Terbit: 30 June 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Daun belalai gajah adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Hal itulah yang membuat tanaman ini cukup populer sebagai pengobatan tradisional di Asia. Apa saja khasiatnya? Yuk, cari tahu selengkapnya di bawah ini!

8 Manfaat Daun Belalai Gajah, Bagus untuk Diabates hingga Demam Berdarah

Kandungan Daun Belalai Gajah

Clinacanthus nutans yang merupakan nama latin dari daun belalai gajah merupakan tanaman herbal yang termasuk dalam famili Acanthaceae. Tanaman herbal ini memiliki berbagai kandungan senyawa bioaktif, termasuk:

  • Flavonoid.
  • Glycosides.
  • Glycoglycerolipids.
  • Cerebrosides
  • Monoacylmonogalatosylglycerol.

Eksperimen farmakologis membuktikan bahwa berbagai jenis ekstrak dan senyawa murni dari Clinacanthus nutans menunjukkan berbagai sifat biologis, berikut di antaranya:

  • Antiinflamasi.
  • Antivirus.
  • Antioksidan.
  • Anti-diabetes.

Manfaat Daun Belalai Gajah untuk Kesehatan

Dalam pengobatan tradisional, tanaman ini sering digunakan untuk mengobati banyak masalah kesehatan. Berikut berbagai manfaat daun belalai gajah, di antaranya:

1. Mengobati diabetes

Clinacanthus nutans dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes. Hal ini karena di dalam tanaman ini mengandung senyawa anti-diabetic.

Untuk pengobatan diabetes, cukup merebus 7-21 daun segar dalam dua gelas air sampai kadar air mencapai satu gelas. Minumlah air rebusan ini sebanyak dua kali sehari.

2. Mengobati disuria

Manfaat daun belalai gajah bisa digunakan untuk membantu pengobatan disuria. Ini adalah kondisi di mana Anda merasakan sensasi terbakar saat buang air kecil.

Khasiat daun ini bisa didapatkan dengan merebus 15 gram daun segar selama 15 menit. Biarkan sampai dingin, kemudian konsumsi setiap hari sampai gejala disuria menghilang.

3. Antiinflamasi

Clinacanthus nutans telah digunakan sebagai agen antiinflamasi untuk pengobatan tertentu, termasuk untuk mengatasi gigitan serangga dan reaksi alergi.

Tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk herpes simpleks dan lesi varicella-zoster virus (VZV), karena kandungan ekstrak etanol yang berfungsi untuk menghambat perkembangan virus.

4. Antioksidan

Khasiat daun belalai gajah membantu melawan radikal bebas karena memiliki sifat antioksidan kuat di dalamnya. Radikal bebas dapat merusak sel dan jaringan dalam tubuh, sehingga menyebabkan berbagai penyakit berbahaya

Tanaman herbal ini berkhasiat karena di dalamnya mengandung beberapa senyawa, termasuk  alkaloid, flavonoid, flavon, dan petroleum eter.

5. Antimikroba

Kandungan etil asetat dari daun tanaman Clinacanthus nutans ternyata dapat menghambat perkembangan beberapa mikroorganisme, termasuk Bacillus cereus, Escherichia coli, Salmonella enterica Typhimurium, dan Candida albicans, yang semuanya dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Flavonoid dan senyawa fenolik di dalam tanaman herbal ini juga dapat bekerja sebagai antibakteri.

Baca Juga: 11 Jenis Tanaman Obat Keluarga & Manfaatnya

6. Membantu mengobati herpes

Khasiat daun belalai gajah juga bisa membantu mengobati herpes, termasuk Herpes Simplex Virus (HSV) dan Varicella Zoster Virus (VZV). Bukan tanpa alasan, hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan ekstrak tanaman herbal ini dapat meredakan gejala selama seminggu.

Ekstrak daun ini juga disebut-sebut mempunyai sifat penyembuhan seperti obat acyclovir.

7. Menetralkan racun

Manfaat daun belalai gajah secara tradisional telah digunakan sejak lama sebagai obat untuk menetralkan racun ular atau serangga berbisa seperti kalajengking dan lebah.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa dalam pengobatan botani ada komponen lain dalam racun ular yang dapat dinetralisir oleh ekstrak dari tanaman herbal ini.

8. Mengobati demam berdarah

Ekstrak etanolik dari tanaman Clinacanthus nutans dipercaya mampu mencegah demam berdarah dengue (DBD). Ini berkat aktivitas virus anti-dengue di dalamnya.

Seperti pengobatan diabetes dan disuria, daun tanaman ini cukup direbus dan meminum air rebusan ini secara rutin sampai DBD sembuh.

Nah, itulah penjelasan tentang manfaat daun belalai gajah yang dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan.  Apabila Anda berminat menggunakan tanaman herbal ini untuk pengobatan tradisional, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Alam, Ariful et al. 2019. Clinacanthus nutans: A review of the medicinal uses, pharmacology and phytochemistry. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1995764516300116. (Diakses pada 30 Juni 2022)
  2. Alam, Ariful et al. 2016. Clinacanthus nutans: A review of the medicinal uses, pharmacology and phytochemistry. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27086161/. (Diakses pada 30 Juni 2022)
  3. Yong, Yoke K et al. 2013. Clinacanthus nutans Extracts Are Antioxidant with Antiproliferative Effect on Cultured Human Cancer Cell Lines. https://www.hindawi.com/journals/ecam/2013/462751/. (Diakses pada 30 Juni 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi