Terbit: 28 January 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Minuman bersoda yang dingin sangatlah nikmat untuk dikonsumsi saat cuaca sedang cukup panas. Namun, jika kita cermati, kita pasti ingin bersendawa setelah meminumnya. Apa penyebab dari sensasi ingin bersendawa ini?

Setelah Minum Soda Pasti Ingin Bersendawa, Ternyata Ini Penyebabnya

Pakar kesehatan menyebut bersendawa sebagai salah satu cara tubuh dalam mengeluarkan gas yang ada dalam saluran pencernaan. Tanpa kita sadari, saat kita makan atau minum, kita sebenarnya juga menelan udara meski jumlahnya tidak begitu banyak. Hanya saja, khusus saat kita mengkonsumsi minuman bersoda atau minuman berkarbonasi, maka kita akan menelan gas karbondioksida yang bisa kita lihat dengan rupa gelembung pada minuman tersebut. Gas karbondioksida ini akhirnya terakumulasi di dalam saluran pencernaan sehingga membuat perut terasa tidak nyaman dan tubuh pun akan berusaha untuk mengeluarkannya dengan cara membuat kita bersendawa.

Jika kita minum soda dengan cukup cepat, maka jumlah gas yang tertelan juga cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan saat kita minum soda dengan pelan-pelan. Tak hanya membuat kita banyak bersendawa, kita juga akan mengalami sensasi kembung pada perut. Bahkan, dalam banyak kasus, jika di dalam saluran pencernaan terbentuk gas dalam ukuran yang cukup besar, maka hal ini akan mempengaruhi kerongkongan sehingga membuat rasa tidak nyaman pada dada.

Yang menarik adalah, kebiasaan minum soda dengan memakai sedotan ternyata juga bisa membuat kita lebih banyak menelan gas. Selain itu, minum soda sembari merokok juga akan memicu masalah yang sama. Bahkan, sendawa yang akan kita alami tak hanya membuat gas keluar dari mulut, namun juga hidung kita.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi