berbagai menu masakan dari brokoli seperti tumisan, sayur sop, capcai, dll. Makanan tersebut sangat cocok untuk sahur, enak dan juga meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Jahe

Jahe adalah obat herbal yang sudah digunakan sejak ratusan tahun. Jahe memiliki zat aktif bernama gingerol untuk berbagai manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan daya tahan. Anda dapat membuat olahan jahe seperti teh jahe atau susu jahe untuk menu sahur.

3. Bayam

Bayam adalah sayuran yang paling banyak dikonsumsi dan mudah diolah. Bayam mengandung vitamin C, beta karoten, dan antioksidan yang berperan untuk meningkatkan sistem imun dan mengatasi peradangan. Jadi, Anda dapat menyiapkan menu sayur bayam dengan tambahan jagung untuk sahur dan buka puasa.

4. Kacang Almond

Almond adalah salah satu jenis makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat puasa. Almond mengandung vitamin C, vitamin E, dan nutrisi penting lainnya. Almond juga cocok dijadikan camilan sehat setelah berbuka puasa atau mengolahnya jadi campuran makanan ringan lainnya.

Baca Juga: Kapan Waktu Paling Tepat Minum Vitamin saat Bulan Puasa?

5. Pepaya

Pepaya memiliki rasa manis yang menyegarkan. Pepaya mengandung vitamin C, vitamin B, asam folat, potasium, dan nutrisi hebat lainnya. Buah ini juga bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi peradangan, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

6. Teh Hijau

Teh hijau kaya akan tipe antioksidan bernama flavonoid. Terdapat banyak manfaat teh hijau untuk kesehatan salah satunya adalah menjaga sistem imun agar tetap kuat bila melawan virus. Minuman ini juga cocok untuk minuman sahur Anda.

7. Kiwi

Vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh saat puasa berikutnya bisa Anda dapatkan dari kiwi. Selain menyegarkan, buah ini kaya akan vitamin C, vitamin K, asam folat, dan nutrisi penting lainnya untuk menjaga keseimbangan daya tahan tubuh selama puasa. Jika Anda memakannya saat sahur, kandungan buah ini dapat membantu menjaga energi sepanjang hari.

8. Bawang Putih

Bawang putih adalah jenis rempah yang hampir ada di sebagian besar makanan lokal. Bukan hanya untuk menambah rasa dan aroma, bawang puting juga dapat membantu meningkatkan sistem imun, menurunkan tekanan darah tinggi, dan memperlancar fungsi organ tubuh lainnya.

Itulah pembahasan lengkap tentang tips menjaga daya tahan tubuh saat puasa dan jenis makanan yang sebaiknya Anda konsumsi. Pastikan Anda tetap memaksimalkan asupan nutrisi harian saat puasa agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga dan Anda dapat menjalani puasa dengan lancar.

 

  1. Schend, James. 2019. 15 Foods That Boost the Immune System. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/foods-that-boost-the-immune-system#citrus. (Diakses pada 23 April 2020).
  2. WebMD. 2019. 6 Immune System Busters & Boosters. https://www.webmd.com/cold-and-flu/cold-guide/10-immune-system-busters-boosters#1. (Diakses pada 23 April 2020).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi