Terbit: 30 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Cita rasa yang gurih dan sedikit pedas dari masakan Padang membuat banyak orang Indonesia menyukai makanan yang berasal dari Minangkabau ini. Meski memiliki rasa yang lezat, namun perlu diingat bahwa makanan ini dapat membuat kolesterol naik. Yuk, simak tips makan nasi padang tanpa khawatir kolesterol tinggi dalam ulasan berikut.

6 Tips Makan Nasi Padang Tanpa Khawatir Kolesterol Tinggi

Cara Aman Makan Nasi Padang agar Kadar Kolesterol Terkendali

Bagi Anda rutin mengonsumsi masakan Padang, mulai sekarang cobalah untuk membatasi konsumsinya. Konsumsi makanan ini secara berlebihan bisa memicu masalah kesehatan, termasuk di antaranya kenaikan kolesterol.

Agar Anda tetap bisa menikmatinya tanpa khawatir kolesterol melonjak naik, berikut tips makan nasi padang yang penting untuk diperhatikan, di antaranya:

1. Batasi Makanan Bersantan

Sebagian besar makanan padang mengandung santan kelapa. Walau santan dapat menambah rasa gurih pada makanan, tetap saja konsumsinya harus diperhatikan. Masakan yang mengandung santan apabila dimasak atau dipanaskan berkali-kali dapat mengandung lemak jenuh yang tinggi. 

Oleh karena itu, saat mengonsumsi nasi padang sebaiknya hindari menu makanan yang mengandung santan. Beberapa menu makanan padang yang tidak menggunakan santan, di antaranya ayam pop dan ikan asam padeh.

2. Konsumsi Buah dan Sayur 

Salah satu tips makan nasi padang tanpa khawatir kolesterol tinggi adalah mengombinasikannya dengan buah dan sayur.

Menurut studi, orang dewasa yang mengonsumsi setidaknya empat porsi buah dan sayuran setiap hari dapat memiliki kadar kolesterol LDL sekitar 6 persen lebih rendah dibandingkan orang yang makan kurang dari dua porsi per hari. 

Di samping itu, buah dan sayuran mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat mencegah kolesterol jahat (LDL) mengalami oksidasi dan membentuk plak di arteri. Apabila kolesterol menurun, maka risiko penyakit jantung bisa berkurang.

Hal serupa juga disampaikan oleh pakar kesehatan dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH Universitas Indonesia, sayuran yang tinggi serat bisa membantu menurunkan proses penyerapan kolesterol di dalam saluran pencernaan. 

Selain itu, ia juga menyebut bumbu-bumbu atau rempah yang ada di dalam masakan padang kaya akan antioksidan yang bisa membantu menetralkan racun di dalam tubuh.

Selain konsumsi sayuran, setelah makan nasi padang Anda juga bisa makan buah-buahan untuk menurunkan kadar kolesterol LDL.

Baca Juga17 Obat Kolesterol yang Ampuh dan Mudah Didapatkan

3. Perbanyak Minum Air Putih

Jika konsumsi masakan padang ingin tetap aman, jangan lupa barengi dengan minum air putih. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa minum air mineral dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). 

Kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Maka dari itu, air mineral dapat membantu menjaga kesehatan jantung agar tetap bekerja dengan baik. 

4. Ambil Lauk Secukupnya

Meskipun sangat menggoda, sebaiknya Anda tidak berlebihan dalam mengambil lauk. Ingatlah, masakan Padang yang dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa berisiko pada masalah kesehatan.

Selain itu, pastikan untuk memilih lauk yang tidak memiliki kadar garam yang berlebih. Dengan melakukan cara ini, Anda tetap bisa makan nasi padang tanpa perlu khawatir kadar kolesterol bertambah.

5. Minum Teh Hijau

Berdasarkan penelitian, mengonsumsi teh hijau setiap hari; minimal selama dua minggu dapat membantu menurunkan kolesterol total sekitar 7mg/dL dan kolesterol LDL sekitar 2 mg/dL. 

Di samping itu, teh hijau juga kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kolesterol LDL. Untuk itu, Anda bisa mencoba minum teh hijau tanpa gula untuk mengurangi risiko serangan jantung hingga hampir 20 persen. 

Baca Juga7 Olahraga yang Bantu Turunkan Kolesterol

6. Suplemen Penurun Kolesterol

Setelah mengonsumsi nasi Padang, Anda bisa mencoba minum suplemen kolesterol untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. 

Namun, sebelum Anda mencoba suplemen untuk kolesterol, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter atau apoteker untuk mendapatkan dosis yang tepat sesuai kondisi kesehatan Anda. 

Walaupun sangat menyukai masakan Padang, sebaiknya Anda membatasi diri agar tidak terlalu sering mengonsumsinya demi menjaga kadar kolesterol tetap stabil. Kadar kolesterol yang meningkat dapat memicu risiko terkena penyakit jantung. 

Selain menerapkan berbagai tips di atas, Anda juga sebaiknya mengimbanginya dengan menjalani pola hidup sehat, seperti rutin berolahraga dan konsumsi makanan bergizi. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Anonim. 2020. Health Benefits of Mineral Water. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-mineral-water. (Diakses pada 29 November 2022).
  2. Anonim. 2022. Foods That Are Surprisingly Bad for Your Cholesterol. https://www.webmd.com/cholesterol-management/ss/slideshow-surprising-cholesterol-foods. (Diakses pada 29 November 2022).
  3. Erica Julson. 2018. 10 Tips to Lower Cholesterol With Your Diet. https://www.healthline.com/nutrition/low-cholesterol-diet. (Diakses pada 29 November 2022).
  4. Lauren. 2021. Is Coconut Milk Good for You? https://www.thehealthy.com/nutrition/is-coconut-milk-good-for-you/. (Diakses pada 29 November 2022).


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi