Terbit: 10 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Untuk mengecek tekanan darah, kita biasanya harus datang ke apotek, puskesmas, atau dokter terdekat. Hal ini perlu dilakukan karena memang kebanyakan orang tidak memiliki peralatan pengukur tekanan darah sendiri. Hanya saja, di masa depan, kita sepertinya tidak perlu lagi repot-repot keluar rumah untuk mengukur tekanan darah dan tinggal menggunakan ponsel pintar kita untuk melakukannya. Bagaimana caranya?

Ponsel Pintar Kini Bisa Dipakai Untuk Mengukur Tekanan Darah?

Dikutip dari WebMD, terdapat sebuah teknologi baru yang diperkenalkan di March 7 Issue of Science Translational Medicine. Para peneliti dari sebuah developer telah menemukan pelindung ponsel khusus yang dibuat dengan peralatan cetak 3 dimensi berteknologi tinggi. Pelindung ponsel ini memiliki sensor optik khusus yang bisa membaca tekanan darah dalam tubuh.

Dengan hanya menekan jari pada sensor tersebut, maka pembuluh darah arteri pada jari akan ikut tertekan. Setelahnya, sensor ini akan membaca tekanan darah pada pembuluh darah tersebut dan hasilnya dikirimkan pada ponsel pintar yang kita gunakan. Tak perlu waktu lama, kita bisa langsung membaca hasil pengukuran tekanan darah pada ponsel pintar tersebut.

Ramakrishna Mukkamala, pemimpin tim pengembangan pelindung ponsel ini dari Michigan State University menyebut teknik pembacaan sensor ini sebenarnya mirip dengan proses pengukuran tekanan darah dengan peralatan manual yang menekan pembuluh darah arteri di lengan.

Para peneliti sudah menguji coba peralatan ini pada 30 orang. Sekitar 90 persen dari para partisipan ini mampu menempatkan jarinya di posisi yang tepat dan mendapatkan hasil pengukuran tekanan darah yang tepat hanya dengan satu atau dua kali percobaan.

Dr. Joseph Diamond dari Long Island Jewish Medical Center di New York, Amerika Serikat, menyebut penemuan ini mampu mengubah dunia kesehatan di masa depan. Kita bisa dengan mudah mengecek tekanan darah dengan mudah, kapanpun, dimanapun, sehingga bisa mencegah masalah hipertensi dengan lebih baik.

Kalau alat ini sudah dipasarkan, Sobat Sehat mau membelinya tidak?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi